Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Ramai Folder Baru “Chat yang Dikunci” di WhatsApp, Apa Itu dan Bagaimana Bisa Muncul?

KOMPAS.com - Belakangan ini, media sosial tengah diramaikan dengan perbincangan tentang keberadaan folder baru di aplikasi perpesanan instan WhatsApp (WA). Kolom itu bernama “Chat yang dikunci” atau “Locked chat”.

Salah satu contoh keramaian perbincangan tentang kolom “Chat yang dikunci” di WhatsApp bisa dilihat lewat twit dari akun base dengan handle @tanyarlfes, sebagaimana tertera di bawah ini.

Jika dilihat dari twit tersebut, folder “Locked chat” berada di bagian paling atas dari daftar obrolan WhatsApp. Folder tersebut berada tepat di atas folder “Archived”, yang bisa dipakai untuk menyimpan pesan-pesan diarsipkan.

Melihat keramaian ini, lantas apa itu folder “Chat yang dikunci” di WhatsApp? Bila tertarik untuk mengetahui lebih lanjut berikut adalah penjelasan mengenai kemunculan folder “Locked chat” di WA.

Fitur Lock Chat WA

Folder “Chat yang dikunci” sejatinya adalah fitur Lock Chat WA. Kabar WhatsApp bakal merilis fitur Lock Chat sudah beredar sejak April lalu. Akan tetapi, fitur tersebut baru saja diluncurkan WhatsApp ke pengguna secara umum sekitar Selasa kemarin (16/5/2023).

Lantas, apa fungsi Lock Chat WA? Lock Chat WA merupakan fitur yang memungkinkan pengguna untuk mengunci chat tertentu dengan kata sandi atau sistem keamanan biometrik (pemindaian sidik jari atau wajah).

Fitur Lock Chat WA berfungsi buat mengamankan pesan-pesan tertentu agar tidak mudah diakses atau dibuka oleh orang lain. Pasalnya, pesan yang dikunci hanya bisa diakses bila pengguna memasukkan password dengan benar.

Fitur kunci WhatsApp sebenarnya telah hadir sejak lama. Namun, fitur yang bisa mengunci chat tertentu (bukan mengunci aplikasi) baru hadir sekarang. Dengan fitur Lock Chat WA, pengguna bisa memilih chat personal atau grup untuk dikunci.

Saat dikunci, chat tidak akan lagi ditampilkan pada halaman daftar obrolan. Pesan-pesan yang telah dikunci dengan fitur Lock Chat WA bakal dikumpulkan dan tersimpan dalam folder “Chat yang dikunci”.

Jadi, bila ingin memunculkan folder “Locked chat” di WhatsApp seperti yang tengah ramai di media sosial, pengguna perlu mengunci chat tertentu terlebih dahulu. Lantas, bagaimana cara mengunci chat WA dengan fitur tersebut? Begini penjelasannya.

Untuk diketahui pula, fitur Lock Chat WA sekarang tampaknya masih digulirkan secara bertahap, sehingga beberapa pengguna mungkin ada yang belum kebagian. KompasTekno sendiri telah mendapatkannya di aplikasi WhatsApp versi beta 2.23.10.19 (Android).

https://tekno.kompas.com/read/2023/05/20/10030017/ramai-folder-baru-chat-yang-dikunci-di-whatsapp-apa-itu-dan-bagaimana-bisa

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke