Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

WhatsApp iOS Bisa Bikin Stiker Tanpa Keluar Aplikasi

KOMPAS.com - Pengguna kini bisa membuat stiker, langsung dari aplikasi WhatsApp. Dukungan ini diumumkan WhatsApp (WA) pada Kamis (11/1/2024) malam.

Fitur bikin stiker WhatsApp dari foto ini baru tersedia untuk pengguna iOS saja. Belum diketahui kapan WhatsApp menggulirkan fitur yang sama untuk Android.

Dengan dukungan itu, pengguna bisa membuat kreasi stiker WhatsApp sendiri sesuai preferensinya, tanpa perlu keluar dari aplikasi.

"Pengguna sudah bisa membuat, mengedit, dan membagikan stiker yang mereka desain sendiri di WhatsApp tanpa harus meninggalkan aplikasi," kata pihak WhatsApp dalam keterangan yang diterima KompasTekno.

Selain membuat stiker baru, pengguna juga bisa memodifikasi stiker yang sudah ada sebelumnya, sesuai keinginan. Misalnya, menambahkan item lain, membubuhkan teks dan lain sebagainya.

Dengan begitu, pengguna tidak lagi bergantung pada aplikasi pihak ketiga untuk membuat stiker WhatsApp.

Dukungan ini juga diklaim memangkas proses drag-and-drop gambar dari aplikasi galeri, karena gambarnya sudah terintegrasi dengan WhatsApp. Jadi, pengguna tidak perlu keluar masuk aplikasi.

Dalam praktiknya, aplikasi pesan instan ini menyediakan sejumlah alat dan fitur pembuatan stiker. Beberapa di antaranya yaitu pemotong gambar otomatis, teks, gambar, hingga opsi menimpa stiker di atas stiker lain.

Stiker yang dibuat pengguna juga bisa dibagikan langsung ke pengguna lainnya. Setelah terkirim, stiker baru itu akan secara otomatis masuk dalam daftar stiker. Jadi, pengguna bisa mengirimkannya lagi kapan pun.

Cara membuat stiker WhatsApp sendiri

Nah, bila Anda termasuk salah satu pengguna WhatsApp iOS, Anda bisa membuat stiker WA sendiri baik dari gambar baru atau sekadar memodifikasi stiker yang sudah ada. Berikut caranya.

Sekarang, fitur yang sama tersedia untuk pengguna iOS versi 17 ke atas secara bertahap. Pengguna iOS versi lawas hanya bisa memodifikasi stiker yang sudah ada, tanpa kemampuan membuat stiker baru.

https://tekno.kompas.com/read/2024/01/12/07420037/whatsapp-ios-bisa-bikin-stiker-tanpa-keluar-aplikasi

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke