Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Cerita Pemilik Asli Akun @X, Diambil Elon Musk Tiba-tiba Tanpa Imbalan Uang

X ini merujuk pada nama perusahaan yang kini berubah menjadi "X Corp." (sebelumnya Twitter Inc.). Musk juga berambisi membuat aplikasi X sebagai Super App.

Di tengah langkah rebranding Twitter mejadi X, Elon Musk baru-baru ini juga mengganti username atau handle @Twitter menjadi @X. Padahal, handle @X sebelumnya sudah dimiliki seseorang.

Menurut laporan terbaru, Elon Musk mengambil handle @X secara tiba-tiba dari pengguna Twitter dan tidak memberikan imbalan sepeser pun.

Handle @X diambil tiba-tiba

Usut punya usut, handle @X ternyata dimiliki oleh pengguna Twitter bernama Gene X Hwang. Hwang merupakan salah satu pendiri perusahaan foto acara Orange Photography.

Hwang diketahui sudah menggunakan akun Twitter dengan handle @X sejak Maret 2007 atau sejak awal Twitter meluncur.

Menurut cerita Hwang, Elon Musk tiba-tiba mengambil alih username @X yang selama ini ia gunakan. Hwang mengaku tidak menerima pemberitahuan awal soal pengambilalihan handle @X ini. Sehingga tidak ada diskusi di antara keduanya.

Hwang hanya menerima satu email yang berisi pemberitahuan bahwa Twitter (sekarang X) telah mengambil alih username @X darinya.

Dalam kasus Twitter, Hwang mendaftar ke Twitter pada bulan yang sama ketika jejaring sosial bikinan Jack Dorsey itu dirilis.

Hwang mengetahui bahwa pengguna bisa mendaftarkan akun dengan handle satu huruf. Makanya, ia memilih handle @X sebagai username Twitter-nya. Huruf X dipilih karena merupakan nama tengah Hwang.

Hwang mengaku juga berteman (mutual friend) dengan pengguna yang satu angkatan dengannya di Twitter, dan mendaftarkan dengan handle satu huruf, seperti @a, @j, @c, @k, dan @t.

Setelah diambil alih, perusahaan Elon Musk menawarkan Hwang sebuah handle alternatif lengkap dengan postingan dan pengikutnya. Jadi, Hwang tidak kehilangan riwayat akunnya. 

Adapun handle baru yang diberikan kepada Hwang adalah @x12345678998765.

Username langka tapi tak dapat imbalan uang

Lambat laun, dengan perkembangan Twitter yang semakin banyak digunakan orang, handle dengan jumlah huruf sedikit pun menjadi langka. Apalagi handle satu huruf seperti @X milik Hwang.

Makanya, tak jarang pengguna menawarkan sejumlah uang untuk mengambil alih akun Twitter dengan handle langka atau unik.

Namun, dalam kasus Hwang, Twitter tidak memberikan kompensasi atau imbalan uang sepeser pun. Hwang dilaporkan hanya menerima surat apresiasi.

Dalam surat itu, Elon Musk berterima kasih kepada Hwang atas kesetiaannya dan menawarinya pilihan merchandise X dan tur ke markas X, sebagai "cerminan apresiasi kami".

Menurut persyaratan layanan sebagian besar perusahaan media sosial, pengguna tidak memiliki hak atas username tertentu, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari Mashable, Kamis (27/7/2023).

Twitter pun demikian. Makanya, perusahaan milik Elon Musk ini berhak mengambil alih handle pengguna, kecuali handle yang terikat dengan merek dagang resmi. Kali ini, Hwang pemilik akun Twitter @X lah yang ditargetkan, karena ambisi Musk merubah Twitter menjadi super App X.

https://tekno.kompas.com/read/2023/07/28/09300037/cerita-pemilik-asli-akun-x-diambil-elon-musk-tiba-tiba-tanpa-imbalan-uang-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke