Salin Artikel

GPU GeForce RTX 3050 Mulai Dijual di Indonesia, Harganya?

KOMPAS.com - Setelah diperkenalkan awal Januari 2022 lalu, kartu pengolah grafis (GPU) GeForce RTX 3050 mulai dipasarkan di beberapa negara, termasuk Indonesia.

Berdasarkan keterangan resmi yang tercantum di situs Nvidia Indonesia, harga eceran resmi yang disarankan untuk RTX 3050 adalah mulai dari Rp 4,3 juta.

Meski demikian, banderol harga yang ditetapkan Nvidia ini tidak mewakili harga RTX 3050 di Indonesia yang sudah beredar di pasaran.

Sebab, pantauan KompasTekno di salah satu penjual aksesori dan spare part komputer yang berlokasi di Mall Mangga Dua, Jakarta Pusat, Jumat (28/1/2022), harga GPU RTX 3050 dari berbagai vendor dipatok di angka Rp 7,5-9 juta, sekitar dua kali lipat dari harga resmi awal yang disarankan.

Asus GeForce RTX 3050 8 GB GDDR6 - Phoenix, misalnya, dijual dengan harga Rp 7,5 juta, sedangkan Gigabyte GeForce RTX 3050 8 GB GDDR6 Gaming OC dilego dengan harga Rp 9 juta.

Toko resmi Nvidia di beberapa e-commerce Tanah Air sendiri sebenarnya memampang GPU RTX 3050 di tokonya dengan kisaran harga Rp 4 jutaan. Namun, stok kartu grafis tersebut kini sudah ludes terjual dan tidak bisa dibeli lagi.

Sementara itu, sejumlah penjual lainnya di e-commerce yang sama justru mematok harga RTX 3050 dengan kisaran harga Rp 8-9 juta, sama seperti yang dijual di salah satu toko spare part komputer di Mall Mangga Dua tadi.

Belum diketahui apa yang menjadi pemicu GPU RTX 3050 dibanderol dua kali lipat dari harga pasaran yang dipatok Nvidia di Indonesia.

Hal ini, meski masih belum bisa dipastikan, mungkin karena stok kartu grafis tersebut yang terbatas di Indonesia, dan boleh jadi juga dipengaruhi oleh fenomena kelangkaan chip yang hingga kini masih melanda dunia.

Secara spesifikasi, GPU GeForce RTX 3050 dibekali dengan inti pengolah grafis berupa 2.560 unit Nvidia CUDA Cores berkecepatan 1,55 GHz (boost clock 1,78 GHz).

Di dalam GPU tersebut juga terdapat video memory bertipe GDDR6 dengan besar 8 GB yang memiliki memory interface 128-bit.

GPU ini mendukung output display hingga resolusi 7.680 x 4.320 piksel melalui port HDMI atau DisplayPort, serta mendukung maksimal 4 monitor.

GPU ini juga bisa berjalan dengan temperatur maksimum 93 derajat Celcius dengan daya kartu grafis (TDP) mencapai 130 watt.

Fitur pendukung lainnya untuk menunjang pengalaman visual di kartu grafis berarsitektur Ampere ini adalah Ray-tracing, Nvidia DLSS, Nvidia Reflex, Nvidia G-Sync, DirectX 12 Ultimate, dan masih banyak lagi.

https://tekno.kompas.com/read/2022/01/28/15320007/gpu-geforce-rtx-3050-mulai-dijual-di-indonesia-harganya-

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.