Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Screen Sharing Resmi Hadir di WhatsApp, Video Call WA Mirip Zoom Meeting

Seperti namanya, fitur screen sharing memungkinkan pengguna membagikan tampilan layar perangkatnya kepada pengguna lain, saat melakukan panggilan video (video call) personal maupun grup.

Misalnya menampilkan halaman Word atau browser internet yang sedang dibuka, saat video call. Dengan fitur baru screen sharing di WhatsApp ini, maka video call di WhatsApp menjadi mirip seperti Zoom meeting alias rapat online di Zoom.

Pantauan KompasTekno, Rabu (9/8/2023) pagi, fitur berbagi layar video call WhatsApp tersedia di aplikasi WhatsApp Android versi 2.23.15.81dan aplikasi WhatsApp desktop versi 2.2330.7.0.

Sementara untuk pengguna iPhone, fitur screen sharing sudah hadir lebih dahulu di WhatsApp versi 23.12. 0.74

Bila sudah kebagian fitur screen sharing, pengguna bisa menemukan ikon "panah ke kanan" di bawah layar. Ikon ini terletak di antara ikon mematikan video dan membalik kamera di ponsel.

Ketika ikon panah kanan itu diklik, pengguna akan melihat jendela notifikasi soal fitur berbagi layar untuk pertama kalinya, seperti gambar di atas. Notifikasi itu berbunyi sebagai berikut:

Berbagi layar di WhatsApp selalu bersifat pribadi.

Untuk membagikan layar Anda, WhatsApp perlu menduplikat konten dari perangkat Anda. Berbagi layar dilindungi dengan enkripsi end-to-end dan tidak pernah direkam oleh WhatsApp.

Tidak seorang pun di luar panggilan ini, bahkan WhatsApp, dapat melihat atau mendengar apa yang Anda bagikan di layar Anda.

Selanjutnya, pengguna tinggal membuka aplikasi, menu, dokumen atau konten apapun di layar ponsel/tablet. Nantinya, pengguna yang ada dalam panggilan video call bakal langsung melihat konten yang dibagikan.

Menurut pantauan KompasTekno, pengguna hanya memmiliki satu opsi, yakni membagikan seluruh layar ketika melakukan panggilan video di ponsel/tablet. Jadi, seluruh aktivitas di layar pengguna bakal bisa dilihat oleh pengguna WhatsApp lainnya.

Opsi berbagi sebagian atau seluruh layar ini mirip seperti berbagi layar di Zoom.

Karena belum merata, sebagian pengguna masih belum bisa berbagi layar ketika melakukan panggilan video di WhatsApp.

Namun, sepengalaman kami, pengguna yang belum kebagian fitur screen sharing di WhatsApp tetap bisa melihat konten yang dibagikan via screen sharing video call WhatsApp.

https://tekno.kompas.com/read/2023/08/09/07491177/screen-sharing-resmi-hadir-di-whatsapp-video-call-wa-mirip-zoom-meeting

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke