Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Tentukan Pilihanmu
0 hari menuju
Pemilu 2024
Salin Artikel

MacBook Pro M2 Pro dan M2 Max Muncul di Situs Apple Indonesia, Ini Bocoran Harganya

Pantauan KompasTekno, Sabtu (21/1/2023), kini, MacBook Pro terbaru itu sudah dipajang di situs resmi Apple Indonesia, lengkap dengan spesifikasi teknisnya.

Dengan demikian, ini bisa jadi pertanda kuat MacBook Pro ber-chip M2 Pro dan M2 Max tersebut akan masuk dan segera dijual di Indonesia.

Sebab, sebelumnya, halaman muka Apple Indonesia masih didominasi oleh perangkat iPhone 14 Series yang dirilis September tahun lalu.

Ketika mengunjungi situs Apple Indonesia, pengguna bakal langsung disambut dengan gambar perangkat MacBook Pro berwarna abu-abu, seperti gambar di bawah. Tepat di bawahnya, pengguna bisa melihat tagline dari MacBook Pro terbaru, yakni "bertenaga super berkat M2 Pro dan M2 Max".

Pengguna bisa mengeklik opsi "Selengkapnya" untuk menilik lebih lanjut soal ringkasan maupun spesifikasi teknis MacBook Pro 2023 ukuran 14 inci dan 16 inci tersebut.

Mengingat, seperti sebelum-sebelumnya, penjualan iPhone versi terbaru di Indonesia biasanya memang lebih belakangan ketimbang negara-negara lain. Di situs Apple Indonesia hanya tertulis "cek kembali untuk informasi ketersediaan".

Meski belum ada informasi resmi, kita sebenarnya bisa menerka-nerka harga MacBook Pro 2023 ketika masuk Indonesia.

Caranya adalah dengan membandingkan harga laptop MacBook Pro (14 inci dan 16 inci) generasi sebelumnya saat dirilis di Amerika Serikat dan begitu dijual di Indonesia.

Secara umum, bila melihat riwayat tahun 2022, MacBook Pro 14 inci dan 16 inci bakal dijual dengan banderol harga lebih mahal di Indonesia, dibandingkan dengan Amerika Serikat. Selisih harganya mencapai Rp 3,3 juta atau lebih.

Sebagai contoh, MacBook Pro 14 inci (RAM 16GB, SSD 512GB, 14-Core GPU, Apple M1 Pro Chip) di AS dijual dengan harga peluncuran 2.000 dolar AS (sekitar Rp 28,2 juta). Saat masuk Indonesia, MacBook Pro 14 inci varian yang sama dijual lebih mahal, yakni seharga Rp 31,5 juta.

MacBook Pro 2023 yang ditenagai chip M2 Pro di AS dijual mulai dari 1.999 dollar AS (Rp 30,3 juta) hingga 3.499 dollar AS (RP 53,1 juta), bergantung dengan ukuran dan kapasitas memori yang dipilih.

Artinya, saat dipasarkan di Indonesia, harga MacBook Pro 2023 itu akan lebih lebih mahal dibandingkan di AS, saat dipasarkan di Tanah Air.

Sebagai gambar Apple Fanboy Indonesia yang mengincar laptop MacBook Pro terbaru, berikut rincian harga MacBook Pro 14 inci dan 16 inci bertenagah chip M2 Pro dan M2 Max di AS:

Dengan ukuran bodi 35,57 cm (panjang) x 24,81 cm (lebar) x 1,68 cm (ketebalan), perangkat ini juga dibekali kamera depan untuk melakukan telekonferensi video.

MacBook Pro 16 inci ini ditenagai oleh dua varian chipset, yakni Apple M2 Pro dan M2 Max. M2 Pro terdiri dari 12 inti CPU (terbagi menjadi 8 inti dan empat inti efisiensi daya), 19 inti GPU, 16 inti Neural Engine, serta bandwith memori hingga 200 GB per detik.

Sedangkan M2 Max terdiri dari 12 inti CPU sama seperti M2 Pro, 28 inti GPU, dan 16 inti Neural Engines dengan kecepatan bandwith memory 400 GB per detik.

Kedua chipset di atas juga dipadu dengan dua varian unified memory atau RAM dan media penyimpanan (storage), yakni 16GB/1TB SSD dan 32 GB/1 TB SSD.

MacBook Pro tersebut menjalankan sistem operasi macOS Ventura dan ditopang baterai yang diklaim mampu bertahan selama 22 jam (pemutaran video/film tanpa henti) dan didukung pengisian daya cepat 140 watt. Pengisian dapat dilakukan melalui port MagSafe yang tersedia.

Perangkat juga dibekali dengan "Backlit Magic Keyboard", Touch ID (pemindai sidik jadi sebagai sistem keamanan perangkat) dan trackpad berukuran cukup besar, khas MacBook. Fitur pendukung lainnya terdiri dari Wi-Fi 6E dan Bluetooth 5.3.

MacBook Pro 16 inci juga hadir dengan beberapa jenis slot colokan, seperti MagSafe 3 untuk pengisian daya, tiga slot Thunderbolt 4, jack audi0 3,5 mm, slot microSD (SDXC), satu slot HDMI.

Sebab, laptop ini mengusung laya Liquid Retina XDR seluas 14,1 inci yang menawarkan resolusi 3.024 x 1.964 piksel, tingkat kecerahan 1.600 nits, refrest rate 120 Hz ProMotion.

Laptop ini juga dibekali kamera depan untuk melakukan telekonferensi video. Untuk mendukung performanya, perangkat juga ditenagai chipset Apple M2 Pro atau M2 Max.

Chipset itu dipadukan dengan unified memory atau RAM 16/32 GB serta ruang penyimpanan seluas 512 GB SSD dan 1 TB SSD.

Perbedaan lainnya, MacBook Pro 14 inci ditopang baterai yang lebih kecil dibanding varian 16 inci, yakni diklaim bisa bertahan sekitar 18 jam untuk pemutaran playback film/video. Perangkat juga dibekali pengisian daya cepat dengan keluaran daya 96 watt.

Sistem operasi yang dijalankan adalah macOS Ventura. Laptop ini juga didukung teknologi ProRes HRD dengan Dolby Vision, HDR 10, Dolby Atmos, Dolby Digital, dan dibekali "Backlit Magic Keyboard" dengan 79 tombol ketikan, Touch ID sebagai sistem keamanan perangkart, dan trackpad.

Fitur pendukung lainnya adalah Wi-FI 6E dan Bluetooth 5.3. Slot colokan yang tersedia antara lain tiga slot Thunderbolt 4, jack audio 3,5 mm, MagSafe 3 untuk pengisian daya, slot micro SD, dan HDMI yang memungkinkan perangkat menampilan video beresolusi 8K (hingga 60 Hz) dan 4K (hingga 240 Hz).

https://tekno.kompas.com/read/2023/01/21/15000047/macbook-pro-m2-pro-dan-m2-max-muncul-di-situs-apple-indonesia-ini-bocoran

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke