Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Trik Bikin Video dan Audio "Fancam" Ciamik dengan Samsung Galaxy S24 Ultra

Nah, kini, KompasTekno membawa Samsung S24 Ultra untuk merekam konser Ed Sheeran di Jakarta Internasional Stadium (JIS). JIS berkapasitas 82.000 orang ini merupakan stadion beratap penuh terbesar di Asia Pasifik.

Ketika merekam konser konser tunggal Ed Sheeran bertajuk "+–=÷x Tour Tour" (dibaca: Mathematics Tour) pada awal Maret lalu, Samsung S24 Ultra berhasil mengabadikan fancam yang bagus, HD, tajam, dan stabil.

Selain kamera, kami juga terkesan dengan fitur zoom-in mic di Galaxy S24 Ultra. Ketika kamera melakukan zoom-in (3x, 5x, 10x, dst), zoom-in mic akan membuat mikrofon menangkap suara lebih dekat ke sumbernya. Ini membuat audio/suara penyanyi, musik, dan riuh penonton, semakin kencang.

Berikut kompilasi fancam konser Ed Sheeran di Jakarta. Seluruh video dan audio merupakan hasil rekaman asli dari Samsung S24 Ultra.

Rekam 4K 30 fps

Pertama, rekam fancam dengan resolusi tinggi, yakni UHD (4K) 30 fps. Dengan ini, kami bisa merekam video dengan kualitas lebih tajam dan HD.

Perekaman dengan resolusi tinggi ini bakal menyita lebih banyak memori karena ukuran file-nya yang besar. Samsung S24 Ultra memiliki kapasitas RAM dan storage yang cukup besar, sehingga masih aman digunakan untuk merekam konser yang berlangsung sekitar 2 jam itu.

Pada beberapa kesempatan kami juga merekam dengan fitur "Pro Video". Fitur ini memungkinkan mengatur perekaman video manual lewat fitur Pro-Video. Pengguna bisa menyetel ISO, shutter speed, EV, white balance secara manual.

Saat konser Ed Sheeran, kami duduk di tribun kategori Orange B yang jaraknya cukup jauh ke panggung. Jadi, kami sangat mengandalkan zoom untuk merekam Ed Sheeran dengan lebih dekat.

Kami menggunakan kamera 200 MP untuk merekam suasana panggung secara keseluruhan. Lalu, kami menggunakan kamera telefoto 10 MP dengan zoom optis 3x dan kamera telefoto 50 MP dengan zoom optis 5x untuk merekam penampilan Ed Sheeran di atas panggung 360 derakat itu.

Kami juga mengandalkan zoom digital 10x untuk mengabadikan ekspresi Ed Sheeran lebih dekat. Walau duduk di tribun, fancam kami bisa menangkap ekspresi sumringah, keringetan, dan rambut lepeknya Ed Sheeran.

Kamera telefoto 50 MP dengan zoom optis 5x ini terbilang istimewa karena membawa peningkatan di aspek piksel yang 1,6 kali lebih besar, ditambah dengan Telephoto OIS yang lebih lebar dibandingkan Samsung S23 Ultra. Hal ini membuat pengambilan gambar zoom menjadi lebih cerah dan stabil.

Kamera 50 MP zoom optis 5x tersebut menggantikan kamera telefoto 10 MP zoom optis 10x (f/4.9) yang sebelumnya rutin hadir di Galaxy S23 Ultra, S22 Ultra, dan S21 Ultra.

Kini, Samsung S24 Ultra dibekali zoom 10x dalam bentuk zoom digital. Meski angka zoom natif turun, menurut kami, ada satu kelebihan yang dibawa zoom digital 10x di Galaxy S24 Ultra, yakni kameranya kini menjadi lebih terang dan tetap tajam.

Hal itu dimungkinkan karena zoom 10x Samsung S24 Ultra kini merupakan hasil crop dari kamera telefoto 50 MP zoom optis 5x (f/3.4) yang baru. Jadi, bukaan kamera untuk zoom 10x sama besar dengan zoom 5x, sehingga menghasilkan gambar yang sama terang dan tajamnya, seperti gambar di bawah.

Pixel Sensor untuk memungkinkan kualitas optical zoom di berbagai level zoom, dari 2x, 3x, 5x, hingga 10x. Samsung mengatakan, foto akan tetap jernih di level pembesaran 100x berkat peningkatan digital zoom.

Hal ini berbeda dengan Samsung S23 Ultra tahun lalu. Ketika kami berpindah zoom optis dari 3x ke 10x, kamera akan terlihat menjadi lebih gelap.

Ini karena bukaan kamera telefoto 10 MP zoom optis 10x hanya memiliki bukaan lensa (aperture) f/4.9, sedangkan bukaan lensa kamera telefoto 10 MP zoom optis 3x sebesar f/2.4. Jadi, perbedaan cahaya yang masuk ke lensa terlihat cukup jomplang.

Pada dasarnya, kamera Samsung S24 Ultra ini sudah terang dari setelan pabriknya. Ketika panggung menampilkan efek lighting atau background, kamera Samsung Galaxy S24 Ultra bisa menjadi terlalu terang alias over exposure.

Jadi, mengunci fokus dan menurunkan exposure ini menjadi trik andalan kami untuk merekam fancam yang HD dan tajam.

Caranya mudah. Pertama kami memencet tombol shutter untuk mulai merekam. Kemudian, kami menekan objek video di layar hingga muncul ikon layar gembok. Artinya, fokus sudah terkunci. Fungsi kunci fokus adalah agar kamera selalu fokus pada obyek yang sedang direkam, sekalipun obyek itu bergerak.

Untuk menurunkan exposure, kami tinggal klik subjek di layar. Nanti muncul ikon matahari. Nah, geser ikon matahari ke arah kiri untuk menurunkan exposure.

Dengan hasil foto-foto dan video yang epic seperti ini, Samsung Galaxy S24 Ultra fix jadi rajanya HP konser 2024, bikin HP lain ketar-ketir.

https://tekno.kompas.com/read/2024/03/11/19010057/trik-bikin-video-dan-audio-fancam-ciamik-dengan-samsung-galaxy-s24-ultra

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke