Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

11 Fitur MacOS Sonoma, Ada Game Mode dan Impor Widget iPhone ke Mac

MacOS Sonoma ini membawa sederet fitur-fitur untuk meningkatkan pengalaman pengguna perangkat Mac. Berikut deretan fitur yang akan dibawa MacOS Sonoma:

Ketika dalam mode Stage Manager, widget akan otomatis berubah menjadi lebih transparan, agar pengguna bisa fokus ke jendela aplikasi yang dibuka.

Salah satunya lewat fitur baru Presenter Overlay. Seperti namanya, fitur ini memungkinkan sosok pengguna ditampilkan seperti berada di depan materi presentasi.

MacOS Sonoma juga memberikan opsi berbagi layar (screen sharing) ketika melakukan video call, seperti "share on zoom", berbagi dalam mode layar penuh (full screen), atau berbagi dengan mode split screen.

3. Mode privat browsing di Safari

Sistem operasi Mac yang baru ini turut menghadirkan mode menjelajah di internet yang lebih aman yaitu dengan "private browsing". Mode ini memungkinkan pengguna untuk mengunci halaman browser internet dengan pemindai wajah, memblokir pelacak (tracker), dan menghapus pelacak URL.

Kontroler PlayStation dan Xbox juga dijanjikan memiliki waktu respons yang lebih cepat karena menggunakan koneksi Bluetooth yang dua kali lebih kencang.

5. AutoFill untuk dokumen PDF

Pengguna bisa mengisi formulir PDF yang lebih praktis dan cepat berkat fitur autofill atau isi otomatis. Nantinya, fitur autofill bakal menggunakan informasi pengguna yang disimpan di perangkat untuk melengkapi dokumen.

6. Autocorrect yang lebih akurat

MacOS Sonoma membawa fitur koreksi kata atau autocorrect yang disempurnakan. Kata yang dikoreksi otomatis bakal digarisbawahi untuk sementara.

Sehingga pengguna tahu kata apa yang telah diubah. Pengguna dapat membatalkan autocorrect dan beralih ke kata aslinya dengan sekali klik.

7. Screensaver slow-mo

MacOS Sonoma hadir dengan screen saver slow-motion baru yang menampilkan pemandangan yang indah dari seluruh dunia. Gambar pemandangan ini menjadi latar belakang desktop saat login.

Untuk lebih mempermudah, pengguna sekarang dapat memberikan perintah Siri back-to-back tanpa harus mengucapkan "Siri" setiap kali ingin memberi input yang baru.

9. Fitur aksesibilitas

Untuk aksesibilitas, MacOS Sonoma membawa Personal Voice. Fitur ini dapat membantu pengguna dengan gangguan bicara membuat suara yang terdengar seperti mereka. Kemudian, pengguna bisa menggunakannya untuk Live Speech dalam panggilan FaceTime dan percakapan langsung.

10. Melihat resep dari foto makanan

Fitur lain yang menarik adalah Visual Look Up. Fitur ini memungkinkan pengguna menemukan resep makanan yang serupa dengan foto makanan yang ada di galeri foto.

11. Pengalaman baru mendengarkan musik

Pengguna bisa mengundang teman untuk menyusun daftar putar (playlist) bersama, mulai dari menambahkan, mengurutkan ulang, dan menghapus lagu. Di Now Playing, pengguna juga bisa memberikan emoji sebagai reaksi terhadap pilihan lagu dari teman. Fitur ini bakal hadir pada akhir tahun ini.

  • iMac 2019 dan yang lebih baru
  • Mac Pro 2019 dan yang lebih baru
  • iMac Pro 2017 dan yang lebih baru
  • Mac Studio 2022 dan yang lebih baru
  • MacBook Air 2018 dan yang lebih baru
  • Mac mini 2018 dan yang lebih baru
  • MacBook Pro 2018 dan yang lebih baru

MacOS Sonoma sudah tersedia bagi para pengembang aplikasi yang terdaftar dalam Apple Developer Program (khusus untuk pengembang) di situs developer.apple.com mulai hari ini.

Rencananya, MacOS Sonoma versi Public Beta (uji coba untuk umum di luar pengembang) bakal tersedia pada Juli mendatang, melalui situs beta.apple.com.

Adapun MacOS Sonoma versi final (semua pengguna komputer Mac yang mendukung) kemungkinan bakal dirilis pada musim gugur 2023, atau sekitar September, Oktober, atau November mendatang.

https://tekno.kompas.com/read/2023/06/07/16000017/11-fitur-macos-sonoma-ada-game-mode-dan-impor-widget-iphone-ke-mac

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke