Salin Artikel

Layanan Google dan YouTube Dikeluhkan Error Sejak Senin Pagi

KOMPAS.com - Layanan Google dan YouTube dikeluhkan sulit diakses atau error oleh sejumlah pengguna internet di Indonesia sejak Senin (7/3/2022) pagi.

Pantauan KompasTekno di situs downdetector.id, keluhan di kedua layanan tersebut terpantau mulai mengalami peningkatan sekitar pukul 10.30 WIB, dengan jumlah sekitar 249 laporan untuk Google, dan 129 laporan untuk YouTube.

Pengguna yang melaporkan adanya gangguan (down) di layanan Google sendiri mengalami kendala ketika mereka membuka situs web melalui Google, menggunakan Google Search, serta masuk ke akun Google.

Sementara itu, pengguna YouTube mengeluhkan adanya masalah di koneksi server ketika menonton video, masuk ke akun YouTube, serta menelusuri situs web YouTube.

Berdasarkan uji coba KompasTekno saat berita ini ditulis, layanan Google dan YouTube sendiri tampak bisa diakses secara normal meggunakan layanan internet lainnya seperti IndiHome, operator seluler XL Axiata, Telkomsel, dan beberapa layanan penyedia internet lain.

Namun, sebagian pengguna layanan internet Biznet, mengaku mengalami kendala saat mengakses layanan Google dan YouTube. Menurut pantauan situs Downdetector, laporan gangguan layanan Google dan YouTube juga bebarengan dengan laporan masalah layanan Biznet.

Berdasarkan data downdetector.id sekitar pukul 10.30 WIB, layanan internet Biznet dikeluhkan mengalami gangguan dengan jumlah laporan yang lebih banyak dari Google dan YouTube tadi, yaitu mencapai 599 laporan.

Masalah dalam layanan internet Biznet juga dirasakan oleh sejumlah pelanggan Biznet yang menuliskan keluh kesahnya di jejaring sosial Twitter.

Dengan hasil pencarian melalui kata kunci "Google Biznet" atau "Google Down", beberapa pengguna terlihat kompak menuliskan keluhannya bahwa mereka tidak bisa mengakses seluruh layanan Google, termasuk YouTube, Gmail, Classroom, dkk menggunakan layanan internet Biznet.

Salah satu pengguna dengan handle @YahezGun mengatakan, akses ke situs pencarian Google sangat lamban.

Namun, koneksi berjalan normal ketika membuka media sosial, seperti Twitter dan Instagram. Hal serupa juga ditulis pengguna dengan handle @nonaretwet.

"Biznet gak bisa buka layanna Google, tapi buka yang lain lancar, kayak bing.com, duckduckgo.com, Facebook," twitnya.

KompasTekno sudah menghubungi pihak Biznet untuk mengonfirmasi apakah ada gangguan di layannya, sebagaimana keluhan pengguna di media sosial. Namun hingga berita ini ditulis, kami belum mendapatkan respons terkait gangguan tersebut. 

https://tekno.kompas.com/read/2022/03/07/12241397/layanan-google-dan-youtube-dikeluhkan-error-sejak-senin-pagi

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.