Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Daftar HP dan Tablet Huawei yang Kebagian HarmonyOS 4

KOMPAS.com - Huawei resmi meluncurkan sistem operasi (OS) generasi terbaru, HarmonyOS 4 dalam gelaran Huawei Developer Conference awal bulan ini. OS ini hadir dengan sejumlah peningkatan dan perubahan desain visual.

Selain itu, perusahaan asal China tersebut juga menambahkan banyak opsi penyesuaian dan aneka fitur baru yang ditujukan untuk mempermudah aktivitas pengguna.

Sejauh ini HarmonyOS 4 baru tersedia dalam versi beta publik. Meski demikian, pengguna perangkat Huawei tertentu, termasuk ponsel dan tablet, sudah bisa mencoba OS terbaru itu.

Perusahaan juga sudah membagikan daftar perangkat yang kebagian HarmonyOS 4. Beberapa di antaranya yaitu Huawei P60 series, Mate X3, dan Nova 11 series. Berikut daftar lengkapnya.

Perlu diingat bahwa HarmonyOS 4 baru tersedia dalam versi beta. Biasanya, pembaruan versi ini memiliki bug atau masalah yang membuat pengalaman menavigasi ponsel terganggu karena sistemnya belum stabil.

Oleh karena itu, pengguna tidak dianjurkan menginstal HarmonyOS 4 bila tidak ingin menumpai kendala tersebut.

Nantinya, sistem operasi itu juga bakal dirilis dalam versi stabil. Namun sejauh ini Huawei belum merincci jadwal peluncuran HarmonyOS 4 versi stabil.

Selain daftar perangkat di atas, sejumlah perangkat Huawei juga bakal kebagian sistem operasi sgenerasi baru.

Beberapa di antaranya yaitu Huawei Mate 40E, Huawei Nova 9 hingga MatePad 11 inci 2023. Sayangnya perusahaan belum membagikan kapan tepatnya perangkat-perangkat itu bisa menjalankan HarmonyOS 4 versi beta.

Fitur baru Huawei HarmonyOS 4

Sejak 2021, HarmonyOS menjadi pengganti sistem operasi Android besutan Google yang tak bisa lagi dipakai Huawei karena larangan ekspor teknologi dari pemerintah Amerika Serikat.

Nah, kali ini, HarmonyOS 4.0 membawa beberapa fitur baru. Salah satunya fitur personalisasi untuk layar beranda (home screen).

Pengguna kini dimungkinkan untuk mengubah font sistem, warna, jam, dan gaya widget dengan berbagai kombinasi dan opsi penyesuaian. Pengguna juga dapat mengatur wallpaper dan home screen dengan emoji favorit mereka.

Huawei juga meluncurkan emoji dengan opsi animasi. Jadi, emoji menangis kini bisa bergerak-gerak, tidak statis seperti biasanya.

Selanjutnya, fitur cuaca juga diperbarui. Kini, pengguna bisa menampilkan prakiraan cuaca harian di layar kunci (lock screen). Layar kunci bisa menampilkan animasi cuaca seperti cerah, berangin, hingga, hujan.

Panel notifikasi di sisi atas layar juga diperbarui. Kini, OS Harmony generasi keempat ini memiliki fitur Live Window. Fitur ini memiliki bentuk dan cara kerja mirip Dynamic Island di iPhone 14 Pro series.

Live Window pada HarmonyOS 4.0 juga diwakilkan dengan ikon pil yang muncul di sisi kiri paling atas layar. Live Window akan muncul ketika ponsel notifikasi seperti panggilan telepon, pesan masuk, status pengantaran barang, dan lainnya.

Live Windows juga akan muncul bila pengguna menyalakan perekaman, timer, dan aplikasi lain yang mendukung.

Masih soal notifikasi, HarmonyOS 4.0 kini memungkinkan pengguna membagi notifikasi sesuai kategori yang diinginkan di panel notifikasi. Misalnya, kategori aplikasi perpesanan, aplikasi game dan lainnya.

Nantinya, pengguna akan melihat notifikasi yang sudah dikelompokkan berdasarkan kategori di bilah notifikasi. Huawei juga menambahkan lebih banyak opsi widget dengan berbagai ukuran yang dapat ditempatkan di home screen.

Pengguna kini juga bisa mentransfer banyak file, teks, dan gambar secara cepat antar-perangkat HarmonyOS yang didukung.

Selain fitur baru, HarmonyOS 4.0 juga membawa peningkatan software berkat Ark Engine versi baru. Sistem operasi terbaru Huawei ini diklaim menawarkan kinerja 20 persen lebih baik.

Dengan begitu, peluncuran aplikasi menjadi lebih cepat, tampilan animasi menjadi lebih mulus, serta konsumsi daya menjadi lebih sedikit.

https://tekno.kompas.com/read/2023/08/11/09000017/daftar-hp-dan-tablet-huawei-yang-kebagian-harmonyos-4

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke