Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kalla Belajar Gunakan BlackBerry

Kompas.com - 20/03/2009, 16:12 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat Partai Golkar Muhammad Jusuf Kalla, yang juga Wakil Presiden RI, saat ini juga tengah belajar menggunakan telepon seluler jenis BlackBerry. Ingin seperti Presiden Amerika Serikat Barack Hussein Obama?

Maklumlah, Obama merupakan salah seorang Presiden yang sangat "menggilai" BlackBerry. Sampai-sampai badan keamanan Presiden AS terpaksa memberikan izin khusus penggunaan BlackBerry-nya, tetapi dengan sejumlah batasan demi pertimbangan keamanan.

Saat penerbangan dari Jakarta menuju Makassar, Sulawesi Selatan, untuk berkampanye di empat provinsi selama Sabtu-Minggu, Jumat (20/3) siang, Kalla yang didampingi istrinya, Ny Mufidah Jusuf Kalla, tampak mengutak-atik sebuah BlackBerry. Perangkat BlackBerry jenis bold yang berwarna hitam itu sudah hampir seminggu ini dimiliki oleh Kalla yang akan maju sebagai calon Presiden RI periode 2009-2014 mendatang.

Saat melancarkan penggunaan BlackBerry, putri bungsunya, Chaerani, juga ikut menyaksikan sambil senyum-senyum melihat ulah bapaknya. "Saya juga punya BlackBerry nih," ujarnya, sebelum memamerkan sarana komunikasi barunya seraya mengeluarkan BlackBerry-nya dari kantong baju depannya.

Kemudian dia mengotak-atik ditemani istrinya. Beberapa kali Kalla dan istrinya, yang duduk di kabin depan, senyum-senyum dan tertawa lebar seraya tak melepaskan pegangannya dengan alat komunikasi tercanggih yang sedang nge-tren tersebut.

Tak lama kemudian, Kalla berkomentar, "Ah, susah juga yang pakai ini. Lebih mudah menggunakan handphone saya ini yang lama." Lalu, Kalla mengeluarkan HP merek Samsung model lama yang berwarna hitam dan berbentuk pipih.

HP itu sudah lama digunakan Kalla sebagai "sahabat"-nya. Lewat HP tersebut, Kalla berkomunikasi dengan siapa saja, termasuk dengan pers yang kerap menghujani sejumlah pertanyaan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com