Salin Artikel

Cara Bersihkan Casing atau Softcase HP Berdasarkan Bahannya

KOMPAS.com - Pernahkah Anda memperhatikan casing atau softcase HP Anda? Biasanya, casing HP atau softcase cepat kotor atau menguning lantaran kerap dipegang atau diletakan di sembarang tempat.

Casing HP maupun softcase yang kotor tidak cuma mengganggu desain HP, tapi juga berisiko membuat perangkat cepat rusak. Betapa tidak, kotoran seperti debu atau partikel kecil yang menumpuk bisa masuk ke dalam komponen perangkat.

Walhasil, lambat laun, performa perangkat bisa terganggu apabila kotoran tidak segera dibersihkan. Selain itu, casing HP atau softcase yang kotor juga menyimpan banyak kuman yang mudah memicu timbulnya penyakit karena perangkat sering digunakan.

Cara membersihkan casing atau softcase HP bisa dikatakan "gampang-gampang susah". Sebab, pemilik perlu mengetahui lebih dulu bahan dari casing atau softcase yang terpasang di ponselnya. Di pasaran, umumnya casing HP atau softcase terbuat dari bahan plastik, silikon, atau kulit.

Lantas, bagaimana cara membersihkan casing atau softcase HP berdasarkan jenis bahannya? Berikut KompasTekno rangkum tips membersihkan casing HP atau softcase sesuai bahannya.

Casing atau softcase HP berbahan plastik

Untuk ponsel yang menggunakan casing atau softcase berbahan plastik, sebaiknya menggunakan pemutih untuk membersihkannya. Berikut ini cara membersihkannya.

Casing atau softcase HP berbahan Karet atau Silikon

Casing atau softcase berbahan karet atau silikon memiliki tekstur yang cukup lembut daripada casing plastik. Sebab itulah, disarankan untuk menggunakan sabun cuci piring yang lembut untuk membersihkannya.

Jika masih terdapat noda yang membandel, Anda dapat menambahkan soda kue. Berikut ini cara membersihkannya:

Casing atau softcase HP Berbahan Kulit

Untuk membersihkan casing atau softcase HP yang berbahan kulit bisa menggunakan sabun cuci dan air hangat, berikut ini caranya:

  • Campurkan air hangat dengan sabun cuci tangan dalam wadah dan berikan secukupnya. Karena casing HP berbahan kulit cukup sensitif maka Anda tidak boleh mencelupkannya secara langsung.
  • Gunakan kain dan celupkan pada cairan tersebut dan peras hingga lembap dan mulai mengelapnya perlahan menggunakan kain tersebut. Setelah membersihkannya dengan kain lembab, keringkan menggunakan kain kering.
  • Sebagai tips tambahan agar casing lebih awet, maka tambahkan kondisioner kulit agar casing berbahan kulit lebih awet dan jauhkan dari sinar dan panas matahari langsung.

Itulah beberapa cara membersihkan casing atau softcase HP sesuai bahannya. Semoga membantu.

https://tekno.kompas.com/read/2022/01/09/12000017/cara-bersihkan-casing-atau-softcase-hp-berdasarkan-bahannya

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.