Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Kesan Menjajal Poco X5 Pro, Ringan dan Asyik buat Main Game

KOMPAS.com - Ringan dan enak dipakai untuk main game. Begitulah kesan pertama kami ketika menjajal salah satu ponsel terbaru dari sub-merek Xiaomi, yaitu Poco di Indonesia, Poco X5 Pro selama beberapa hari. 

Ponsel ini bisa dibilang enteng karena hanya memiliki bobot sekitar 180 gram. Bahkan, Poco X5 Pro bisa kami bilang merupakan ponsel Poco X-Series yang paling ringan saat ini. 

Dua perangkat yang menjadi pendahulu Poco X5 Pro, yaitu Poco X3 Pro dan Poco X4 Pro, kompak memiliki bobot yang berkisar di atas 200 gram. 

Karena ringan, ponsel ini tentunya sangat nyaman untuk dipakai bermain game lama-lama. Hal ini menjadi nilai plus bagi Poco X5 Pro lantaran gamer merupakan salah satu target pasar dari ponsel tersebut.

Lantas, bagaimana desain keseluruhan dan pengalaman mencoba salah satu ponsel teranyar Poco ini?

Punggung tidak licin

Secara desain, punggung atau "cangkang" Poco X5 Pro bisa dibilang sangat mendukung untuk kegiatan bermain game. 

Sebab, cangkang perangkat ini dihiasi dengan material yang kesat, sehingga tak akan licin jika terkena keringat yang berasal dari tangan, sebagai efek dari menggenggam ponsel berlama-lama.

Selain itu, bagian bingkai (frame) ponsel juga mengadopsi desan datar (flat). Artinya, ponsel ini tak akan mudah jatuh, lantaran bingkainya akan mudah menempel dengan tangan.

Masih soal desain, sebagian besar area punggung di Poco X5 Pro tak mengusung warna mengilap.

Kebetulan varian yang kami jajal adalah warna Black, dan varian ini menampilkan punggung berwarna hitam yang tak begitu pekat.

Punggung ponsel ini pun terkesan biasa saja ketika kami pandang, apabila dibandingkan dengan ponsel lainnya di rentang harga yang sama.

Namun, sama seperti beberapa ponsel Poco lain, keunikan punggung Poco X5 Pro ada di bagian modul kameranya yang mengadopsi material bak kaca yang mengilap. 

Di modul tersebut, terdapat tulisan ikonik "Poco" serta beberapa modul kamera belakang, begitu juga lampu LED flash, yang disusun dalam modul persegi yang sedikit timbul.

Adapun deretan kamera yang ada di dalam modul tersebut meliputi kamera utama 108 MP (f/1.9), kamera ultrawide 8 MP (f/2.2), dan kamera macro 2 MP (f/2.4). 

Layar lega dan terang

Beralih ke bagian depan, layar menjadi salah satu keunggulan Poco X5 Pro. Pasalnya, layar ponsel ini mengadopsi panel AMOLED dengan ukuran 6,67 inci dan resolusi Full HD Plus. 

Pengalaman memandang layar ponsel tersebut bisa dibilang cukup nyaman. Sebab, layar terasa sangat lega, lantaran bezel di sekeliling layar yang cukup tipis, mungkin lebih tipis dari aneka ponsel di kelasnya.

Selain lega, layar Poco X5 Pro juga terbilang cukup terang dengan tingkat kecerahan (brightness) maksimal mencapai 900 nits. 

Dengan tingkat kecerahan di angka ini, konten yang ditampilkan layar akan masih bisa dilihat dengan cukup jelas, meski dilihat di bawah sinar matahari terik. 

Nah, karena lega dan terang, layar ponsel ini juga tentunya nyaman dipakai untuk menonton film atau bermain game. 

Terlebih, layar Poco X5 Pro mendukung refresh rate hingga 120 Hz. Artinya, berbagai animasi yang tampil di layar akan dimuat selancar mungkin, serta akan terasa lebih mulus dibanding layar dengan refresh rate standar 60 Hz.

Berbicara desain, layar Poco X5 Pro turut dihiasi dengan lubang kamera punch hole yang terletak di bagian tengah atas layar. Lubang ini memuat kamera selfie 16 MP (f/2.4). 

Asyik dipakai main game

Pada sektor peforma, Poco X5 Pro ditenagai dengan chipset Qualcomm Snapdragon 778 5G, RAM 6 GB/8 GB, serta media penyimpanan (storage) 128 GB/256 GB. Poco mengeklaim konfigurasi hardware ponsel ini asyik dipakai untuk main game.

Penasaran, kami kami langsung menjajal Poco X5 Pro untuk memainkan tiga game populer selama beberapa waktu, yaitu meliputi Mobile Legends (MLBB), Honkai Star Rail, dan Genshin Impact.

Di game MLBB, Poco X5 Pro ternyata bisa menjalankan game ini dalam pengaturan (Settings) tertinggi, yaitu dengan pengaturan grafis "Ultra" dan refresh rate atau frame rate "Ultra" pula.

Biasanya, pengaturan ini hanya bisa diterapkan di sejumlah ponsel flagship yang menggunakan chipset kelas atas.

Perlu dicatat, varian Poco X5 Pro yang kami genggam adalah varian tertinggi, yaitu 8 GB/256 GB. Lantas, bagaimana pengalaman bermain game MLBB?

Poco X5 Pro bisa dibilang mampu menjalankan Mobile Legends dengan pengaturan grafis tertinggi dengan lancar, di mana frame rate yang kami dapat konsisten di 49-50 FPS. 

Selain MLBB, kami juga bisa memainkan dua dari beberapa game "berat" yang populer saat ini, yaitu Honkai Star Rail dan Genshin Impact, dengan lancar di pengaturan grafis terendah (Low Settings).

Pada pengaturan grafis ini, Poco X5 Pro mampu menjalankan Honkai Star Rail dengan frame rate 28-30 FPS, sedangkan Genshin Impact konsisten di 28-35 FPS.

Kedua game buatan Hoyoverse ini sebenarnya bisa dimainkan di Poco X5 Pro dengan pengaturan sedang (Medium) atau tinggi (High). Namun, performa yang didapat tidak akan sekonsisten Low Settings.

Spesifikasi, fitur, dan harga Poco X5 Pro di Indonesia

Pada aspek daya, Poco X5 Pro ditopang dengan baterai berkapasitas 5.000 mAH. Ketika habis, daya baterai ini bisa diisi via konektor USB-C dengan teknologi pengisi cepat berdaya 67 watt.

Menariknya, adapter charger yang mendukung pengisian cepat ini sudah terdapat di dalam kotak penjualan.

Terlepas dari baterai, untuk menjaga keamanan ponsel, Poco X5 Pro dibekali sensor pemindai sidik jari di samping ponsel (side mounted) dan AI Face unlock.

Di aspek software, Poco X5 Pro menjalankan sistem operasi (OS) Android 12 dan antarmuka (UI) MIUI 14 khusus Poco.

Fitur lainnya yang turut melengkapi Poco X5 Pro antara lain konektivitas 5G, NFC, IP53, dual-SIM, Bluetooth 5.2, colokan audio 3,5 mm, Dolby Vision, Dolby Atmos, X-axis linear motor hingga IR Blaster.

Ada pula fitur Dynamic Expansion RAM yang diklaim dapat meningkatkan kapasitas RAM Poco X5 Pro menjadi 13 GB.

Hal ini bisa dilakukan dengan "meminjam" sebagian kapasitas memori internal hingga 5 GB untuk sementara waktu.

Tertarik menjajal Poco X5 Pro? Ponsel ini sudah bisa dibeli di toko-toko resmi Poco yang tersebar di sejumlah marketplace di Indonesia.

Di Tanah Air, Poco X5 Pro hadir dalam varian warna Yellow, Blue, dan Black. Harga ponsel ini adalah Rp 4 juta untuk varian 6 GB/128 GB dan Rp 4,5 juta untuk varian 8 GB/256 GB.

https://tekno.kompas.com/read/2023/07/26/13020087/kesan-menjajal-poco-x5-pro-ringan-dan-asyik-buat-main-game

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke