Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Siap-siap, Game "Call of Duty: Warzone Mobile" Meluncur Global 21 Maret

COD Warzone Mobile awalnya direncanakan dirilis pada musim gugur 2023, yaitu sekitar September 2023 hingga Desember 2023. Namun, peluncuran tersebut ditunda hingga 2024 karena Activision ingin memoles kualitas dari game terbarunya itu.

Adapun Call of Duty: Warzone Mobile merupakan game battle royale yang dikembangkan oleh Solid State Studios, Digital Legends, Beenox, Activision Shanghai, dan Demonware.

Berbeda dari Call of Duty: Mobile (CODM) yang sudah dirilis di pasaran, Call of Duty: Warzone Mobile lebih memfokuskan pada aspek battle royale ketimbang mode multiplayer 5v5.

Battle royale adalah sistem permainan yang mana puluhan atau ratusan pemain bersaing dalam satu peta (map), hingga nantinya hanya tersisa satu pemain yang bertahan hidup.

Pemain harus menelusuri peta yang luas, mengeliminasi musuh, serta mengumpulkan sumber daya, dalam game yang berdurasi belasan hingga puluhan menit.

Selain itu, Call of Duty: Warzone Mobile diterbitkan langsung secara global oleh Activision, sementaraCall of Duty: Mobile (CODM) di wilayah Asia Tenggara diterbitkan oleh Garena.

Pada peluncurannya, Call of Duty: Warzone Mobile menghadirkan dua peta battle royale yang bisa dinikmati pemain, yakni Verdansk dan Rebirth Island. Kedua peta ini diambil dari Call of Duty: Warzone pertama yang dirilis di platform PC dan konsol.

Verdansk mendukung battle royale hingga 120 pemain, sedangkan Rebirth Island diramaikan 48 pemain. Sebagai perbandingan, battle royale di CODM mendukung maksimum 100 pemain.

Walaupun Warzone Mobile menempatkan perhatiannya pada battle royale, mode multiplayer lainnya juga tetap bisa dimainkan. Berbagai peta juga tersedia di mode itu seperti Shipment dan Shoot House.

Progres level senjata yang tersimpan ini bisa dibilang penting, karena menaikkan level senjata merupakan cara pengguna untuk membuka akses terhadap skin senjata (camos) dan alat pelengkap (attachments).

Tak hanya itu, pengguna bisa mentransfer konten yang diperoleh di Call of Duty: Modern Warfare III dan Call of Duty: Warzone ke versi mobile. Caranya, cukup masuk (login) game dengan memanfaatkan Activision ID milik pengguna.

Ini disebut menjadi pertama kalinya pemain dari seluruh franchise Call of Duty dipersatukan seperti ini.

Selain progres lintas platform, Call of Duty: Warzone Mobile juga mendukung daftar teman (friend list) lintas platform, proximity chat untuk berbicara dengan musuh, dan death chat untuk mendengar kata-kata musuh sebelum tereliminasi.

Soal kontrol, permainan ini bakal mendukung controller. Setiap kontrol juga bisa diatur sedemikian rupa, misalnya memperbesar joystick virtual hingga beberapa milimeter, atau memindahkan tombol lompat sedikit ke bagian kiri atau kanan.

Visual permainan dapat dikustomisasi, baik untuk memprioritaskan performa, kualitas visual, maupun opsi balanced yang menyeimbangkan kedua aspek itu.

Buka praregistrasi

Activision mengumumkan bahwa sebanyak 50 juta pemain sudah melakukan praregistrasi untuk bermain Call of Duty: Warzone Mobile. Penerbit game itu pun mengajak pemain yang belum melakukan praregistrasi untuk melakukan hal itu lewat tautan berikut ini.

Nantinya, pemain yang melakukan praregistrasi berhak mendapatkan sejumlah hadiah ingame. Berikut ini daftarnya, sebagaimana dikutip KompasTekno dari situs resmi Call of Duty, Senin (4/3/2024):

  • The Ghost “Condemned” Operator Skin
  • The M4 “Archfiend” and X12 “Prince of Hell” Weapon Blueprints
  • The “Foe's Flame” Vinyl
  • The “Dark Familiar” Emblem

Jadi pengganti Call of Duty Mobile?

Call of Duty Mobile awalnya dikabarkan akan dihentikan secara bertahap, setelah Call of Duty: Warzone Mobile diluncurkan.

Hal ini terungkap dalam dokumen Microsoft, yang merupakan bagian dari syarat proses akuisisi Microsoft terhadap Activision, yang rampung pada Oktober 2023.

Dalam dokumen tersebut, Microsoft menyatakan bahwa Call of Duty Mobile akan masuk dalam tahap penghentian di luar China, setelah Call of Duty: Warzone Mobile meluncur.

Kendati begitu, akun resmi Call of Duty Mobile di media sosial X (dahulu Twitter) memastikan bahwa layanan permainan ini tidak akan diberhentikan.

Sebaliknya, pihak developer akan memperkenalkan konten baru, event, dan pembaruan lainnya dalam waktu yang panjang.

https://tekno.kompas.com/read/2024/03/04/11030027/siap-siap-game-call-of-duty--warzone-mobile-meluncur-global-21-maret

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke