Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

5 Hal yang Perlu Anda Pertimbangkan Sebelum Membeli Keyboard Laptop Baru

Namun jangan asal membelinya, Anda harus mempertimbangkan beberapa hal sebelum membeli keyboard baru. Hal ini agar Anda mendapatkan keyboard terbaik, awet, dan tidak salah pilih.

Lantas apa saja hal-hal yang perlu Anda pertimbangkan sebelum membeli keyboard baru untuk laptop atau komputer Anda? Selengkapnya berikut ini uraiannya.

Harga Keyboard

Tentukan anggaran membeli keyboard. Apabila ingin membeli keyboard sederhana dan tidak memiliki fitur lengkap, Anda bisa merogoh kocek mulai dari Rp 200 ribuan.

Namun saat ini juga tersedia beragam keyboard dengan fitur tambahan. Mulai dari lampu bawaan, rangka aluminium, dan tambahan tombol fungsi lainnya.

Tentu harga yang dikenakan juga lebih tinggi. Maka dari itu sebelum membeli keyboard baru, usahakan pengguna juga harus melihat fungsi yang dibutuhkannya. Berdasarkan penelusuran KompasTekno, harga keyboard di beberapa markeplace dibanderol mulai dari Rp 200 ribuan hingga jutaan rupiah.

Ergonomi

Pertimbangkan masalah kenyamanan keyboard. Bisa jadi Anda menghabiskan berjam-jam untuk mengetik di keyboad. Maka dari itu carilah keyboard yang nyaman digunakan khususnya yang mengurangi tekanan di tangan Anda. Jika memungkinkan pilihlah keyboard ergonomis yang menyertakan sandaran tangan.

Kabel atau nirkabel

Seperti mouse, keyboard juga memiliki dua jenis yakni berkabel dan nirkabel. Pertimbangkan kedua jenis keyboard ini. Apabila Anda memilih keyboard berkabel maka akan membatasi jangkauan jarak dan leluasa.

Sedangkan keyboard nirkabel memungkinkan Anda mengetik lebih leluasa. Anda bisa mengetik di mana saja tanpa ribet kabel yang terhubung. Umumnya harga keyboard nirkabel juga akan lebih mahal dibanding kabel.

Hotkeys

Hotkeys biasa dikatakan sebagai tombol pintasan di keyboard. Tombol ini mirip dengan shortcut yang dapat menginstruksikan tugas tertentu dengan cepat. Biasanya tombol ini meliputi kontrol volume, video, pencahayaan, dan lainnya.

Terdapat beberapa keyboard dengan hotkeys yang beragam. Hal ini bisa menjadi salah satu pertimbangan Anda saat akan membeli. Apakah Anda lebih membutuhkan hotkeys lebih banyak untuk menunjang pekerjaan atau tidak.

Ukuran keyboard

Ukuran keyboard yang digunakan akan mempengaruhi Anda dalam produktivitas. Terdapat keyboard dengan tombol lebih kecil dan tanpa spasi atau juga tombol keyboard yang lebih besar dengan jarak. Sesuaikan pemilihan ukuran keyboard dengan kebutuhan dan kenyamanan Anda saat menggunakan.

Terdapat beberapa jenis keyboard yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan. Untuk mengetahuinya Anda dapat mengecek di “9 Jenis Keyboard Komputer Beserta Fungsinya”. Semoga bermanfaat.

https://tekno.kompas.com/read/2023/05/06/14040057/5-hal-yang-perlu-anda-pertimbangkan-sebelum-membeli-keyboard-laptop-baru

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke