Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Daftar Game Baru yang Diumumkan di PlayStation State of Play 2024, Ada "Death Stranding 2"

Pameran ini menampilkan sejumlah game konsol PlayStation 5 (PS5) dan PlayStation VR 2 (PS VR2) terbaru, seperti Silent Hill 2 dan Dragon's Dogma 2. State of Play juga membahas game Death Stranding 2: On the Beach, Stellar Blade, dan Rise of the Ronin secara lebih dalam.

Selengkapnya, simak daftar game yang diumumkan di PlayStation State of Play 2024 di artikel ini.

Dalam trailer berdurasi 9 menit 40 detik ini, pengguna bisa melihat kelanjutan petualangan dari karakter protagonis Sam Bridges dan Fragile.

Sam bakal bertemu dengan sejumlah karakter baru, misalnya seorang karakter tanpa nama yang diperankan oleh sutradara film Mad Max, George Miller. Ada pula boneka kecil yang bisa berbicara, yang diperankan oleh sutradara film Head-On, Fatih Akin.

Death Stranding 2: On the Beach dipastikan meluncur di konsol PS5 pada 2025.

2. Physint

Berikutnya, Kojima Hideo selaku pendiri Kojima Productions mengumumkan game baru bernama Physint. Ini menjadi game terbaru Kojima setelah OD dan Death Stranding 2: On the Beach.

Adapun game ini dideskripsikan sebagai game aksi spionase generasi baru yang akan "melampaui batasan" antara game dan film. Genre ini bukanlah sesuatu yang baru bagi Kojima, mengingat ia terlibat dalam pembuatan game Metal Gear.

Bicara soal film, Kojima Productions tampaknya juga bakal menggandeng perusahaan film Columbia Pictures.

Game yang dikembangkan oleh developer Korea Selatan ini menitikberatkan aspek pertempuran. Pengguna bakal menggunakan kombo serangan dan item untuk menghajar musuh. Pengguna juga banyak melakukan counter untuk menangkis serangan musuh.

Stellar Blade awalnya direncanakan untuk dirilis di PS5 pada 2023, tetapi diundur hingga 26 April 2024.

Trailer kali ini menempatkan fokus pada aspek combat, yang mana tokoh utama James Sunderland menggunakan berbagai senjata seperti pemukul bisbol dan pistol untuk menumpaskan berbagai monster di kota kecil Silent Hill.

Silent Hill 2 bakal meluncur di PS5 dan PC pada 2024.

5. Silent Hill: The Short Message

Selain remake dari Silent Hill 2, Konami juga mengumumkan game Silent Hill: The Short Message.

Ini menjadi salah satu proyek Silent Hill terbaru Konami selain Silent Hill 2 Remake, Silent Hill: Townfall, Silent Hill f, Silent Hill: Ascension, dan Return to Silent Hill.

Silent Hill: The Short Message merupakan game horor yang berkisah tentang karakter Anita, yang sedang menjelajahi tempat bernama The Villa.

Anita bakal banyak menggunakan ponselnya dalam bangunan ini, meski tidak dijelaskan apa kegunaan dari smartphone tersebut. Artinya, karakter di Silent Hill ini tidak menggunakan senjata seperti pistol.

Silent Hill terbaru ini sudah diluncurkan hari ini juga di konsol PS5. Pengguna bisa mengunduhnya secara gratis lewat tautan berikut ini.

6. Sonic x Shadow Generations

SEGA mengumumkan Sonic x Shadow Generations di PlayStation State of Play. Game ini merupakan versi baru (remaster) dari Sonic Generations yang pertama kali dirilis tahun 2011.

Perbedaannya, Sonic x Shadow Generations membawa visual yang lebih ciamik ketimbang versi lawasnya. Tak hanya itu, terdapat pula konten baru yang memungkinkan pengguna bermain sebagai rival Sonic the Hedgehog, yaitu Shadow the Hedgehog.

Shadow the Hedgehog bakal memiliki deretan misinya sendiri. Pengguna akan mengeksplorasi masa lalu Shadow the Hedgehog dan mempelajari motivasinya sebagai rival Sonic.

Sonic x Shadow Generations bakal meluncur pada musim gugur 2024 (kira-kira September 2024 hingga Desember 2024) di konsol PlayStation 4 (PS4) dan PS5.

Permainan Action Role Playing Game (ARPG) ini mengajak pengguna bermain sebagai Proxy, yakni karakter yang memimpin penjelajahan dimensi berbahaya Hollows. Hollows ini merupakan habitat monster bernama Ethereal.

Pengguna bisa menumpaskan monster ini dengan menggunakan karakter dari berbagai faksi. Faksi Gentle House (Cunning Hares) misalnya, mencakup karakter Nekomiya Mana, Billy Kid, Nicole Demara, dan Anby Demara. Setiap karakter punya gaya permainan yang berbeda.

Kedua tim tersebut mesti bertempur menggunakan busa (foam) sebagai senjata utama. Busa bisa dimanfaatkan untuk menyerang musuh, membuat permukaan licin untuk berselancar, membangun struktur yang bisa dinaiki, dan masih banyak lagi.

Foamstars bakal meluncur di PS4 dan PS5 pada 6 Februari 2024. Pelanggan layanan PlayStation Plus bisa mengeklaim dan memainkan permainan ini secara cuma-cuma.

9. Dave the Diver

Permainan Dave the Diver dikonfirmasi bakal menyambangi konsol PS4 dan PS5 pada April 2024.

Dalam game ini, gamer akan mengikuti kisah Dave, seorang penyelam yang bekerja pula sebagai karyawan restoran sushi. Pemain bertugas untuk memburu ikan di siang hari kemudian mengurus restorannya di malam hari.

Ketika menelusuri laut, Dave bisa menemukan monster raksasa yang bisa dilawan. Bicara soal monster raksasa, pengguna nantinya juga bisa bertemu monster Godzilla di laut. Konten tambahan Godzilla ini bakal meluncur pada Mei 2024.

10. V Rising

Developer Stunlock Studios mengumumkan bahwa game V Rising akan dirilis di PS5 pada 2024.

V Rising memungkinkan pemain berperan sebagai vampir yang lemah. Pengguna harus memburu darah manusia untuk meraih kekuatannya kembali, sambil menghindari sinar matahari yang bisa membunuhnya.

Seiring berjalannya waktu, pemain akan membangun kerajaan vampir sendiri dan mengubah manusia menjadi pelayan setianya.

11. Judas

Pembuat game BioShock Ken Levine dan studio Ghost Story Games memamerkan trailer terbaru dari permainan Judas.

Dari segi gameplay, permainan singleplayer ini mengadopsi mekanisme tembak-menembak dalam sudut pandang orang pertama (FPS).

Sebagai karakter bernama Judas, pengguna berusaha melarikan diri dari kapal luar angkasa yang hancur. Untuk bertahan hidup, pengguna diwajibkan untuk membuat atau menghancurkan aliasi dengan musuh terburuknya.

Judas akan meluncur di PS5, PC, dan Xbox Series X. Tidak diketahui kapan game ini akan dirilis.

12. Metro Awakening

Salah satu game virtual reality (VR) yang diumumkan di State of Play adalah Metro Awakening. Seperti namanya, game ini merupakan entri terbaru dari franchise horor Metro.

Game ini mengambil tempat di Moscow pada tahun 2028, tepatnya setelah bom nuklir dijatuhkan di Rusia.

Di sini, pengguna akan bermain sebagai dokter bernama Serdar yang mesti mencari istrinya. Ia harus memberikan obat-obatan agar istrinya bisa bertahan hidup.

Metro Awakening bakal dirilis di PS VR2 dan PC pada 2024.

13. Legendary Tales

Masih soal game PS VR2, Sony memamerkan permainan Legendary Tales yang akan diluncurkan pada 8 Februari 2024.

Dalam game ini, pengguna akan menelusuri gua (dungeon), melawan berbagai musuh seperti Skeleton, dan mengumpulkan loot. Gamer bisa memperkuat karakter menggunakan skill tree yang ekstensif, dan pemain juga dapat mempelajari ilmu sihir seperti es atau petir.

Tak hanya sendiri, game ini juga bisa dimainkan bersama tiga teman lainnya.

Dalam game RPG dengan sudut pandang orang ketiga (third person) ini, pengguna bermain sebagai Arisen, yakni orang terpilih yang harus membasmi naga besar yang mengancam dunia.

Perbedaan dari prekuelnya Dragon's Dogma: Dark Arisen (2012), game ini menghadirkan mekanisme gameplay baru, visual yang lebih memanjakan mata, dan eksplorasi dunia terbuka (open world) yang diklaim empat kali lebih luas.

Dragon's Dogma 2 dipastikan meluncur pada 22 Maret 2024 di PS5.

Pengguna bermain sebagai ronin (samurai berkelana yang tidak memiliki tuan) di Jepang, tepatnya saat peperangan Boshin terjadi antara Keshogunan Tokugawa dan faksi anti shogun, sebagaimana dikutip KompasTekno dari YouTube, Kamis (1/2/2024).

Gamer dapat berpartisipasi dalam perang itu menggunakan karakter yang sudah dirancang dengan pedang katana, senapan api, dan tombak. Permainan PS5 ini memiliki peta terbuka, sehingga pengguna diperbolehkan mengendarai kuda untuk menjelajahi Jepang.

16. Until Dawn Remastered

Game horor Until Dawn siap "come back" di konsol PS5 dan PC pada 2024.

Until Dawn Remastered masih membawa cerita yang sama seperti versi lawasnya. Pengguna bakal mengontrol sembilan karakter seperti Samantha Giddings, Joshua Washington, Michael Munroe, dan lain sebagainya.

Setiap karakter ini harus bertahan hidup di Blackwood Mountain hingga mereka mendapatkan pertolongan pada pagi hari. Keputusan pemainlah yang akan menentukan siapa yang bertahan hidup dan siapa yang akan mati.

Perbedaannya, Until Dawn Remastered disebut membawa visual yang lebih fantastis, berkat penggunaan mesin pengembang (game engine) Unreal Engine 5. Mekanisme gameplay juga dipoles, meski tidak dijelaskan seperti apa kebaruannya.

Selain ke-16 game di atas, Sony juga mengumumkan bahwa PlayStation State of Play akan kembali digelar pada 6 Februari 2024. Live stream itu bakal difokuskan untuk game Final Fantasy VII Rebirth, yang rencananya bakal dirilis pada 29 Februari 2024 di PS5.

https://tekno.kompas.com/read/2024/02/01/19000017/daftar-game-baru-yang-diumumkan-di-playstation-state-of-play-2024-ada-death

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke