Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

10 Cara Mengatasi Kode MMI Tidak Valid di HP untuk Semua Operator, Mudah

KOMPAS.com - Pengguna kiranya penting untuk mengetahui cara mengatasi kode MMI tidak valid di HP (handphone). Perlu diketahui, kode MMI atau Man Machine Interface merupakan serangkaian angka atau kode untuk mengakses layanan tertentu di HP.

Kode MMI dapat diakses melalui menu panggilan atau dial up di HP. Kode MMI biasanya dibutuhkan ketika pengguna hendak mengakses beberapa layanan dari operator seluler yang dipakai di HP, seperti layanan cek sisa pulsa, cek kuota, atau cek paket internet.

Selain itu, kode MMI juga berfungsi untuk mengakses beberapa informasi dasar di HP seperti nomor IMEI. Kode MMI mempermudah pengguna untuk mengakses layanan operator seluler dan informasi dasar di HP.

Dalam kondisi normal, saat pengguna memasukkan kode MMI di menu panggilan, layanan dan informasi yang diminta bakal langsung muncul di layar HP. Namun, ada pula kondisi yang membuat layanan itu tidak dapat muncul setelah memasukkan kode MMI di HP.

Pengguna bisa saja malah menjumpai masalah kode MMI tidak valid dengan terdapat pesan seperti ini “Connection problem or invalid MMI code” atau “Masalah sambungan atau kode MMI tidak valid”.

Saat pesan “Masalah sambungan atau kode MMI tidak valid”, pengguna tak akan bisa mengakses layanan operator seluler melalui menu panggilan. Lantaran jadi tak bisa mengakses layanan, masalah kode MMI tidak valid mungkin bakal merepotkan pengguna.

Akan tetapi, pengguna tak perlu bingung dan panik ketika mengalami masalah kode MMI tidak valid dengan muncul pesan “Masalah sambungan atau kode MMI tidak valid”. Ada beberapa cara mengatasinya yang bisa dilakukan.

Lantas, bagaimana cara mengatasi kode MMI tidak valid di HP untuk semua operator, baik Telkomsel, XL, Indosat, maupun yang lainnya? Jika tertarik untuk mengetahuinya, silakan simak penjelasan di bawah ini soal cara mengatasi kode MMI tidak valid.

Penyebab kode MMI tidak valid

Sebelum mengetahui cara mengatasinya, ada baiknya pengguna memahami dulu penyebab kode MMI tidak valid. Lantas, mengapa terjadi masalah sambungan atau kode MMI tidak valid? Ada beberapa penyebab yang memungkinkan masalah ini terjadi.

Pertama, penyebab kode MMI tidak valid bisa ditimbulkan karena terdapat masalah pada jaringan seluler di HP. Untuk mengakses layanan operator seluler lewat kode USSD atau kode UMB di menu panggilan, jaringan seluler pengguna harus dalam kondisi yang memadai.

Kemudian, penyebab kode MMI tidak valid juga bisa ditimbulkan karena terdapat gangguan atau bug pada sistem perangkat lunak di HP. Selain itu, masalah ini juga bisa disebabkan karena terdapat kesalahan pengaturan jaringan di HP.

Penyebab kode MMI tidak valid yang lainnya bisa dikarenakan gangguan yang terjadi pada operator seluler. Itulah beberapa penyebab kode MMI tidak valid di HP untuk semua operator. Untuk mengatasi masalah kode MMI tidak valid, berikut adalah caranya.

Cara mengatasi kode MMI tidak valid

Cara mengatasi kode MMI tidak valid di HP untuk semua operator itu sejatinya cukup mudah. Ada banyak pilihan cara yang bisa dilakukan pengguna untuk mengatasi masalah ini. Misalnya, pengguna perlu memastikan jaringan seluler di HP telah aktif.

Kemudian, pengguna juga bisa memastikan jaringan seluler memiliki sinyal yang memadai. Berikutnya, pengguna dapat memeriksa apakah sudah benar memasukkan kode MMI. Selain itu, masih terdapat banyak lagi cara yang bisa dilakukan.

Adapun penjelasan yang lebih detail soal cara mengatasi kode MMI tidak valid di HP untuk semua operator adalah sebagai berikut.

1. Pastikan jaringan seluler aktif

Cara mengatasi kode MMI tidak valid yang pertama adalah dengan memastikan jaringan seluler di HP telah aktif. Pasalnya, jika jaringan seluler tidak aktif, pengguna tak akan bisa mengakses layanan operator seluler melalui kode USSD di HP.

2. Pastikan sinyal jaringan seluler memadai

Selain jaringan selulernya aktif, pengguna juga perlu memastikan sinyalnya memadai. Jika sinyal jaringan seluler yang digunakan di HP tidak memadai atau buruk, pengguna tak akan bisa mengakses kode MMI.

3. Periksa kode MMI

Cara mengatasi kode MMI tidak valid yang ketiga adalah dengan memeriksa kode MMI yang dimasukkan sudah benar atau belum. Misalnya, untuk cek pulsa operator XL, pengguna harus memasukkan kode USSD *808#.

Pengguna perlu memperhatikan komposisi kode agar layanan operator seluler yang diminta dapat ditampilkan di layar HP. Jika komposisinya salah, layanan operator seluler tidak akan muncul dan malah menampilkan pesan “masalah sambungan atau kode MMI tidak valid”.

4. Restart HP

Cara mengatasi kode MMI tidak valid yang berikutnya adalah dengan melakukan restart HP. Tindakan ini bisa menyegarkan kembali sistem HP yang mengalami gangguan, yang mungkin bisa menyebabkan masalah kode MMI tidak valid.

Untuk restart HP, caranya matikan HP dengan menekan tombol power dan tunggu beberapa saat. Setelah mati dalam beberapa waktu, pengguna bisa menekan tombol power untuk menghidupkan HP kembali.

5. Aktifkan dan nonaktifkan mode pesawat

Cara yang kelima adalah dengan mengaktifkan dan menonaktifkan mode pesawat. Saat aktif, mode pesawat bakal mematikan jaringan seluler di HP. Setelah diaktifkan, pengguna bisa menonaktifkan mode pesawat untuk memuat kembali jaringan seluler di HP.

Tindakan mengaktifkan dan menonaktifkan mode pesawat berguna untuk menyegarkan sistem jaringan seluler di HP, yang mungkin mengalami gangguan, sehingga tidak dapat mengakses kode MMI.

6. Nonaktifkan dan aktifkan kartu SIM

Cara mengatasi kode MMI tidak valid yang keenam adalah dengan menonaktifkan dan mengaktifkan kartu SIM. Cara ini juga dapat berguna untuk menyegarkan kembali sistem jaringan seluler di HP, yang mungkin telah mengalami gangguan.

Untuk menonaktifkan kartu SIM, pengguna bisa membuka menu pengaturan jaringan di HP. Kemudian, pilih menu bertajuk seperti ini “SIM Manager”. Setelah itu, pilih kartu SIM untuk dinonaktifkan. Setelah mati untuk beberapa saat, pengguna bisa mengaktifkannya lagi.

7. Ubah tipe jaringan seluler

Cara mengatasi kode MMI tidak valid berikutnya adalah dengan mencoba mengubah tipe jaringan seluler di HP, misalnya dari jaringan seluler 4G ke 3G. Cara ini berguna ketika sinyal jaringan yang lebih tinggi ternyata kurang memadai untuk mengakses kode MMI.

Alhasil, pengguna perlu mengubahnya ke tipe jaringan yang memiliki sinyal lebih memadai. Untuk mengubah tipe jaringan seluler, pengguna bisa mengakses menu pengaturan jaringan seluler di HP.

8. Reset pengaturan jaringan

Kedelapan, cara mengatasi kode MMI tidak valid adalah dengan melakukan reset pengaturan jaringan di HP. Tindakan ini menyegarkan kembali sistem jaringan di HP yang mengalami gangguan, sehingga mungkin membuat kode MMI tidak dapat diakses.

Untuk melakukan reset pengaturan jaringan, caranya bisa berbeda-beda di tiap HP. Jika di iPhone, caranya buka menu pengaturan. Lalu, pilih menu “General” dan klik opsi “Transfer or Reset iPhone”. Setelah itu, pilih opsi “Reset” dan klik “Reset Network Setting”.

Setelah melakukan reset, semua sistem jaringan di iPhone termasuk jaringan selulernya bakal diatur ulang seperti kembali ke setelan awal pabrik.

9. Update sistem operasi HP

Cara mengatasi kode MMI tidak valid yang kesembilan adalah update sistem operasi HP. Update sistem operasi biasanya bakal membawa sejumlah perbaikan, termasuk mungkin perbaikan pada masalah jaringan yang mungkin membuat kode MMI tidak bisa diakses.

Oleh karena itu, jika tersedia versi sistem operasi terbaru, pengguna sebaiknya segera melakukan pembaruan. Cara update sistem operasi bisa dilakukan via menu pengaturan pembaruan perangkat lunak.

10. Hubungi operator seluler

Kesepuluh, pengguna bisa menghubungi operator seluler untuk memastikan apakah terjadi gangguan pada layanan. Gangguan pada operator seluler bisa membuat beberapa layanannya bermasalah, termasuk tidak bisa mengakses kode MMI.

Selain itu, untuk memeriksa gangguan pada operator seluler, pengguna juga mengakses situs ini https://downdetector.id. Situs tersebut bakal menyediakan laporan bila terjadi gangguan beberapa platform, termasuk operator seluler.

Jika mengalami gangguan, pengguna bisa bersabar dan menunggu sejenak hingga operator seluler berhasil mengatasinya.

Cukup mudah bukan cara mengatasi kode MMI tidak valid? Melalui beberapa cara di atas, pengguna tak perlu panik apabila menjumpai pesan “Masalah sambungan atau kode MMI tidak valid” ketika hendak mengakses layanan operator seluler melalui kode USSD.

Pengguna bisa mencoba melakukan serangkai cara di atas terlebih dahulu untuk mengatasi masalah kode MMI tidak valid. Demikianlah penjelasan lengkap beberapa cara mengatasi kode MMI tidak valid untuk semua operator dengan mudah dan praktis.

Dapatkan update berita teknologi dan gadget pilihan setiap hari. Mari bergabung di Kanal WhatsApp KompasTekno. Caranya klik link https://whatsapp.com/channel/0029VaCVYKk89ine5YSjZh1a. Anda harus install aplikasi WhatsApp terlebih dulu di ponsel.

https://tekno.kompas.com/read/2024/03/19/03300027/10-cara-mengatasi-kode-mmi-tidak-valid-di-hp-untuk-semua-operator-mudah

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke