Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Ini Dia, HP Samsung yang Punya Fitur "Rahasia" Anti-Panas untuk Main Game Rata Kanan

Fitur ini hadir di semua lini Samsung Galaxy S23 series. Seperti namanya, fitur ini berguna untuk menunda pengisian daya ke dalam baterai. Pada prosesnya, arus daya dari konektor USB-C nantinya akan langsung dihantarkan ke komponen chipset, tidak melalui baterai.

Sehingga, proses pengisian baterai bisa dihindari (bypass) sehingga memperpanjang siklus atau daya tahan baterai. 

Dengan cara seperti ini, Samsung mengeklaim fitur Pause USB Power Delivery bisa mengurangi panas berlebih di Galaxy S23 Ultra, terutama ketika pengguna bermain game sambil mencolokkan kabel pengisi daya.

Nah, untuk menggunakan fitur ini, pengguna cukup pergi ke pengaturan Game Booster untuk mengaktifkan fitur Pause USB Power Delivery.

Samsung menyarankan pengguna mengaktifkan fitur ini ketika baterai lebih dari 20 persen, dan fitur ini hanya bisa aktif ketika ponsel mendeteksi bahwa perangkat tersebut diisi dayanya menggunakan charger dengan fitur USB Power Delivery (PD).

Selain Pause for USB Power Delivery, Samsung Galaxy S23 Ultra juga hadir dengan sistem pendingin berteknologi Vapor Chamber yang diklaim lebih besar dari generasi sebelumnya.

Secara teknis, sistem pendinginan Vapor Chamber di Galaxy S23 Ultra, Galaxy S23 Plus, Galaxy S23 reguler telah ditingkatkan masing-masing 2,1 kali, 2,7 kali, dan 1,3 kali lebih besar dibandingkan Galaxy S22 Series.

Menurut Samsung, peningkatan Vapor Chamber tersebut adalah jawaban atas keluhan pengguna yang menyebut ponsel (Galaxy S22 Series) kerap panas ketika dipakai bermain game.

Dengan Vapor Chamber yang lebih besar, Galaxy S23 Series tentunya akan lebih cepat mendinginkan atau meredam panas ponsel ketika perangkat dipakai untuk bermain game dalam waktu yang cukup lama.

Selain tidak panas, Samsung S23 Series juga merupakan ponsel yang bisa diandalkan untuk bermain game mobile. Sebab, seri ponsel ini sudah ditenagai dengan chipset Snapdragon 8 Gen 2 for Galaxy.

Embel-embel "for Galaxy" memungkinkan Samsung bisa mengotak-atik dan meningkatkan performa Snapdragon 8 Gen 2 "reguler" lebih lanjut.

Dibanding chipset Snapdragon 8 Gen 2 biasa, Snapdragon 8 Gen 2 for Galaxy membawa peningkatan kecepatan clock prosesor (CPU) dari 3,2 GHz ke 3,36 GHz.

Kemudian pada aspek pengolah grafis (GPU), Snapdragon 8 Gen 2 for Galaxy diklaim 45 persen lebih cepat dibanding Snapdragon 8 Gen 2 biasa. 

Lebih lanjut, peningkatan GPU pada Snapdragon 8 Gen 2 for Galaxy juga memungkinkan Galaxy S23 Series menampilkan kualitas visual dan grafis yang memanjakan mata, terutama ketika pengguna bermain mobile game.

Sebab, fitur efek pemantulan cahaya realistis (ray tracing) yang sudah ada di Snapdragon 8 Gen 2 dioptimasi lebih lanjut di Snapdragon 8 Gen 2 for Galaxy, sehingga fitur tersebut kini bisa menampilkan ray tracing secara realtime.

Dengan kata lain, Galaxy S23 Series bisa menampilkan visual game yang lebih hidup melalui berbagai teknologi game yang ada, seperti Unreal Engine 5 Metahumans Framework.

Lalu, GPU ponsel tersebut juga dapat memproses efek seperti efek pancaran cahaya (bloom), detail kualitas lingkungan (depth of field), dan efek sinematik (motion blur) lebih indah.

Artinya, Galaxy S23 Series lebih mumpuni untuk bermain game apabila dibandingkan dengan ponsel Snapdragon 8 Gen 2 lainnya.

Di samping performanya yang jempolan, ponsel ini juga sudah dibekali dengan berbagai fitur penunjang game, supaya kegiatan untuk melepas penat tersebut bisa memberikan pengalaman puas yang maksimal.

Beberapa di antaranya seperti layar Dynamic AMOLED 2X dengan refresh rate 120 Hz, HRD10+, dan tingkat kecerahan mencapai 1.750 nit, RAM LPDDR5X, media penyimpanan (storage) UFS 4.0, Game Booster untuk meningkatkan performa ponsel, dan masih banyak lagi.

https://tekno.kompas.com/read/2023/10/27/17030007/ini-dia-hp-samsung-yang-punya-fitur-rahasia-anti-panas-untuk-main-game-rata

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke