Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

12 Jenis Port Komputer beserta Fungsi dan Gambarnya

KOMPAS.com - Port atau Porta komputer merupakan titik koneksi yang berguna untuk menghubungkan perangkat komputer dengan perangkat eksternal atau internal seperti modem, printer, smartphone hard drive, CD ROM, drive DVD, dan perangkat lainnya.

Fungsi utama port adalah mentransfer data dari perangkat eksternal atau internal ke PC maupun laptop pengguna. 

Port memiliki beragam jenis yang memiliki bentuk dan kegunaan yang berbeda-beda. 

Apa sajakah itu? Berikut ini KompasTekno mengulas satu per satu jenis-jenis port dan kegunaanya.

Serial port dapat dikatakan sebagai port seri yang umumnya berfungsi untuk menghubungkan perangkat eksternal, seperti modem, mouse, atau keyboard.

Jenis port ini termasuk pada kategori jenis port jadul atau tipe lama. Port seri memiliki kecepatan transfer data yaitu 115Kbps.

Berdasarkan pin atau lubang transmisi data, port seri memiliki dua versi yaitu model 9 pin dan model 25 pin. Untuk lebih jelasnya kedua model port dapat dilihat di atas.

Paralel port umumnya digunakan untuk menghubungkan perangkat scanner dan printer. Pada jenis port ini dapat mengirim data secara bersamaan sehingga informasi yang terkirim lebih banyak.

Kecepatan transfer datanya juga lebih tinggi daripada port seri. Paralel port memiliki 25 pin atau lubang transmisi. Adapun port ini juga dikenal sebagai port printer.

USB pertama kali diperkenalkan pada tahun 1997. Port USB dapat menghubungkan semua jenis perangkat USB eksternal, seperti hard disk eksternal, printer, scanner, mouse, keyboard, dan lainnya.

Port USB memiliki transmisi data yang lebih cepat daripada jenis port seri. Kecepatan transfer USB dapat mencapai 12 Mbps.

Jenis port lainnya adalah Port Video Graphic Array (VGA) memiliki fungsi untuk mentransmisikan data dari sebuah PC/laptop ke monitor, televisi, atau proyektor.

Port ini biasa digunakan pada perangkat jenis lama. Port VGA memiliki 15 pin yang hampir mirip dengan port seri.

Socket atau port merupakan jenis port yang biasa digunakan untuk menghubungkan mikrofon atau speaker pada komputer. Bentuk soket sendiri mirip dengan stop kontak, namun fungsi soket lebih spesifik.

Port FireWire memiliki tiga model, yaitu konektor 4-pin Firewire 400, konektor 6-pin FireWire, dan konektor 9-pin FireWire 800.

Port Inframerah (IR) digunakan untuk mengirim dan menerima sinyal inframerah dari perangkat lain. Jenis port tipe ini merupakan port tipe nirkabel dengan jangkauan terbatas hingga tiga meter

Sesuai namanya, jenis port ini digunakan untuk menghubungkan joystick ke PC/laptop. Namun seiring perkembangannya, port jenis ini telah tergantikan oleh port USB.

Port modem digunakan untuk menghubungkan modem PC ke jaringan telepon. Bentuk port modem umumnya memiliki lubang colokan yang lebih besar.

Tampilan pinnya (lubang transmisi data) juga tidak menonjol dibanding jenis port lain. Port ini biasanya dihubungkan dengan kabel LAN untuk mengakses koneksi internet.

Port ini digunakan untuk menghubungkan sumber video ke perangkat tampilan video, seperti monitor komputer. Port DVI memiliki beberapa model seperti DVI-A (hanya analog), DVI-D (hanya digital), DVI-I (digital dan analog).

Port Ethernet merupakan teknologi jaringan yang mendukung beberapa laju data dengan kecepatan 10 Mb hingga 1.000 Mbps.

Fungsi utama port ini memang untuk mendapatkan akses jaringan yang lebih cepat. Contoh paling umum port ethernet ditemui adalah komputer yang dihubungkan dengan router Anda.

https://tekno.kompas.com/read/2022/03/27/12020077/12-jenis-port-komputer-beserta-fungsi-dan-gambarnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke