Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Sony Perkenalkan Headset Mixed Reality Pesaing Apple Vision Pro

Perangkat hasil kolaborasi kedua perusahaan itu punya kapabilitas serupa Vision Pro, termasuk microdisplay OLED 4K yang diklaim berkualitas tinggi, fitur video see-through, serta 6 kamera dan berbagai sensor untuk spatial recognition.

Namun, audience yang disasar berbeda. Headset mixed reality dari Sony dan Siemens bukan dimaksudkan sebagai sarana entertainment konsumen umum, melainkan untuk profesional seperti engineer dan desainer produk dalam membuat kreasi lewat mixed reality.

Dengan melakukan prototyping atau merancang produk secara virtual di lingkungan mixed reality, prosesnya diklaim bisa lebih cepat dan hemat biaya.

Sesuai dengan kalangan pengguna yang disasarnya, headset XR bikinan Sony dan Siemens pun datang dengan dua fitur yang tak dimiliki oleh Apple Vision Pro.

Pertama, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari ZDNet, Jumat (12/1/2024), adalah fitur flip up yang memungkinkan bagian layar headset dibuka dengan cara ditekuk ke arah atas seperti visor helm.

Ini membuat pengguna bisa beralih antara dunia virtual dan nyata dengan cepat. Cocok untuk mereka yang sering bolak-balik antara layar komputer dan headset seperti para developer aplikasi VR.

Kedua, ada sepasang controller yang masing-masing berbentuk cincin dan pointer, untuk membantu pengguna berinteraksi dengan obyek-obyek virtual di lingkungan mixed reality, serta memanipulasinya dengan presisi.

Untuk sekarang, headset mixed reality dari Sony dan Siemens masih belum dinamai ataupun ditetapkan banderolnya. Namun, kedua perusahaan berencana merilisnya pada 2024.

https://tekno.kompas.com/read/2024/01/12/12020017/sony-perkenalkan-headset-mixed-reality-pesaing-apple-vision-pro

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke