Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Review Kamera Oppo Reno 10 Pro Plus, Gampang Dapat Hasil Foto Bagus

KOMPAS.com - Kamera Oppo Reno 10 Pro Plus dibekali aneka fitur fotografi. Selama kurang lebih satu bulan, KompasTekno menjadikan ponsel ini sebagai perangkat harian (daily driver).

Kami menggunakan kamera Oppo Reno 10 Pro Plus untuk mengabadikan berbagai momen kegiatan sehari-hari.

Kesimpulan kami adalah, kamera Oppo Reno 10 Pro Plus punya banyak mode kreatif dan mudah digunakan. Hanya dengan mode otomatis di kamera utama saja, kita bisa menghasilkan foto-foto cantik di berbagai kondisi.

Selain itu, mode pemotretan di ponsel ini (selain mode otomatis atau normal) juga terbilang mudah digunakan sesuai dengan kebutuhan pemotretan.

Kemudahan ini boleh jadi disumbang dari kemampuan chip Marisillicon X, yang diklaim bisa memproses dan meningkatkan kualitas akhir foto dengan cepat dan bagus. Lantas, bagaimana hasil foto dari semua kamera Oppo Reno 10 Pro Plus?

Kamera utama 50 MP (f/1.8) di Oppo Reno 10 Pro Plus bisa dibilang mampu menghasilkan foto dengan detail yang cukup tajam, baik itu di kondisi siang maupun malam hari. 

Pada gambar di atas, misalnya, gedung-gedung yang ada di dalam foto masih bisa tampil dengan rapi dan tidak buram. 

Selain itu, berbagai tanaman yang ada di dalam foto juga tetap bisa dilihat dengan jelas dengan warna yang menyerupai aslinya. 

Kamera ponsel ini juga terbilang cukup mumpuni untuk memotret lingkungan di kondisi minim pencahayaan atau malam hari. 

Hasil foto mode ini ada di gambar di atas, di mana berbagai obyek yang ada di dalam foto, seperti kursi, meja, tanaman, dan berbagai bangunan terlihat tajam dengan warna yang tak berlebihan.

Terlebih, mode malam di kamera Oppo Reno 10 Pro Plus juga secara otomatis akan 

Beralih ke kamera periskop telefoto 64 MP (f/2.5) di Oppo Reno 10 Pro Plus, kamera ini tak sekadar menawarkan fungsi pemotretan jarak jauh saja, melainkan juga fungsi Portrait yang biasa ada di kamera utama. 

Dengan ini, ponsel bisa menghasilkan foto bokeh, atau foto dengan latar belakang buram, dengan hasil maksimal dari jarak yang lebih jauh dari kamera utama, seperti bisa dilihat pada gambar di atas yang menggunakan mode pembesaran 3x. 

Selain itu, tingkat buram di foto Portrait yang diambil menggunakan kamera telefoto Oppo Reno 10 Pro Plus juga bisa diubah sesuai keinginan setelah proses pemotretan melalui aplikasi galeri alias Photos.

Jadi, pengguna tak perlu repot melakukan pemotretan ulang apabila ingin mengubah tingkat keburaman latar belakang.

Adaoun tingkat keburaman hasil foto Portrait diwakili dengan pengaturan bukaan lensa f/1.4 hingga f/16, di mana semakin besar bukaan lensa, maka latar belakang akan semakin buram.

Pada gambar di atas, foto sebelah kiri menggunakan bukaan lensa f/1.4 dan mendekati hasil foto normal, sedangkan gambar sebelah kanan merupakan bukaan lensa maksimal f/16 yang tingkat keburamannya sudah ekstrem. 

Untuk kamera ultrawide 8 MP (f/2.2), kamera di Oppo Reno 10 Pro Plus, kamera ini bisa dibilang berjalan sesuai fungsinya. 

Pada gambar di atas, misalnya, foto kamera ultrawide yang ada di sebelah kiri bisa memuat obyek kerucut lalu lintas dan beberapa bagian dari suatu bangunan.

Padahal di foto kamera utama yang ada di sebelah kanan, obyek ini tak bisa dilihat dengan mata.

Kemudian untuk kamera selfie 32 MP (f/2.4), kamera ini juga bisa digunakan untuk berswafoto dengan mudah di berbagai kondisi dengan hasil yang cukup baik, dan kamera ini juga bisa dipakai untuk mode Portrait.

Contoh hasil foto kamera selfie Oppo Reno 10 Pro Plus bisa dilihat di gambar di atas. Pada gambar tersebut, kamera tampak mampu menampilkan obyek wajah manusia dengan cukup tajam, meski kondisi sekitar sedang gelap. 

Selain itu, sama dengan fitur Portrait yang dimiliki kamera periskop telefoto tadi, tingkat keburaman foto Portrait di kamera selfie juga bisa diatur dengan bebas melalui aplikasi galeri.

Pada gambar di atas, foto sebelah kiri adalah foto dengan bukaan lensa f/1.4, sedangkan gambar di sebelah kanan adalah dengan bukaan lensa f/16. 

Nah, dengan berbagai hasil foto ini, bisa disimpulkan bahwa seluruh kamera Oppo Reno 10 Pro Plus cukup bisa diandalkan di segala kondisi, baik itu siang maupun malam hari.

Sebab, ponsel ini memiliki beragam mode yang bisa digunakan sesuai dengan kebutuhan pengguna, mulai mode malam (Night Mode), mode ultrawide, telefoto, dan masih banyak lagi.

Kehadiran mode Portrait di kamera periskop telefoto juga bisa dibilang satu mode yang cukup unik. Mode ini memudahkan pengguna mengambil foto dengan latar belakang buram yang ciamik, namun dengan pengambilan jarak yang lebih jauh dari kamera utama. 

Perlu dicatat, segala foto yang dihasilkan ponsel ini membutuhkan tingkat kestabilan yang cukup supaya hasilnya bagus. 

Pasalnya, chip Marisillicon X akan bekerja untuk meningkatkan kualitas hasil foto, tepat  sesaat pengguna menekan tombol jepret alias shutter di aplikasi kamera.

Artinya, pastikan ponsel tetap dipegang dengan stabil setelah melakukan proses pemotretan. Jika tidak, maka hasil foto akan buram dan jelek. 

Penasaran bagaimana hasil foto dari seluruh kamera ponsel ini? Hasil foto kamera Oppo Reno 10 Pro Plus secara lengkap bisa dilihat dalam galeri foto di tautna berikut ini.

https://tekno.kompas.com/read/2023/09/20/19000047/review-kamera-oppo-reno-10-pro-plus-gampang-dapat-hasil-foto-bagus

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke