Salin Artikel

Telkomsel Siapkan Internet 5G Kecepatan 5 Gbps di Mandalika MotoGP

KOMPAS.com - Telkomsel menghadirkan pengalaman akses konektivitas Hyper 5G di ajang balap motor internasional Pertamina Grand Prix of Indonesia yang berlangsung pada 18-20 Maret di Mandalika, Nusa Tenggara Barat.

Ada 16 BTS 5G yang digelar Telkomsel untuk menghadirkan konektivitas 5G di gelaran internasional tersebut, yang menjangkau sejumlah titik di kawasan Mandalika International Street Circuit dan Bandar Udara Internasional Lombok Zainuddin Abdul Madjid-Lombok.

Adapun frekuensi 5G yang digunakan Telkomsel adalah gabungan dari 2.100 MHz dan 2.300 MHz yang secara komersial telah digelar sejak tahun lalu.

Selain itu, ada tambahan frekuensi 3.500 MHz yang untuk sementara diizinkan penggunaannya oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika RI.

Pada pengujian di lapangan, kombinasi frekuensi tersebut diklaim bisa menghasilkan kecepatan unduh (download) lebih dari 2 Gbps.

Selain menghadirkan 5G menggunakan frekuensi sub-6 GHz, Telkomsel juga menggelar jaringan 5G menggunakan frekuensi milimeter wave (mmWave) 26 GHz, yang untuk sementara juga telah diizinkan penggunaannya oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika RI.

Pada pengujian di lapangan, frekuensi tersebut diklaim dapat menghasilkan kecepatan (download) lebih dari 5 Gbps.

Selain menyediakan jaringan 5G, Telkomsel juga menghadirkan sejumlah penerapan (use case) 5G di area Pertamina Mandalika International Street Circuit.

Di antaranya mencakup Humanoid Robot, Cloud Gaming, 5G Drone, Virtual Reality, AR Industrial Work Instruction, dan 5G mmWave-Device.

Direktur Network Telkomsel, Nugroho mengatakan bahwa teknologi Hyper 5G yang mereka hadirkan merupakan komitmen untuk mendukung perhelatan internasional di Indonesia, dalam hal ini Pertamina Grand Prix of Indonesia.

"Inisiatif ini (juga) merupakan wujud konsistensi Telkomsel dalam memperkuat ekosistem ekonomi digital nasional yang inklusif dan berkelanjutan melalui perluasan implementasi pemanfaatan teknologi terdepan untuk berbagai lintas sektor industri di Indonesia, termasuk mendorong kebangkitan industri pariwisata lokal di Nusa Tenggara Barat," pungkas Nugroho dalam keterangan pers yang diterima KompasTekno, Jumat (18/3/2022).

https://tekno.kompas.com/read/2022/03/18/09280007/telkomsel-siapkan-internet-5g-kecepatan-5-gbps-di-mandalika-motogp

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.