Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

5 Cara Ganti Password WiFi Berbagai Provider, Ada IndiHome, Biznet, dan Lainnya

KOMPAS.com - Pengguna penting mengetahui beberapa panduan dasar dalam mengoperasikan perangkat WiFi atau router yang biasa dipakai mengakses internet. Adapun salah satu panduan dasar itu adalah cara ganti password WiFi.

Cara mengganti password WiFi merupakan salah satu tindakan yang penting diketahui. Sebab, tindakan ini dapat mengatasi berbagai persoalan dalam penggunaan perangkat router sehari-hari. Lantas, kenapa harus ganti password WiFi.

Fungsi ganti password WiFi

Sebagaimana cukup umum diketahui, tiap perangkat WiFi atau router selalu dilindungi dengan password atau kata sandi. Password itu dibutuhkan supaya pengguna dapat mengakses jaringan WiFi untuk internetan.

Password WiFi biasanya dibuat sendiri oleh pengguna. Idealnya, pengguna akan mengingat password WiFi buatannya sendiri. Meski demikian, lupa password WiFi tetap bisa terjadi, entah karena kombinasinya terlalu sulit atau jarang memasukkannya lagi di perangkat.

Jika lupa, pengguna bisa mengganti password pada perangkat router atau WiFi. Selain itu, fungsi ganti password WiFi adalah untuk mencegah akses oleh perangkat asing atau perangkat tak dikenal.

Perangkat WiFi atau router bisa saja diakses oleh perangkat asing karena kata sandinya diketahui pengguna lain. Saat banyak perangkat asing yang terhubung ke WiFi, kecepatan internetnya dapat melambat.

Oleh karena itu, untuk mencegah akses dari perangkat asing, pengguna dapat mengganti password WiFi dengan kombinasi yang lebih susah. Dengan beberapa fungsi ini, pengguna perlu mengetahui cara mengganti password WiFi.

Lantas, bagaimana cara mengganti password WiFi? Jika tertarik untuk mengetahui lebih lanjut, silakan simak penjelasan di bawah ini mengenai cara ganti password WiFi dengan mudah dan praktis.

Cara mengganti password WiFi berbagai provider

Cara mengganti password WiFi itu sejatinya cukup mudah. Secara umum, untuk melakukan pergantian password WiFi, pengguna hanya perlu mengunjungi halaman pengaturan router.
Sebelum bisa mengunjungi halaman itu, pengguna harus tahu beberapa informasi dulu.

Pertama, pengguna harus mengetahui alamat IP dari perangkat router. Kemudian, pengguna juga harus mengetahui username dan password dari halaman pengaturan router itu supaya bisa masuk.

Meski mudah, tiap provider, seperti IndiHome, Biznet, First Media, dan lainnya, umumnya punya cara yang berbeda-beda. Jadi, untuk mengganti password WiFi, terdapat beberapa cara yang dapat dilakukan bergantung provider yang digunakan.

Adapun penjelasan yang lebih detail soal cara ganti password WiFi pada berbagai provider adalah sebagai berikut.

Cukup mudah bukan cara mengganti password WiFi? Dengan mengetahui beberapa cara di atas, pengguna bisa mengatasi berbagai persoalan yang menyangkut pengoperasian WiFi dengan mudah, seperti lupa password atau terdapat akses dari perangkat asing.

Demikianlah penjelasan lengkap seputar beberapa cara mengganti password WiFi dari berbagai provider, seperti IndiHome, MyRepublic, dan lainnya, dengan mudah dan praktis, semoga bermanfaat.

Dapatkan update berita teknologi dan gadget pilihan setiap hari. Mari bergabung di Kanal WhatsApp KompasTekno. Caranya klik link https://whatsapp.com/channel/0029VaCVYKk89ine5YSjZh1a. Anda harus install aplikasi WhatsApp terlebih dulu di ponsel.

https://tekno.kompas.com/read/2024/03/24/14150087/5-cara-ganti-password-wifi-berbagai-provider-ada-indihome-biznet-dan-lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke