Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Smartphone Terbaik 2023 dan Paling Layak Beli versi YouTuber MKBHD

Kini, daftar HP terbaik 2023 versi MKBHD sudah rilis lewat video YouTube berdurasi hampir 27 menit dengan tajuk "Smartphone Awards 2023!".

Dalam video tersebut, YouTuber dengan 18 juta subscriber ini menobatkan ponsel Google Pixel 8 sebagai Phone of the Year atau ponsel terbaik tahun 2023 ini.

Ini merupakan tahun kedua Google Pixel dinobatkan sebagai Phone of the Year secara berturut-turut. Tahun lalu, MKBHD memilih Google Pixel 7 sebagai ponsel terbaik versinya.

Selain itu, Marques Brownlee menobatkan Samsung Galaxy S23 Ultra sebagai ponsel bongsor terbaik, meneruskan tahta Galaxy S22 Ultra tahun lalu.

Kemudian, iPhone 15 Pro juga dianugerahkan predikat HP dengan kamera terbaik. Tahun 2022 lalu, predikat ini diberikan kepada iPhone 14 Pro.

MKBHD juga memilih Asus Zenfone 10 sebagai ponsel compact terbaik tahun 2023 ini. Predikat yang sama diberikan kepada Asus Zenfone 9 tahun lalu.

Di samping itu, Marques Brownlee juga merinci daftar smartphone terbaik untuk kategori ponsel lipat, baterai, hingga desain.

Selain ponsel terbaik, MKBHD juga mengungkap ponsel paling gagal tahun 2023 atau kategori Bust of the Year, yakni Saga Solana Cryptophone.

Berikut daftar 9 HP terbaik 2023 dan 1 HP paling gagal versi YouTube MKBHD:

  • Phone of the year (Ponsel terbaik) - Google Pixel 7
  • Best big smartphone (Ponsel bongsor terbaik) - Samsung Galaxy S23 Ultra
  • Best compact smartphone (Ponsel ringkas terbaik) - Asus ZenFone 10
  • Best camera phone (Ponsel dengan kamera terbaik) - iPhone 15 Pro
  • The Value Award (Ponsel paling worth it dibeli) - Samsung Galaxy A54
  • Battery Award (Ponsel dengan baterai terbaik) - iPhone 15 Plus
  • Best foldable phone (Ponsel lipat terbaik) - OnePlus Open
  • The Design Award (Ponsel dengan desain terbaik) - Honor Magic V2
  • Most Improved (Ponsel dengan spesifikasi paling meningkat) - Nothing Phone 2
  • Bust of the Year (Worst Phone/HP paling gagal) - Saga Solana Cryptophone

Sebagai perbandingan, berikut daftar HP terbaik 2022 dan HP paling gagal versi YouTube MKBHD:

Adapun juara dua Phone of the Year adalah Asus Zenfone 10 karena ringkas, kamera bagus, performa bagus, dan masa baterai yang lama.

MKBHD juga memberikan gelar kehormatan alias honorable mention di kategori Phone of the Year untuk iPhone 15 Pro, Samsung S23 Ultra, dan ponsel lipat OnePlus Open.

Samsung S23 Ultra, ponsel bongsor terbaik

Samsung Galaxy S23 Ultra terpilih sebagai Best Big Phone karena punya layar besar 6,8 inci yang dilengkapi dengan software multitasking yang dibutuhkan pengguna.

Tak hanya itu, Samsung S23 Ultra juga masa pakai baterai yang hebat, dan salah satu sistem kamera tercanggih, serta S Pen yang disertakan di bodi ponsel.

iPhone 15 Pro punya kamera terbaik

MKBHD melakukan blind test pada beberapa kamera smartphone. Hasilnya, menurut MKBHD, iPhone 15 Pro mampu mengambil foto dalam kondisi cahaya rendah terbaik.

Menurut Brownlee, ada kamera lain yang dapat menghasilkan foto lebih baik atau memiliki zoom lebih jauh.

"Namun tidak ada kamera smartphone lain yang secara konsisten memiliki kualitas tinggi dalam situasi foto dan video seperti iPhone andalan," kata MKBHD.

MKBHD juga memberikan honorable mention HP dengan kamera terbaik pada Samsung S23 Ultra.

iPhone 15 Plus punya baterai terbaik

Menurut MKBHD, iPhone 15 Plus punya baterai terbaik berkat pengoptimalan perangkat lunak, layar 60 Hz, dan baterai terbesar yang pernah ada di iPhone (4912mAh). Brownlee menggambarkan iPhone 15 Plus sebagai "ponsel (tahan) 2 hari yang sebenarnya. 

Saga Solana Cryptophone, HP paling gagal 2023

Brownlee mengatakan, Saga Solana Cryptophone sebenarnya memiliki build quality dan desain yang bagus. Namun, terbuang sia-sia karena kamera, layar, dan baterai yang "kureng" kalau kata anak zaman sekarang.

Saga Solana Cryptophone hadir dengan integrasi teknologi blockchain, yang dirancang khusus untuk meningkatkan pengalaman pengguna dan pengembang mata uang kripto. HP ini menggabungkan teknologi seluler dengan kemampuan blockchain Solana.

Selengkapnya, daftar HP terbaik 2023 bisa disimak melalui video atau lewat utas X/Twitter di bawah ini.

https://tekno.kompas.com/read/2023/12/22/09090097/smartphone-terbaik-2023-dan-paling-layak-beli-versi-youtuber-mkbhd

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke