Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

ChatGPT Kini Bisa Browsing Internet secara Real-time

Dengan begitu, informasi yang disuguhkan ChatGPT akan dilengkapi tautan sumber informasi, agar pengguna bisa langsung menelusuri (browsing) untuk memastikan sumber informasi tersebut.

Kemampuan ini membuat ChatGPT seolah mirip dengan chatbot AI buatan Microsoft, yakni Bing yang terpasang di browser Edge, dan Google Bard di browser Chrome.

Keduanya juga bisa melakukan browsing secara real-time, serta informasi yang diberikan dilengkapi pula oleh tautan sumber.

Adapun OpenAI mendemonstrasikan cara penggunaan ChatGPT terbaru dalam postingnya di media sosial X (dahulu Twitter).

Pengguna yang sudah berlangganan bisa mengaktifkan fitur penelusuran ini dengan mengakses "profile & settings" > "beta features" > aktifkan "browse with bing" > pilih "browse with bing" di bawah GPT-4.

Setelah aktif, pengguna dapat menelusuri informasi secara real-time untuk berbagai kebutuhan, misalnya merencanakan liburan, mencari rekomendasi produk, dan lain sebagainya.

Pertanyaan ini dapat dituliskan dalam kolom "send a message" yang terletak di bagian bawah halaman chatbot. Kemudian, tekan tombol yang menyerupai pesawat kertas di kanan kolom tersebut, untuk mengirim pesan.

Nah, dalam demonstrasi yang diberikan OpenAI, kueri atau instruksi yang dimasukkan adalah seputar ulasan terbaru untuk sepeda Schwinn Discover. Begitu kueri dikirim, ChatGPT akan mencari informasi terlebih dahulu, kemudian menyampaikannya ke pengguna.

Informasi yang diberikan soal ulasan sepeda tadi dilengkapi dengan tautan, sehingga pengguna bisa langsung melakukan pengecekan fakta, atau membaca ulasan tersebut secara lebih lengkap.

Pengguna dapat pula menanyakan pertanyaan lanjutan dari jawaban yang diperoleh, misalnya rekomendasi sepeda yang mirip dengan Schwinn Discover.

Pernah dirilis sebelumnya

Sebelumnya, OpenAI pernah meluncurkan fitur penelusuran real-time untuk ChatGPT di platform iOS, tepatnya pada Juni 2023 lalu. Fitur ini hanya bisa digunakan untuk pelanggan paket ChatGPT Plus.

Penelusuran real-time ini pada akhirnya dihapus, setelah pengguna menemukan cara untuk mengakses situs atau artikel berbayar, tanpa berlangganan ke situs tersebut. Hal tersebut dilakukan dengan meminta ChatGPT untuk memberikan teks penuh dari sebuah tautan.

Setelah penghapusan ini, OpenAI mengizinkan pemilik situs untuk memblokir perayap web-nya (crawler), yang digunakan untuk mengumpulkan (scrape) informasi, guna melatih model kecerdasan buatan GPT, sebagaimana dikutip KompasTekno dari The Verge, Jumat (29/9/2023).

Bisa ditanya pakai suara dan gambar

ChatGPT kini juga bisa ditanyakan menggunakan perintah suara atau foto. Dengan kemampuan ini, pengguna seolah bisa "ngobrol" dengan ChatGPT. Pengguna bisa bertanya pada ChatGPT menggunakan suara, dan ChatGPT akan memberi jawaban.

Kemampuan ini dapat dilakukan karena ChatGPT mengadopsi model text-to-speech yang baru. Sebuah teknologi yang dapat menghasilkan audio layaknya manusia, hanya dengan teks dan beberapa detik dari sampel speech (ucapan).

Jenis suara yang tersedia terdiri dari lima jenis, yakni Juniper, Sky, Cover, Ember, dan Breeze. Setiap suara memiliki ciri khas, ada yang membacakan teks dengan nada datar, penuh intonasi, dan sebagainya.

Untuk perintah menggunakan foto, ChatGPT kini dapat mengenali elemen dalam gambar. Pengguna cukup memasukkan gambar dan mencantumkan pertanyaan yang ingin ditanyakan.

Misalnya, pengguna dapat mencantumkan foto sepeda dan bertanya kepada ChatGPT, bagaimana cara membuat jok sepeda tersebut agar lebih mudah.

ChatGPT nantinya memberikan instruksi cara melakukan hal tersebut, dan merekomendasikan alat apa yang bisa digunakan.

Fitur ini akan segera digelontorkan selama dua minggu ke depan untuk pelanggan ChatGPT Plus dan ChatGPT Enterprise. Fitur ini masih belum hadir di Indonesia.

https://tekno.kompas.com/read/2023/09/29/11050057/chatgpt-kini-bisa-browsing-internet-secara-real-time

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke