Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Update Samsung Galaxy S24 Siap Disebar, Ketajaman Warna Layar Bisa Diatur

KOMPAS.com - Samsung akan menggulirkan pembaruan untuk pengguna Galaxy S24 series. Pembaruan ini membawa opsi untuk mengatur ketajaman warna layar ponsel flagship terbaru Samsung tersebut.

Rencana ini diumumkan oleh Samsung lewat situs web resminya. Menurut penjelasan Samsung, pembaruan itu tidak hanya meningkatkan pengalaman tampilan layar, tetapi juga fungsi kamera ponsel.

"Melalui pembaruan yang akan datang, kami bertujuan untuk memberikan opsi dan pengalaman yang lebih baik di seluruh tampilan perangkat dan kamera, yang dimungkinkan oleh integrasi hardware dan software tingkat lanjut," demikian keterangan Samsung di situs Samsung Newsroom, yang dikutip KompasTekno, Sabtu (17/2/2024).

Samsung juga bilang bahwa pengguna ponsel Galaxy memiliki preferensi yang berbeda dalam hal tampilan ponsel. Untuk itu, opsi yang hadir dalam pembaruan untuk Samsung S24 series akan dapat disesuaikan, sesuai dengan preferensi pengguna masing-masing.

Nantinya akan tersedia opsi pengatur ketajaman layar atau disebut Vividness, yang bisa digeser oleh pengguna. Opsi ini tersedia di dalam menu pengaturan layar ponsel.

Mengacu gambar yang dibagikan Samsung, ada dua tingkat ketajaman yang ditawarkan. Semakin digeser ke kanan, semakin tajam pula atau vivid tampilannya. Perbandingan ketajaman tampilannya juga terlihat dari gambar yang dibagikan Samsung seperti di bawah ini.

Adapun untuk kamera, Samsung akan meningkatkan fungsi zoom perangkat, mode Portrait, Nightography, perekaman video dari kamera belakang dan lain-lain. Namun Samsung tak begitu merinci peningkatan kamera Samsung S24 series dalam pembaruan ini lebih lanjut.

Rinciannya mungkin akan dibagikan saat pembaruan itu digulirkan Samsung ke pengguuna. Pembaruan itu sediri menurut Samsung bakal dirilis bertahap pada bulan Februari ini. Namun perusahaan asal Korea Selatan ini tidak merinci tanggalnya.

Pantauan KompasTekno, pembaruan itu juga belum tersedia untuk pengguna Samsung S24 series di Indonesia. Kita tunggu saja.

Layar Samsung S24 lebih terang

Samsung menghadirkan sejumlah peningkatan di Samsung S24 series, termasuk pada aspek tampilannya.

Samsung S24 reguler, Samsung S24 Plus, dan Samsung S24 Ultra kompak dibekali layar lebih terang dengan tingkat kecerahan puncak (peak brightness) 2.600 nits.

Angka tersebut naik drastis dari tahun lalu. Sebagai perbandingan, Galaxy S23 reguler memiliki tingkat kecerahan maksimul 1.200 nits, sedangkan Galaxy S23 Plus dan S23 Ultra mencapai 1.750 nits.

Tak hanya itu, layar trio Galaxy S24 series juga kompak sudah mendukung adaptif refresh rate 1-120 Hz. Dengan fitur ini, layar bisa menyesuaikan refresh rate secara otomatis sesuai jenis konten/aktivitas di layar.

Samsung mengatakan, layar ponsel ini membawa visibilitas yang lebih baik di luar ruangan dengan Vision Booster.

Khusus Samsung S24 Ultra, Samsung juga melapisi layar ponsel ini dengan kaca pelindung Corning Gorilla Armor.

Samsung menyebut, Gorilla Armor mampu mengurangi refleksi layar Samsung S24 Ultra hingga 75 persen dalam berbagai kondisi pencahayaan.

Gorilla Armor di Galaxy S24 Ultra juga disebut membuat layar ponsel ini memiliki daya tahan gores 4 kali lipat lebih kuat dibandingkan layar S23 Ultra.

Adapun spesifikasi lengkap Samsung S23 series di Indonesia bisa dilihat pada tautan berikut ini:

  • Spesifikasi dan harga Samsung Galaxy S24 reguler
  • Spesifikasi dan harga Samsung Galaxy S24 Plus
  • Spesifikasi dan harga Samsung Galaxy S24 Ultra

https://tekno.kompas.com/read/2024/02/17/19000037/update-samsung-galaxy-s24-siap-disebar-ketajaman-warna-layar-bisa-diatur

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke