Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Inilah Kartu Grafis GeForce RTX 4090 Pertama dengan 5 Kipas Pendingin

Bernama MaxSun RTX 4090 MegaGamer, kartu grafis tersebut dibekali tiga buah fan utama berdiameter 100 mm, masing-masing dengan 11 bilah yang diklaim meningkatkan tekanan udara dan kinerja pendinginan.

Dua kipas lainnya berukuran jauh lebih kecil dan terletak di sisi samping, sejajar dengan sirip-sirip logam dari heatsink. MaxSun tidak menjelaskan berapa ukuran dari dua kipas tambahan yang dinamai "Air Boost Fans" itu.

Tidak diketahui pula seberapa jauh dua kipas tambahan bisa membantu cooling. Tanpa fan ekstra pun udara panas memang keluar dari sisi samping karena dorongan kipas utama, ke arah side panel casing dengan asumsi kartu grafis dipasang horizontal.

Ada juga kemungkinan kipas tambahan bisa berkontribusi menambah noise karena fan berukuran kecil biasanya menghasilkan suara berfrekuensi lebih tinggi dari fan besar.

Selain "Air Boost Fans", keunikan lain dari MaxSun RTX 4090 MegaGamer adalah aksesori berupa layar LCD "MGG LED Ambient Kit" yang bisa ditempelkan ke sisi samping sehingga diapit oleh kedua kipas kecil.

Sebagaimana dihimpun KompasTekno dari Videocardz, Rabu (30/8/2023), layar LED yang terhubung ke konektor USB ini bisa dikustomisasi sehingga menghasilkan tampilan sesuai kehendak pengguna.

Spesifikasi dari MaxSun RTX 4090 MegaGamer Sendiri mirip kartu grafis lain dengan chip GPU yang sama, hanya saja diterapkan factory overclock sebesar 2,4 persen dengan boost clock hingga 2.580 MHz.

Masih belum ada informasi harga untuk MaxSun RTX 4090 MegaGamer. Sayangnya, mengingat MaxSun adalah pabrikan China, ada kemungkinan kartu grafis ini hanya ditujukan bagi pasar domestik Negeri Tirai Bambu saja.

https://tekno.kompas.com/read/2023/08/30/11300077/inilah-kartu-grafis-geforce-rtx-4090-pertama-dengan-5-kipas-pendingin

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke