Salin Artikel

7 Macam Format Ekstensi File Gambar yang Sering Digunakan

KOMPAS.com - Format ekstensi file gambar tak asing lagi ditemui pengguna. Mengetahui format ekstensi file gambar dibutuhkan agar pengguna dapat menyesuaikan dokumen atau desain gambar yang ingin digunakan.

Terdapat macam-macam ekstensi file gambar yang sering digunakan. Beberapa di antaranya, seperti JPEG, PNG, GIF, dan lain sebagainya.

Meski cukup familiar ditemui, banyak dari sebagian pengguna yang masih belum mengetahui penggunaan yang tepat untuk ekstensi gambar tersebut.

Maka dari itu selengkapnya KompasTekno merangkum macam-macam format ekstensi file gambar yang sering digunakan dan penggunaannya. 

JPEG atau JPG – Joint Photographic Experts Group

Dilansir dari Hubspot, JPEG mungkin jenis file yang sering dijalankan di web. Mayoritas gambar ini sering digunakan pada kop surat versi Microsoft Word. JPEG dikenal dengan kompresi "lossy", yang berarti ketika kualitas gambar menurun, menurun juga ukuran filenya.

PNG – portable network grapichs

Portable Network Graphics atau PNG adalah gambar dengan format yang akan mempertahankan kualitasnya meski diedit beberapa kali. Umumnya setiap desainer akan menggunakan format PNG.

Alasan mengapa PNG digunakan di sebagian besar proyek web adalah karena pengguna dapat menyimpan gambar dengan lebih banyak warna pada latar belakang transparan. Ini menghasilkan gambar berkualitas web yang jauh lebih tajam. 

GIF - Graphics Interchange Format

Format GIF paling umum ditemui dalam bentuk animasi. Format ekstensi file gambar ini seringkali ditemui di internet atau beberapa aplikasi pesan instan, seperti WhatsApp. GIF menyajikan format gambar animasi yang bergerak-gerak.

GIF terbentuk dari hingga 256 warna dalam ruang warna RGB. Karena jumlah warna yang terbatas, ukuran file berkurang secara drastis.

PSD – Photoshop Document

PSD adalah file yang dibuat dan disimpan di Adobe Photoshop, software pengedit grafis paling populer yang pernah ada. Untuk membuka file PSD, pengguna harus memiliki software Photoshop atau tools lain seperti Premiere Pro, After Effect dan Illustrator.

TIFF - Tagged Image File

Merupakan ekstensi gambar yang dikenal menggunakan kompresi lossless. Artinya jenis gambar ini tidak kehilangan kualitas meski sudah dikompresi, disalin, atau dikompres ulang.

RAW – Raw Image Formats

RAW adalah jenis gambar yang belum diedit atau diproses alias masih menjadi file mentah. Seringkali dianggap sebagai format pertama dari gambar saat dibuat. 

Saat Anda mengambil foto dengan kamera, foto akan langsung disimpan dalam format file mentah bernama RAW. 

PDF – Portable Document Format

PDF diciptakan oleh Adobe dengan tujuan menangkap dan meninjau informasi yang kaya dari aplikasi apa pun, di komputer mana pun, dengan siapa pun, di mana pun.

Jika seorang desainer menyimpan logo vektor dalam format PDF, Anda dapat melihatnya tanpa software pengedit desain apa pun (selama Anda telah mengunduh perangkat lunak Acrobat Reader gratis).

https://tekno.kompas.com/read/2022/09/05/19150077/7-macam-format-ekstensi-file-gambar-yang-sering-digunakan

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.