Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Tampilan Beranda Facebook Dirombak, Jadi Lebih Mirip TikTok

Perusahaan besutan Meta ini menambahkan tab baru yakni "Feeds" untuk memisahkan unggahan yang selama ini tercampur di beranda. Nantinya, tab “Feeds” dan “Home" akan menampilkan jenis konten yang berbeda.

Tab “Feeds” akan menampilkan konten yang lebih dipersonalisasi dan spesifik, seperti unggahan dari teman atau postingan dari grup dan laman yang diikuti. Sedangkan, laman “Home” akan semakin serupa dengan TikTok. Sebab, sekarang Facebook menghadirkan fitur “Suggested for You” yang hampir mirip dengan fitur “For You” di TikTok.

Pembaruan beranda Facebook diumumkan langsung oleh CEO Meta, Mark Zuckerberg melalui akun pribadinya di Facebook, Kamis (21/7/2022). Menurut Zuck -panggilan akrab Zuckerberg- fitur Feeds cukup banyak diminta pengguna Facebook selama ini.

“Salah satu fitur yang paling banyak diminta ke Facebook adalah memastikan pengguna tidak melewatkan unggahan dari temannya. Jadi, hari ini kami meluncurkan tab “Feeds”, (sebagai) tempat Anda melihat kiriman dari teman, grup, halaman, lainnya secara terpisah dalam urutan berdasarkan waktu” tulis Zuck.

Penambahan ini rencananya akan diluncurkan secara merata untuk seluruh pengguna iOS ataupun Android.

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, tabs “Feeds” akan menampilkan konten dari orang-orang terdekat, yang sudah terkoneksi dengan pengguna. Sehingga konten yang disuguhkan lebih personal.

Hal ini dilakukan Meta agar pengguna bisa dengan mudah mengakses konten dari orang-orang ataupun komunitas yang memang sudah terhubung dengan pengguna. Sehingga, pengguna tidak akan ketinggalan informasi atau unggahan dari orang-orang terdekat.

Sementara di tab “Home”, jenis konten yang ditampilkan jauh lebih beragam. Tab Home akan muncul saat pengguna pertama kali membuka aplikasi Facebook versi mobile.

Di tab Feeds, Facebook akan merekomendasikan beberapa konten dari akun atau halaman yang tidak diikuti pengguna. Konten yang disuguhkan nantinya akan berdasarkan algoritma pengguna. Misalnya, pengguna yang menggemari konten otomotif, akan direkomendasikan konten serupa.

Personalisasi shortcut bar

Untuk pengguna Android, baris shortcut yakni tab Home, Watch, Feeds, Groups, dan Notifications yang biasanya muncul di sisi layar bagian bawah, akan pindah ke bagian atas. Seedangkan untuk pengguna iOS, bilah shortcut tersebut akan muncul di bagian bawah layar.

Tidak hanya berpindah posisi, tata letak shortcut juga bisa berubah berdasarkan personalisasi pengguna. Artinya, posisi tab di shortcut bar dapat berubah-ubah mengikuti tabs mana yang paling sering diakses oleh pengguna. Akan tetapi, pengguna bisa menyematkan tab agar posisinya tidak berubaha.

Untuk mempermudah gambaran, urutan tab di shortcut bar yang disediakan Facebook adalah Home, Watch, Feeds, Group, dan Notifications. Nah, pengguna bisa mengacak aturan posisi tersebut sesuai dengan keinginan pengguna atau membuatnya menjadi posisi permanen.

Caranya dengan klik dan tahan (tap and hold) ikon shortcut yang ingin dipindahkan. Nantinya, akan muncul pillihan seperti mematikan notifikasi dari laman tersebut, menyematkan laman, menyembunyikan laman dari shorcut bar, atau melakukan kustomisasi.

“Kami berharap pembaruan ini akan diluncurkan secara global minggu depan,” tulis Meta melalui blog resminya, sebagaimana dihimpun KompasTekno, Jumat (22/7/2022).

Popularitas TikTok secara tidak langsung memengaruhi pertumbuhan pengguna Facebook. Untuk pertama kalinya, pengguna Facebook mengalami penurunan pengguna pada kuartal terakhir pada 2021 lalu.

Meskipun pertumbuhan pengguna perlahan mulai tumbuh dan merangkak naik, tetap saja pertumbuhan tersebut jauh lebih lambat dibanding sebelumnya.

Oleh karena itu, perubahan yang dilakukan ini secara tidak langsung membuka jalan bagi Facebook. Mengoptimalkan penggunaan algoritma untuk merekomenasikan konten tertentu kepada pengguna, mungkin dijadikan salah satu upaya Meta untuk lebih merangkul para penggunanya.

https://tekno.kompas.com/read/2022/07/22/18020037/tampilan-beranda-facebook-dirombak-jadi-lebih-mirip-tiktok

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke