Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Ruginya Pengguna iPhone X dkk, Tak Bisa Pakai Fitur-fitur Keren iOS 17 Ini

Akan tetapi, tidak semua model iPhone mendapat iOS 17. Hanya iPhone keluaran 2018 hingga terbaru saja yang akan mendapat OS teranyar ini. Sementara model yang dirilis tahun 2017 dan sebelumnya, tidak akan kebagian iOS 17.

Beberapa model iPhone lawas yang tidak kebagian misalnya, iPhone X, iPhone 8 series, iPhone 7 series, dan masih banyak lagi. Berikut ini daftar lengkapnya:

Karena tidak mendukung iOS 17, deretan perangkat di atas juga tidak bisa menikmati fitur-fitur anyar yang ditawarkan sistem operasi tersebut.

Salah satunya adalah mode StandBy, yang memungkinkan layar iPhone tetap menyala untuk menampilkan konten sederhana, saat iPhone sedang terhubung dengan charger. Dengan demikian, layar iPhone tidak hanya akan menampilkan home screen biasa saja.

Bukan cuma itu, iPhone yang tidak kebagian iOS 17 juga tidak akan bisa menjajal fitur NameDrop. Fitur ini menjadi salah satu yang ditunggu-tunggu "Apple Fanboy" (julukan bagi penggemar produk Apple).

Masih ada beberapa fitur menarik yang tidak bisa digunakan pengguna iPhone X dkk lantaran tidak kebagian update iOS 17. Berikut daftarnya.

Seperti namanya, aplikasi ini nantinya akan menggunakan teknologi machine learning (ML) ponsel untuk memberikan beragam ide tulisan, supaya pengguna bisa mencatat kegiatan mereka sehari-hari di smartphone dengan mudah.

Menurut Apple, aplikasi ini bisa memberikan saran dari beberapa kegiatan yang berasal dari aneka aplikasi lainnya macam Photos, Contacts, Music, Podcasts, Workouts, dan masih banyak lagi.

Tampilan ini akan memenuhi seluruh layar (full screen), dan bisa menampilkan informasi dari beberapa widget, seperti Clocks, Photos, Weather, Home Controls, dan lain sebagainya.

Untuk kemudahan pengguna, Standby Mode juga mendukung fitur Live Activities dan input suara Siri.

3. Autocorrect lebih pintar

Fitur lain yang tidak bisa digunakan pengguna iPhone yang tak kebagian iOS 17 adalah kemampuan autocorrect di keyboard yang ditingkatkan. Pengguna iPhone kini bisa merevisi kata-kata yang keliru yang berasal dari fitur perbaikan kata otomatis alias autocorrect.

Dengan fitur ini, pengguna cukup mengeklik kata tersebut untuk menggunakan kata yang sebelumnya diperbaiki secara otomatis.

Dengan fitur ini, pengguna dapat mengirim Contact Poster yang dipersonalisasi dengan alamat e-mail dan nomor telepon yang dipilih, ke orang lain hanya dengan mendekatkan dua iPhone.

Sebelumnya, pengguna yang ingin mengirim kontak melalui AirDrop harus melalui cara yang panjang.

Bukan cuma di iPhone, NameDrop juga mendukung Apple Watch. Foto dan video juga dapat dibagikan dengan cara yang sama.

5. FaceTime Voicemail

Fitur berikutnya adalah FaceTime Voicemail. Fitur ini memungkinkan pengguna mengirimkan video singkat ke pengguna lainnya supaya panggilan video (video call) alias FaceTime mereka diangkat.

Apple turut memperbarui aplikasi iMessages yang kini mendukung fitur transkrip pesan suara, fitur pencarian pesan dan berbagi lokasi yang lebih pintar, fitur emoji yang kini diganti dengan sticker, dan lain sebagainya.

6. Live Voicemail

Pada aplikasi Phone, pengguna kini bisa memakai fitur Live Voicemail untuk melihat transkrip pesan suara yang baru mereka terima. Dengan begitu, pengguna bisa tahu apa isi pesan tersebut tanpa harus mendengarnya.

7. Bisa pakai peta offline

Dengan iOS 17, pengguna iPhone kini bisa mengunduh data peta di Apple Maps supaya bisa dipakai ketika tidak ada internet (offline). Sebelumnya, peta dan navigasi di Apple Maps hanya bisa dipakai secara online saja.

Untuk lebih mempermudah, pengguna sekarang dapat memberikan perintah Siri back-to-back tanpa harus mengucapkan "Siri" setiap kali ingin memberi input yang baru.

9. Assistive Access

Assistive Access di iOS 17 memungkinkan pengguna menerapkan sebuah tampilan antarmuka (UI) sederhana yang mudah dilihat oleh pengguna yang memiliki kesulitan untuk melihat dengan jelas.

Dengan fitur ini, tampilan antarmuka (UI) akan disederhanakan, dan ikon menu aplikasi utama seperti Music, Camera, Photos, dan lain sebagainya akan diperbesar.

10. Live Speech

Terakhir, iOS 17 memiliki fitur Live Speech, sebuah fitur baru yang bisa merespons panggilan yang masuk dengan pesan singkat yang berasal dari input suara, sebagaimana dikutip KompasTekno dari GSMArena, Selasa (19/9/2023).

Demikian beberapa fitur yang tidak akan bisa dicoba pengguna iPhone lawas, yang tidak kebagian iOS 17. Untuk bisa menikmati fitur-fitur di atas, satu-satunya cara adalah dengan meng-upgrade perangkat ke iPhone yang lebih baru dan mendukung iOS 17.

Daftar iPhone yang kebagian iOS 17 bisa disimak di artikel "Daftar iPhone yang Kebagian iOS 17, Tak Ada iPhone 8"

https://tekno.kompas.com/read/2023/09/19/12300037/ruginya-pengguna-iphone-x-dkk-tak-bisa-pakai-fitur-fitur-keren-ios-17-ini

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke