Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengguna Bluesky Kini Bisa Kirim DM, Indonesia Sudah Kebagian

Kompas.com - 25/05/2024, 10:00 WIB
Lely Maulida,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Aplikasi Bluesky akhirnya dilengkapi fitur Direct Messages (DM) alias fitur pesan langsung. Seperti fitur DM di aplikasi media sosial pada umumnya, DM di Bluesky memungkinkan pengguna untuk berkirim pesan secara personal ke pengguna lain.

Kehadiran fitur ini juga diumumkan pihak Bluesky lewat blog perusahaan.

"Kini Anda bisa mengirim pesan langsung (DM) ke orang-orang di Bluesky! UCapkan salam ke teman, kolega atau orang yang Anda suka," demikian keterangan Bluesky mengumumkan fitur DM, dikutip KompasTekno dari blog resmi BlueSky, Sabtu (25/5/2024).

Fitur DM di Bluesky ditandai dengan ikon gelembung chat. Ikon ini tersedia di antara tab pencarian dan notifikasi. Sebelumnya, tab ini diisi oleh tab Feeds.

Baca juga: Menjajal Bluesky, Media Sosial Baru Mirip X Twitter yang Sudah Bisa Dicoba di Indonesia

Nah, sekarang untuk menjangkau Feeds, pengguna bisa mengklik tombol tiga garis di pojok kiri atas aplikasi.

Dengan menekan ikon chat, pengguna akan diarahkan ke tab DM. Di situ, tersedia ikon plus "+" untuk menambahkan atau mencari kontak yang ingin dikirimi pesan.

Fitur DM di aplikasi BlueskyKompas.com/Lely Maulida Fitur DM di aplikasi Bluesky

Platform mikroblog buatan pendiri X Twitter, Jack Dorsey, ini juga menyediakan pengaturan tentang siapa saja yang bisa berkirim pesan ke pengguna. Ada tiga opsi yang tersedia yaitu "Everyone (semua pengguna Bluesky)", "Users i follow (orang yang diikuti)", serta "No one (tidak siapa pun)".

Dengan memilih opsi "Everyone", artinya semua pengguna Bluesky mana pun bisa mengirimi Anda pesan. Opsi "Users i follow" hanya memungkinkan pengguna yang Anda ikuti saja yang bisa mengirim pesan.

Baca juga: Cara Bikin Akun Bluesky, Medsos Baru Mirip Twitter

Sementara opsi "No one" tidak mengizinkan pengguna Bluesky mana pun mengirimi Anda pesan. Adapun pengaturan defaultnya diatur ke opsi "Users i follow".

Menurut keterangan perusahaan, akun yang diblokir pengguna juga tidak akan bisa mengirim pesan.

Lewat fitur DM, Bluesky juga menyediakan opsi blokir. Jadi pengguna bisa memblokir pengguna lain bila menerima pesan yang tidak diinginkan.

Pengguna juga bisa melaporkan DM ke moderator Bluesky hingga pesan tersebut ditinjau oleh perusahaan, apakah melanggar kebijakan atau tidak. Bila ditemukan pelanggaran, pihak Bluesky akan memberikan sanksi, bisa berupa hilangnya hak ke fitur DM baik sementara atau permanen.

Pantauan KompasTekno, fitur DM juga sudah tersedia di Bluesky Android di Indonesia, versi 1.83.0.190. Fitur ini hadir lewat pembaruan yang digulirkan di toko aplikasi Google Play Store.

Untuk saat ini fitur DM di Bluesky hanya mendukung pesan teks saja. Meski begitu, perusahaan dengan logo kupu-kupu ini menyatakan berencana menambah dukungan gambar dan format media lainnya di waktu mendatang.

Fitur chat grup serta enkripsi end-to-end juga dicanangkan hadir di waktu mendatang, dilansir dari Phone Arena.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com