Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Google Bikin "GenDino", Pengguna Bisa Rancang Game Dino Run Sendiri Pakai AI

Kompas.com - 24/05/2024, 19:01 WIB
Galuh Putri Riyanto,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pengguna peramban (browser) Google Chrome pasti sudah tidak asing dengan game "Dino Run". Permainan berkarakter dinosaurus ini muncul di Google Chrome ketika perangkat pengguna tak terhubung ke jaringan internet.

Game side-scrolling ini bisa dimainkan dengan menekan tombol spacebar di komputer atau mengetuk layar ponsel untuk membuat Tryannosaurus Rex (T-Rex) berjalan dan melompati kaktus di padang pasir.

Nah, kini, Google menghadirkan permainan Dino Run versi eksperimen dengan teknologi serba kecerasan buatan (artificial intelligence/AI) AI, lewat "GenDino".

Permainan eksperimental ini bisa dimainkan di browser Chrome desktop maupun seluler dalam waktu terbatas hingga 4 hari ke depan di URL labs.google/gendino.

Di GenDino, pengguna dapat membuat dan memainkan game AI bikinan sendiri dengan gaya ikonik yang sama seperti game Dino Run yang asli.

Baca juga: Bukan Cuma Dino Run, Ini Dia Daftar Game Tersembunyi Google dan Cara Mainnya

Game Dino Run yang asli memiliki karakter dinosaurus berjenis T-Rex yang harus berjalan dan melompati kaktus di padang pasir.

Nah dengan AI di GenDino, pengguna bisa memilih karakter, objek tantangan, dan latar permainan sesuai keinginannya. Pengguna tinggal mengisi tiga kolom yang disediakan di laman GenDino, setelah masuk (login) terlebih dahulu dengan email Google.

Kolom "A" menentukan karakter game. Contohnya, astronot, kupu-kupu, monyet, mobil, sepati, kipas angin, atau objek apapun yang diinginkan. Pengguna harus menuliskan dalam bahasa Inggris. Nantinya, AI akan otomatis membuat gambar karakter dari teks yang diinput pengguna.

Selanjutnya, ada kolom "Jumping" menentukan objek tantangan yang harus dilalui. Terakhir, ada kolom "Past" menentukan latar permainan. Pada dasarnya, pengguna bisa memasukkan kata apapun ke kolom.

Nanti, AI GenDino akan mewujudkannya dan hasilnya sangat akurat, seperti gambar di bawah. Pengguna bisa kembali men-generate karakter jika tidak sreg dengan mengeklik panah ke samping di masing-masing kolom.

Di GenDino, pengguna dapat membuat dan memainkan game AI bikinan sendiri dengan gaya ikonik yang sama seperti game Dino Run yang asli.Google Labs Di GenDino, pengguna dapat membuat dan memainkan game AI bikinan sendiri dengan gaya ikonik yang sama seperti game Dino Run yang asli.
Setelah selesai membuat game Dino Run versi sendiri, pengguna bisa mengeklik "Let's Run" untuk memulai permainan. Seperti game Dino Run asli, pengguna tinggal memencet space bar untuk memulai permainan dan untuk melompat melewati rintangan.

Setiap rintangan yang dilewati dihitung satu poin. Pengguna bisa mengubah karakter, objek rintangan, dan latar GenDino tanpa batas.

Baca juga: Jangan Asal Update Google Chrome, Saldo Tabungan Bisa Hilang

Andalkan AI Imagen 2

Google mengungkapkan, GenDino dibuat menggunakan Imagen 2 dan StyleDrop Google.

Imagen 2 adalah rangkaian teknologi difusi teks-ke-gambar canggih dari Google. Model AI generatif untuk mengubah teks menjadi gambar ini tersedia di Gemini, Search Generative Experience, dan eksperimen Google Labs, yang disebut ImageFX.

Sementara StyleDrop adalah teknik penyempurnaan yang diterapkan pada Imagen 2. Ini memungkinkan pengguna menghasilkan gambar dalam gaya apa pun hanya dengan menggunakan satu gambar referensi.

Google melatih model game Dino Offline asli di Chrome, dan kemudian dapat menghasilkan aset baru dengan gaya ini, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari laman FAQ Google Labs untuk GenDino, Jumat (24/5/2024).

Tak hanya itu, Google juga menggunakan AI generatif untuk membuat lagu tema GenDino, yakni menggunakan MusicFX. Teknologi eksperimental yang didukung MusicLM Google ini mampu mengubah teks-ke-musik dengan berdurasi hingga 70 detik dan musik berulang (loop).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com