Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Mengenal Xavier, Karakter Mobile Legends yang Jadi "Rebutan" di SEA Games 2021

Dalam kompetisi tersebut, karakter atau hero di Mobile Legends bernama "Xavier", kerap menjadi hero kemenangan dari tim yang bertanding.

Hal ini juga terlihat saat perebutan medali emas SEA Games 2021, yang mempertemukan Indonesia dan Filipina.

Dalam empat game yang digelar di laga final, hero Xavier hadir di semua game, dan tim yang menggunakannya mampu memenangkan pertandingan dengan mudah.

Pada game pertama, misalnya, Filipina memenangkan game tersebut berkat hero Xavier yang digunakan Imam, begitu juga di game kedua. Hasil ini membuat skor menjadi 2-0 untuk Filipina.

Di game ketiga, Indonesia merebut hero Xavier, dan berkat permainan cantik dari Sanz, timnas Indonesia berhasil membalikkan keadaan menjadi 2-1.

Kemudian pada game terakhir, Xavier kembali didapatkan oleh timnas Filipina dan dimainkan oleh Imam.

Game penentu ini berlangsung dengan sangat cepat dan Filipina berhasil memenangkan game tersebut dan membuat skor menjadi 3-1.

Nah, apabila mengacu pada statistik yang disuguhkan website data e-sports Liquipedia, Selasa (24/5/2022), Xavier sendiri bisa dibilang merupakan hero kemenangan timnas Indonesia dan Filipina di nomor Mobile Legends di SEA Games 2021.

Jika tidak dihapus (ban) dari game dan dipilih timnas Indonesia atau Filipina, maka mereka otomatis akan membawa kemenangan dengan hero ini.

Tak jarang pula, timnas Indonesia atau Filipina menjadikan Xavier sebagai hero yang paling berpengaruh alias "MVP" di sebuah game, seperti apa yang didapatkan Sanz dengan hero Xavier di game ketiga babak Grand Final.

Filipina sendiri menggunakan hero Xavier dalam enam game dan mampu memenangkan semua game tersebut. Sedangkan timnas Indonesia memakai hero Xavier dalam dua game dan mampu memenangkan kedua game itu.

Hero Xavier kerap menjadi rebutan di SEA Games 2021 ini. Secara keseluruhan, dari 31 game Mobile Legends yang digelar di SEA Games 2021, Xavier dipilih di 18 game.

Dari 18 game tersebut, tim yang menggunakan hero Xavier kalah 6 kali, sedangkan tim yang menggunakannya menang 12 kali. 

Lantas, seperti apa kemampuan hero tersebut? Mengapa dia menjadi hero "rebutan" yang bisa menjadi kunci kemenangan dari sebuah tim? Hal itu tentunya tak lepas dari kemampuan yang dimiliki oleh Xavier itu sendiri.

Efek ini dihasilkan dari skill ke-2 Xavier yang bernama "Mystic Field". Ketika skill ini digunakan, maka Xavier akan menghadirkan sebuah tembok cahaya di suatu area.

Tembok ini bisa memberikan efek peningkatan kecepatan bergerak (movement speed) kepada Xavier dan rekan satu timnya. Sebaliknya, musuh yang melewati tembok ini akan mendapatkan efek pengurangan movement speed.

Efek sesungguhnya dari Mystic Field akan terlihat ketika tembok tersebut ditembak dengan Skill ke-1 Xavier yang bernama "Infinite Extension".

Skill ini memungkinkan Xavier menembakkan cahaya yang mirip seperti peluru ke satu arah, bisa ke depan, ke belakang, atau ke samping dengan jarak tertentu.

Apabila mengenaik musuh, skill ini akan memberikan efek pengurangan "nyawa" (hit points/HP) alias damage.

Namun jika skill ini mengenai tembok Mystic Field tadi, maka tembok tersebut akan berubah menjadi sebuah lingkaran yang bisa memerangkap dan menghentikan pergerakan musuh yang ada di dalamnya, di samping memberikan damage yang cukup menguras HP.

Skill yang menyerupai jurus "Kamehameha" dari serial TV anime Dragon Ball ini sejatinya memiliki fungsi yang serupa dengan Infinite Extension. Namun, jaraknya tak terhingga dan ukurannya pun jauh lebih besar dari skill tersebut.

Artinya, Dawning Light bisa dipakai untuk memberikan damage kepada musuh secara bersamaan dalam suatu area garis lurus, atau membunuh musuh yang sedang sekarat meski mereka tidak berada di sekitar Xavier.

Semua skill ini bakal mendapatkan peningkatan efek dan damage apabila Xavier berhasil mengumpulkan tiga "tenaga" (stack).

Satu efek stack ini, yang dimungkinkan berkat skill pasif Xavier yang bernama "Transcendence", bisa dikumpulkan jika beragam skill aktif yang dimiliki tadi, seperti Mystic Field atau Infinite Excursion, mengenai musuh.

Ketika sudah terkumpul tiga stack, maka skill pasif Transcendence tadi akan aktif dan semua skill Xavier akan tambah "sakit", lantaran memiliki damage yang ditingkatkan.

Selain itu, efek Mystic Field tadi juga akan memiliki area yang lebih besar, memungkinkan pemain memerangkap banyak musuh di suatu area.

Penasaran ingin mencoba kemampuan Xavier langsung? Hero tersebut sudah bisa dibeli di game Mobile Legends dengan 32.000 Battle Points (BP) atau 599 Diamonds.

https://tekno.kompas.com/read/2022/05/24/08000047/mengenal-xavier-karakter-mobile-legends-yang-jadi-rebutan-di-sea-games-2021-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke