Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Pesan Tersembunyi Muncul di Google Hari Ini ketika Ketik "Wordle"

Tak sedikit netizen yang membagikan kesan, keluh kesah, hingga keberhasilannya saat memainkan Wordle ke internet, seperti Twitter, misalnya.

Tak hanya netizen, raksasa internet Google juga terobsesi dengan game tebak kata berbasis situs web yang dikembangkan oleh mantan pegawai Reddit, Josh Wardle ini.

Pasalnya, Google baru-baru ini diketahui telah menambahkan "Wordle" sebagai easter egg baru di mesin pencariannya.

Easter egg sendiri merujuk pada fitur atau pesan tersembunyi yang disertakan dan disembunyikan oleh Google di mesin pencarian bikinannya, Google Search.

Pengguna bisa melihat easter Egg "Wordle" saat mengetik kata "Wordle" di OmniBox (kolom address bar di Google). Apa yang bakal terjadi bila mengetik "Wordle" di Google?

Pengguna bakal melihat logo Google yang biasanya berwarna-warni berubah menjadi sebuah animasi tebak kata dengan referensi game Wordle.

Bedanya, easter egg Google menggunakan format satu kata yang terdiri dari 6 huruf. Sementara Wordle sendiri mengharuskan pemain menebak satu kata bahasa Inggris yang seluruhnya hanya terdiri dari 5 huruf.

Seperti petunjuk kotak di permainan Wordle, kotak berwarna hijau pada huruf "O" berarti huruf yang dimasukkan ada pada kata dan berada di tempat yang benar.

Sementara kotak kuning pada huruf "L" menandakan bahwa huruf itu ada di kata tapi berada di tempat yang salah.

Sedangkan, warna kotak abu-abu pada huruf "C, U, M, N" menandakan bahwa huruf itu tidak ada pada kata yang harus ditebak.

Seharusnya, mengacu pada game Wordle, enam kotak itu seluruhnya harus berwarna hijau untuk menemukan kata yang tepat.

Di percobaan kedua, easter egg Google itu mencoba memasukkan kata yang terdiri dari 6 huruf lainnya, yaitu "goalie". Namun masih kurang tepat, karena kotak hijau hanya terlihat pada huruf "G, O, E", serta kotak kuning pada huruf "L".

Di percobaan ketiga, dimasukkan kata "Google", hasilnya semua kotak berubah warna menjadi hijau, manandakan bahwa "Google" adalah kata yang tepat.

Pada dasarnya, easter egg Wordle ini digunakan untuk menampilkan nama Google, namun dengan inovasi tebak kata seperti game Wordle, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari Mashable, Senin (24/1/2022).

Tampilan sederhana, permainan "rumit"

Game Wordle bisa diakses melalui situs ini, www.powerlanguage.co.uk/wordle, secara gratis.

Sebagai pembuatnya, Josh Wardle mengungkap bahwa game Wordle yang dikembangkannya ini sebenarnya terinspirasi dari permainan tebak kata serupa yang telah lama ada, yakni Hangman dan Mastermind.

Dari segi tampilan, game Wordle terlihat sederhana karena pengguna tinggal menebak satu kata yang terdiri dari lima huruf agar bisa menang.

Namun yang membuat permainan ini "rumit" adalah peraturan mainnya. Game ini mewajibkan pemain untuk menemukan satu kata yang benar dalam sehari. Saat menebak, pengguna juga dibatasi dengan enam kesempatan saja.

Yang menarik, tidak ada satu pun petunjuk kata yang diberikan untuk bisa menebak kata dalam game ini. Wardle mengatakan bahwa selama bermain, pengguna dituntut untuk memakai logika dan intuisi dalam menemukan kata.

Satu-satunya petunjuk yang disediakan adalah warna kotak yang sudah dijelaskan sebelumnya, yaitu warna kotak hijau berarti huruf itu ada pada kata dan berada di tempat yang benar.

Lalu, warna kotak kuning menandakan bahwa huruf itu ada pada kata tapi berada di tempat yang salah. Sementara warna kotak abu-abu menandakan bahwa huruf itu tidak ada pada kata.

Pemain bisa mencatat huruf apa saja yang sudah keluar dan menjadikan petunjuk untuk menyusun kata dalam kolom selanjutnya. Bila tidak berhasil dengan petunjuk warna kotak dalam enam kesempatan yang diberikan, maka pemain dianggap kalah.

Wardle juga mengatakan bahwa kata di Wordle tidak mudah untuk dibocorkan secara luas, termasuk banyak pemain yang membagikan hasil tabak kata Wordle di Twitter.

Sebab, saat pemain membagikan hasil temuan kata Wordle di Twitter, yang tersebar hanya warna kotaknya saja tanpa menampilkan isi susunan huruf di dalamnya.

Sejauh ini, Wordle telah mengeluarkan sebanyak kurang lebih 200 kata yang harus ditebak oleh pemain. Wardle mengatakan Wordle memiliki 2500 kata berbahasa Inggris yang terdiri dari lima huruf untuk ditebak pengguna.

https://tekno.kompas.com/read/2022/01/24/08434327/pesan-tersembunyi-muncul-di-google-hari-ini-ketika-ketik-wordle

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke