Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

OpenSignal: Telkomsel Opsel Terbaik untuk Main Game di Jaringan 5G

Isinya soal nama-nama operator seluler global yang memberikan pengalaman ketersediaan 5G terbaik, kecepatan unduh 5G terbaik, pengalaman game 5G terbaik, hingga pengalaman menonton video 5G terbaik secara global.

Laporan ini menggunakan data yang diambil dari 1 Januari hingga 29 Juni 2023. Nah, Telkomsel menjadi satu-satunya operator seluler asal Indonesia yang masuk dalam daftar tersebut.

OpenSignal menobatkan Telkomsel sebagai salah satu "5G Global Leader 2023" untuk kategori Pengalaman Game 5G di Grup 1.

Grup 1 terdiri dari operator di pasar dengan luas wilayah lebih dari 200.000 kilometer persegi, yang berisi lebih dari 50 operator seluler di negara Indonesia, Malaysia, China, Selandia Baru, Australia, India, Jerman, Norwegia, Finlandia, Swedia, Brazil, Italia, Amerika Serikat, Jepang, dan masih banyak lainnya.

Dari Indonesia, selain operator pelat merah Telkomsel, operator seluler yang masuk Grup I adalah Indosat dan XL.

Untuk "5G Global Leader" kategori Pengalaman Game 5G, Telkomsel berada di peringkat ketiga dengan skor pengalaman gaming 5G sebesar 87,6 poin pada skala 100-poin.

Peringkat pertama dan kedua dihuni oleh Celcom dan U Mobile. Kedua operator asal Malaysia itu mendapatkan skor sebesar 89,3 poin dan 88,3 poin.

Adapun pengalaman terbaik saat memainkan game mobile di jaringan 5G dirasakan oleh pelanggan operator seluler (opsel) Digi Malaysia dan SoftBank Jepang dengan skor masing-masing 90,2 persen dan 89,7 persen.

Untuk Grup II, predikat "5G Global Winner 2023" kategori 5G Games Experience diberikan kepada Singtel Singapura dengan skor 93,7 persen.

Lalu, StarHub Singapura, csl Hong Kong, dan M1 Singapura menjadi tiga operator teratas yang mendapatkan predikat 5G Global Leader Grup II.

Seluruh 5G Global Winner 2023 dan 5G Global Leader 2023 untuk kategori 5G Game Experience dalam Grup I dan II mencapai peringkat tertinggi, yakni Luar Biasa (excellent) dengan skor 85 poin atau lebih.

Artinya, mayoritas pengguna menganggap pengalaman bermain game di jaringan internet generasi kelima opsel dalam daftar ini dapat diterima. Hampir seluruh responden merasakan pengalaman bermain game yang cepat, hampir tanpa delay.

Pertama, pengalaman ketersediaan (availability) 5G terbaik, menilai jumlah waktu yang dihabiskan pengguna 5G di jaringan 5G. Semakin tinggi persentasenya, maka semakin banyak waktu pengguna di jaringan memiliki koneksi 5G aktif.

Kedua, ketegori kecepatan unduh (download speed) 5G terbaik, mengukur bagaimana pengalaman pengguna seluler secara real-time game mobile multiplayer di jaringan 5G milik operator dengan mepertimbangkan latensi, jitter, dan packet loss.

Ketiga, ketagori menonton video 5G terbaik. Ketegori ini mengukur kualitas video yang dialirkan ke perangkat seluler di jaringan 5G.

Skor kategori ini memperhitungkan streaming bitrate adaptif (ABR), sebuah teknologi yang memungkinkan Opensignal untuk secara akurat mewakili pengalaman mononton video secara real-time, termasuk streaming video hingga kualitas 4K.

Berikut daftar lengkapnya 5G Global Winner 2023 di empat kategori di atas berdasarkan laporan OpenSignal, sebagaimana dihimpun KompasTekno, Rabu (22/11/2023)

5G Availability
Grup I:

  • T-Mobile Amerika Serikat, skor 56,1 persen

Grup II:

  • T-Mobile Puerto Rico, skor 65,3 persen

5G Download Speed
Grup I:

  • Telenor Swedia, skor 421,7Mbps
  • Unifi Malaysia, skor 407,4 Mbps

Grup II:

  • SK Telecom Korea Selatan, skor 458,5 Mbps

5G Games Experience
Grup I:

  • Digi Malaysia, skor 90,2 poin
  • SoftBank Jepang, skor 89,7 poin

Grup II:

  • Singtel Singapura, skor 93,7 poin

5G Video Experience
Grup I:

  • Telenor Swedia, skor 78,6 poin
  • Tele Swedia, skor 78,6 poin

Grup II:

  • Telemach Slovenia, skor 78,5 poin
  • StarHub Singapura, skor 78,5 poin
  • Magenta Austria, skor 78,3 poin

Laporan OpenSignal bertajuk 5G Global Mobile Network Experience Awards 2023" bisa dibaca selengkapnya di tautan berikut ini.

https://tekno.kompas.com/read/2023/11/22/17450057/opensignal--telkomsel-opsel-terbaik-untuk-main-game-di-jaringan-5g

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke