Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Tips Foto Anti Ribet di Samsung Galaxy A54 5G Pakai Tools dan Settingan Bawaan

Salah satu nilai jual utama ponsel penerus Galaxy A53 ini adalah aspek kameranya. Di sektor fotografi, Galaxy A54 dibekali kamera utama 50 MP (f/1.8), kamera ultrawide 12 MP (f/2.2), dan kamera makro 5 MP (f/2.4). Ada juga kamera depan 32 MP.

Untuk memaksimalkan hasil jepretan, berikut tips foto anti ribet pakai Samsung Galaxy A54 5G hanya dengan menggunakan settingan bawaan ponsel dan tanpa aplikasi pihak ketiga.

Fitur ini akan memudahkan pengguna untuk menempatkan objek di dalam frame foto. Dengan fitur ini pengguna akan lebih mudah menilai perbandingan subjek yang akan dipotret.

Ikuti panduan di bawah ini untuk mengaktifkan fitur grid line di Samsung Galaxy A54:

  • Buka aplikasi kamera
  • Klik pengaturan kamera pada kiri atas layar
  • Geser tombol "Grid lines" untuk mengaktifkan

Ketika diaktifkan, fitur ini akan memunculkan dua garis horizontal dan vertikal yang sejajar. Garis-garis itu membagi layar menjadi sembilan bagian. Garis bantu ini akan muncul setiap pengguna membuka aplikasi kamera di Samsung A54 5G.

Pengguna bisa dengan mudah mengatur fokus dan pencahayaan ketika menjepret dengan Galaxy A54 5G.

Caranya, pengguna tinggal menekan layar ketika sedang mengeker obyek foto. Nantinya, akan muncul lingkaran dengan ikon kunci dan matahari.

Nah, pengguna tinggal klik ikon kunci untuk mengunci fokus pada obyek foto.

Lalu, geser ikon matahari ke arah kiri untuk mengurangi cahaya atau geser ke arah kanan untuk menambah cahaya.

Dengan mengunci fokus dan mengatur cahaya akan membantu pengguna menghasilkan foto yang tajam dan terang.

Sebenarnya, dengan kamera 50 MP, hasil foto Samsung A54 sudah bagus. Namun, untuk memperkaya pengalaman pengguna, Samsung menyertakan mode resolusi penuh 50MP (hanya dalam rasio 3:4).

Pengguna bisa memotret dengan resolusi penuh sebesar 50 MP untuk memaksimalkan ketajaman. Mode resolusi penuh ini juga bakal menghasilkan gambar yang jauh lebih terang ketimbang dengan mode normal.

Pakai mode makro untuk objek kecil

Samsung A54 juga membawa kamera makro 5 MP. Berkat lensa ini, pengguna bisa menikmati mode pemotretan makro untuk obyek-obyek benda yang kecil atau untuk menangkan detail dari suatu obyek.

Caranya pengguna hanya perlu membuka aplikasi kamera > klik opsi "more" > lalu pilik mode "macro".

Selanjutnya, pengguna hanya perlu mengarahkan kamera ke obyek foto dengan jarak 3-5 cm saja. Lalu klik shutter untuk menjepret foto.

Sejatinya, kamera depth sensor berguna untuk menghasilkan gambar dengan efek bokeh yang membuat objek utama lebih fokus dan menonjol, sedangkan latar belakangnya (background) blur.

Meski tak dibekali kamera depth sensor, Samsung menyertakan mode potrait untuk pengguna bisa menghasilkan jepretan dengan efek bokeh. Pengguna juga bisa mengatur tingkat kerapatan bokeh dan jenis bokeh di setiap bidikan foto.

Selengkapnya, review kamera Galaxy A54 bisa dilihat leat artikel "Indahnya Musim Semi di Korea dalam Bidikan Samsung Galaxy A54 5G" dan di galeri foto berikut ini.

Salah satu fitur yang bakal berguna bagi pengguna adalah object eraser (penghapus obyek). Dengan fitur ini pengguna bisa menghilangkan obyek tertentu dalam gambar.

Di samping itu, tools edit foto bawaan pada Samsung A54 juga terbilang lengkap. Sebab, pengguna bisa memangkas, membalik menambahkan filter; mengatur kecerahan, ketajaman, kontras; hingga menambahkan teks dan emoji pada gambar.

Photo Remaster bisa ditemukan ketika membuka foto, lalu klik ikon titik tiga vertikal di pojok kanan bawah.

Ketika diklik, teknologi kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI) akan secara otomatis mengurangi keburaman dan meningkatkan resolusi foto pengguna.

Yang menarik lainnya, di bagian filter, pengguna bisa membuat filter baru dari suatu foto.

Misalnya, pengguna melihat satu foto saat suasana matahari terbenam di internet dengan tone warna yang bagus. Pengguna tinggal mengunduh foto itu untuk dijadikan inspirasi filter baru di ponsel Samsung Galaxy A54 5G.

Cara membuat filter baru dari foto adalah sebagai berikut:

  • Download gambar dengan tone warna yang disukai untuk dijadikan filter
  • Buka gambar yang ingin ditambahkan dengan filter
  • Klik ikon edit foto
  • Lalu pilih menu "filter"
  • Klik ikon "+"
  • Pilih "Create filter"
  • Pilih gambar yang tadi sudah di-download
  • Klik "create"
  • Nantinya, filter baru akan otomatis dibuat dengan nama "Filter 1" dan seterusnya

Nah, pengguna tinggal mengeklik "Filter 1" itu untuk diaplikasikan kepada gambar pengguna.

Harga Samsung Galaxy A54 5G di Indonesia

Di Indonesia, Samsung Galaxy A54 5G ditawarkan dalam pilihan warna Awesome Graphite, Awesome White, Awesome Violet, dan Awesome Lime.

Adapun harga Samsung Galaxy A54 di Indonesia adalah sebagai berikut:

  • Samsung Galaxy A54 5G (8/128 GB) - Rp 5.999.000
  • Samsung Galaxy A54 5G (8/256 GB) - Rp 6.399.000

https://tekno.kompas.com/read/2023/06/26/15060067/tips-foto-anti-ribet-di-samsung-galaxy-a54-5g-pakai-tools-dan-settingan-bawaan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke