Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

13 Cara Memperkuat Sinyal WiFi di HP Android dengan Mudah dan Praktis

KOMPAS.com - Cara memperkuat sinyal WiFi di HP Android merupakan salah satu tindakan yang kiranya perlu dikuasai oleh pengguna. Pasalnya, dalam kondisi tertentu, pengguna bakal perlu untuk melakukan tindakan tersebut.

Misalnya, ketika pengguna sedang ingin mengakses internet di HP Android menggunakan jaringan WiFi dari router, tetapi Akan tetapi, sinyal dari WiFi tersebut tidak memadai atau bahkan tidak muncul sama sekali di HP Android.

Alhasil, pengguna jadi kesulitan untuk mengakses internet di HP Android dengan koneksi WiFi dari router. Dalam kondisi seperti inilah, pengguna akhirnya butuh untuk melakukan cara memperkuat sinyal WiFi di HP Android.

Namun, sebelum mengetahui caranya, ada baiknya untuk memahami penyebab sinyal WiFi lemah di HP Android. Lantas, kenapa sinyal WiFi lemah di HP Android bisa terjadi? Untuk lebih lengkapnya, berikut adalah penyebab sinyal WiFi lemah di HP Android.

Penyebab sinyal WiFi lemah di HP Android

Ada beberapa penyebab sinyal WiFi lemah di HP Android. Adapun penyebab yang paling umum terjadi adalah posisi HP Android terlampau jauh dengan perangkat router, sehingga tidak dapat menangkap sinyal WiFi secara optimal.

Kemudian, penyebab sinyal WiFi lemah di HP adalah terdapat gangguan pada sistem HP. Selain itu, gangguan yang bisa menimbulkan sinyal WiFi lemah di HP Android juga bisa datang dari router yang digunakan.

Gangguan-gangguan itu pada dasarnya tersebut bisa diatasi secara mandiri jika terjadi masalah sinyal WiFi lemah di HP Android. Lantas, bagaimana cara agar sinyal WiFi kuat di HP Android?

Jika tertarik untuk mengetahuinya, silakan simak penjelasan di bawah ini mengenai cara memperkuat sinyal WiFi di HP Android.

Cara memperkuat sinyal WiFi di HP Android

Ada beberapa cara mempercepat WiFi yang bisa dilakukan pengguna untuk mengatasi koneksi internet yang lemot. Misalnya, pengguna bisa memindahkan router yang memancarkan koneksi WiFi ke tempat yang terjangkau semua perangkat.

Kemudian, pengguna juga bisa memilih channel WiFi yang kiranya tidak terlalu penuh, sehingga koneksi internet minim gangguan. Adapun penjelasan yang lebih lengkap mengenai beberapa cara mempercepat WiFi adalah sebagai berikut.

1. Posisikan router dengan benar

Posisi router di sebuah ruangan sangat penting diperhatikan. Misalnya, jika router ditempatkan di sudut rumah yang jauh dari jangkauan, kemungkinan besar, sinyal WiFi bakal tidak bisa ditangkap dengan baik di perangkat.

Oleh karena itu, supaya koneksi WiFi cepat, pengguna perlu memosisikan router dengan baik. Lokasi router yang ideal adalah sedekat mungkin dengan tempat di mana pengguna banyak beraktivitas dan berada di area terbuka.

Kemudian, router sebaiknya diletakkan pada area yang jauh dari perangkat elektronik lain dan minim penghalang. Pasalnya, semakin banyak penghalang seperti dinding atau pintu, semakin tinggi pula potensi sinyal WiFi terganggu.

Semakin banyak dinding, pintu, dan penghalang lain di dekat router Anda, semakin tinggi kemungkinan sesuatu mengganggu sinyal Anda. Sebaiknya, letakkan router di area yang tinggi, sehingga dapat memaksimalkan jangkauan sinyalnya.

2. Ubah posisi antena Router

Router dilengkapi dengan salah satu dari dua jenis antena, yakni antena internal atau eksternal. Jika router memiliki dua antena eksternal, coba posisikan antena tersebut satu mengarah secara vertikal dan yang lainnya diposisikan secara horizontal.

Dikutip dari Cnet, transmisi antara router dan perangkat lain akan maksimal ketika penerima dan pemancar beroperasi pada bidang yang sama.

3. Ganti password dengan komposisi yang kuat

Ketiga, cara memperkuat sinyal WiFi di HP Android adalah mengganti password dengan komposisi yang kuat. Pastikan jaringan WiFi telah dilindungi dengan kata sandi yang kuat untuk menghindari akses yang tidak sah, yang dapat memperlambat koneksi.

4. Jauhkan router dengan perangkat elektronik lain

Gelombang mikro yang dihasilkan perangkat elektronik seperti microwave dan speaker bluetooth dapat berpotensi menimbulkan gangguan pada sinyal WiFi.

Oleh karena itu, sebaiknya jauhkan router dengan perangkat elektronik agar sinyalnya bisa diterima dengan optimal pada HP Android.

5. Gunakan WiFi dengan frekuensi 5 GHz

Perangkat router saat ini memungkinkan pengguna memilih frekuensi operasi antara antara 2.4GHz dan 5GHz. Jika pengguna memiliki banyak barang elektronik di rumah, sinyal dari router dengan frekuensi 2,4 GHz bisa lebih mudah terganggu.

Untuk mengurangi gangguan tersebut, pengguna bisa mengatur frekuensi operasi router di 5 GHz. Pengaturan tersebut biasanya dapat dijumpai di masing-masing halaman administrator pengaturan router.

6. Pilih channel WiFi yang tidak ramai

Jika tinggal di lingkungan yang ramai seperti apartemen, perumahan, kos, dan menggunakan beberapa router untuk mengakses internet bersama, pengguna bisa memilih channel yang minim dipakai supaya tidak banyak mengalami gangguan sinyal.

Pengguna bisa menggunakan aplikasi penganalis jaringan WiFi, seperti aplikasi WiFi Analyzer di HP Android. Aplikasi itu dapat menganalisis sinyal WiFi terdekat dan melihat channel mana yang ramai digunakan.

7. Matikan koneksi WiFi pada perangkat yang tidak digunakan

Cara memperkuat sinyal WiFi yang berikutnya adalah dengan mematikan perangkat yang sedang tidak digunakan. Ini berguna agar bandwith tidak penuh. Semakin banyak perangkat yang terhubung ke router maka kecepatan internet di satu perangkat bakal menurun.

8. Gunakan WiFi repeater

Kedelapan, untuk memperkuat sinyal WiFi, pengguna bisa memakai perangkat tambahan WiFi Repeater. Untuk diketahui, perangkat WiFi repeater dapat membantu memperluas jangkauan sinyal WiFi, terutama di area yang sulit dijangkau oleh router.

9. Lupakan WiFi dan sambungkan kembali

Cara memperkuat sinyal WiFi di HP Android yang berikutnyaadalah dengan melupakan atau menghapus koneksi jaringan WiFi di HP yang tersimpan, lalu menyambungkannya kembali.

Untuk melupakan WiFi dan menyambungkan kembali di HP, caranya buka menu pengaturan jaringan WiFi di HP. Kemudian, pilih nama jaringan WiFi yang tidak bisa connect di HP. Lalu, pilih opsi yang bertajuk seperti ini “Forget this network” atau “Lupakan jaringan ini”.

Setelah itu, pengguna bisa mencoba untuk menyambungkan kembali HP dengan jaringan WiFi tersebut dengan memasukkan password yang sesuai.

10. Restart HP Android

Cara memperkuat sinyal WiFi di HP yang kesepuluh adalah dengan restart HP. Tindakan ini bisa menyegarkan kembali sistem HP yang mengalami gangguan, sehingga mungkin bisa menyebabkan masalah sinyal WiFi lemah di HP Android.

Untuk restart HP, caranya matikan HP dengan menekan tombol power dan tunggu beberapa saat. Setelah mati dalam beberapa waktu, pengguna bisa menekan tombol power untuk menghidupkan kembali HP.

11. Update software HP Android

Cara memperkuat sinyal WiFi di HP Android yang berikutnya adalah dengan update atau memperbarui sistem perangkat lunaknya (software). Update software biasanya bakal membawa sejumlah perbaikan, termasuk mungkin perbaikan pada masalah jaringan.

Oleh karena itu, jika tersedia versi software atau sistem operasi terbaru, pengguna bisa melakukan update untuk membantu mengatasi sinyal WiFi lemah di HP. Cara update software bisa dilakukan melalui menu pengaturan perangkat lunak di HP Android.

12. Restart router

Kedua belas, pengguna bisa mencoba untuk restart router. Caranya, matikan router dengan menekan tombol power, yang biasanya berada di bagian punggung perangkat. Setelah itu, tunggu beberapa saat, kurang lebih 30 detik, lalu nyalakan kembali.

Setelah lampu indikator perangkat nyala, tunggu beberapa saat, biasanya perlu waktu sekitar 1 menit hingga lampu DSL (digital subscriber line) berkedip dengan stabil, sebagai penanda koneksi internet telah masuk dan bisa dicoba untuk digunakan.

13. Upgrade router

Selanjutnya, pengguna bisa mencoba mengganti router dengan yang baru atau upgrade. Perangkat router yang sudah lama mungkin tidak mumpuni untuk menyalurkan koneksi internet dengan kecepatan tertentu. Oleh karena itu, pengguna perlu upgrade router.

Itulah beberapa cara memperkuat sinyal WiFi di HP Android dengan mudah dan praktis. Melalui beberapa cara di atas, pengguna dapat melakukan penanganan terhadap masalah sinyal WiFi lemot, sehingga bisa kembali internetan dengan lancar.

Selain dengan cara di atas, pengguna pada dasarnya juga dapat menghubungi masing-masing penyedia layanan internet (Internet Service Provider/ISP) untuk membantu mengatasi masalah sinyal WiFi lemah di HP Android.

https://tekno.kompas.com/read/2024/01/15/18150027/13-cara-memperkuat-sinyal-wifi-di-hp-android-dengan-mudah-dan-praktis

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke