Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Video: Vlogging dengan Xiaomi 14 di Barcelona, Sebagus Apa Hasilnya?

Xiaomi 14 sebenarnya bukan model teratas di lini Xiaomi 14 Series. Posisinya berada di bawah dua model lain, yakn Xiaomi 14 Pro yang hanya tersedia di China, serta Xiaomi 14 Ultra yang meluncur secara internasional tapi tak hadir di Indonesia.

Meskipun demikian, Xiaomi 14 tidak bisa diremehkan karena tetap termasuk perangkat high-end dengan fitur-fitur kelas atas pula, termasuk rangkaian kamera belakang yang dibuat lewat kerja sama dengan Leica.

Ke Barcelona dengan Xiaomi 14

Kebetulan, KompasTekno mendapat kesempatan untuk menjajal Xiaomi 14 sekaligus menghadiri acara peluncurannya secara internasional di Barcelona, Spanyol, Februari lalu.

KompasTekno pun merekam vlog perjalanan ke Barcelona dengan Xiaomi 14, sekaligus mencoba kebolehan kamera ponsel ini yang berlensa "Summilux" dari Leica.

Dalam melakukan vlogging, KompasTekno hanya memakai unit ponsel Xiaomi 14 dengan soft case yang disertakan di dalam kemasan penjualan, tanpa memakai alat bantu lain seperti tripod atau mikrofon eksternal.

Dengan demikian, vlog ini diharapkan bisa benar-benar mencerminkan hasil perekaman video yang akan didapatkan oleh pengguna Xiaomi 14.

Kamera utama bagus

Xiaomi 14 ternyata bisa merekam video dengan kualias cukup bagus untuk ukuran ponsel, terutama kamera utamanya yang dibekali dengan sensor "Light Fustion 900" berukuran 1/1,31 inci, lebih besar dari sensor kamera ponsel lain ada umumnya.

Rekaman video yang dihasilkan oleh kamera utama beresolusi 50 MP (1/1,6, OIS, 23 mm) ini terlihat jernih dan bagus di segala situasi, terang maupun gelap.

Saking bagusnya, sampai-sampai terdapat perbedaan kualitas gambar yang kentara dengan kamera ultrawide 50 MP (f/2.2, FoV 115 derajat, 14 mm) dan kamera telephoto 50 MP (f/2.0, OIS, 3,2x optical zoom, 75 mm) di situasi low light.

Meskipun sama-sama beresolusi 50 MP, daya tangkap cahaya dari sensor kamera utlrawide dan telephoto tak sebagus sensor kamera utama di kondisi remang-remang.

Akibatnya, ketika merekam video dan melakukan zoom dari kamera ultrawide/ telephoto ke kamera utama atau sebaliknya, bisa muncul efek perubahan eksposure yang mendadak. Dari terang tiba-tiba gelap atau sebaliknya.

Fenomena tersebut terutama tampak apabila merekam video dengan setting frame rate 60 fps karena shutter speed juga tertahan di angka lebih tinggi ketimbang setting 30 fps.

Namun, di luar itu, rekaman video dari kamera ultrawide dan telephoto Xiaomu 14 tetap bisa diandalkan dan pengguna bisa beralih ke kamera utama kapanpun apabila memerlukan cahaya ekstra.

Kamera ultrawide memiliki fixed focus sehingga obyek-obyek di jarak sangat dekat terlihat buram karena berada di luar area fokus. Sebaliknya, kamera telephoto mampu fokus sedekat 10 cm dan menghasilkan magnifikasi tinggi ala macro karena memiliki floating focus group.

Mikrofon tangkap suara jernih dan jelas

KompasTekno sebenarnya membawa mikrofon eksternal berjenis clip-on dalam perjalanan ke Barcelona, tapi memutuskan untuk tidak menggunakannya saat merekam vlog dengan Xiaomi 14.

Alasannya, sistem perekam suara berbasis 4-mikrofon di ponsel ini ternyata memiliki kualitas yang bagus. Hasilnya terdengar jernih dan jelas, meskipun tetap ada wind noise saat kondisi berangin, dan suara-suara orang lain saat berada di keramaian.

Xiaomi 14 turut menyediakan fitur directional microphone untuk memfokuskan tangkapan suara di satu arah saja, misalnya dari arah depan atau belakang.

Ada juga fitu Smart noise reduction untuk meredam suara angin serta Live in-ear monitor yang memungkinkan pengguna memantau suara dengan menggunakan earphone berkabel.

Secara keseluruhan, Xiaomi 14 bisa diandalkan untuk merekam suara dalam video tanpa perlu mikrofon eksternal, asalkan bukan di kondisi yang teralu berangin atau ramai, serta pengguna berada dalam jarak relatif dekat dengan ponsel.

Video vlog yang direkam KompasTekno sepenuhnya menggunakan Xiaomi 14 dapat dilihat di tautan berikut.

https://tekno.kompas.com/read/2024/03/30/16010047/video--vlogging-dengan-xiaomi-14-di-barcelona-sebagus-apa-hasilnya-

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke