Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Indosat Pamerkan TV Digital di Ponsel

Kompas.com - 11/06/2009, 16:40 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Ajang Indonesia Celluler Show (ICS) 2009 di Jakarta Convention Center dimanfaatkan Indosat untuk memamerkan teknologi TV digital mobile yang dapat diakses lewat ponsel. Penyelenggaraan siaran TV digital ini merupakan hasil kerja sama antara Indosat dengan konsorsium TREN Mobile TV yang beranggotakan sejumlah perusahaan di bawah MNC Group seperti Global TV, RCTI, TPI, dan Infokom Elektrindo.

"Sementara masih trial untuk menguji stabilitas teknis dan mengevaluasi hal-hal yang harus dipertimbangkan sebelum dilepas secara komersial," ujar Susilo H Sumarsono, Direktur Infokom Elektrindo di arena ICS, Kamis (11/6).  Untuk sementara, siaran uji coba ini baru dapat diakses di Jakarta dan cuma-cuma. Saat ini sudah ada 10 kanal televisi yang dapat diakses antara lain Bloomberg, Aljazeera, RCTI, Global TV, TPI, TVRI, dan beberapa siaran kanal MNC.

Siaran TV digital tersebut menggunakan teknologi DVB-H (Digital Video Broadcasting-Handheld). DVB-H memungkinkan siaran TV digital diakses dari perangkat bergerak, tidak seperti DVB-T (terestrial) yang mulai digunakan untuk mengganti siaran televisi analog di rumah-rumah. Untuk mengakses layanan ini tentu harus digunakan ponsel yang sudah dilengkapi fitur DVB-H. Antara lain Nokia N77, Nokia N96, ZTE F19, dan Nokia N73 dengan tambahan tuner DVB-H.

Dibandingkan siaran TV analog yang juga dapat diakses sejumlah ponsel buatan China dan marak akhir-akhir ini, siaran TV digital lebih jernih. Kualitas gambarnya tidak akan terganggu perubahan cuaca dan dengan resolusi tinggi. Penasaran ingin mencoba tapi tak punya ponsel DVB-H, datang saja ke booth Indosat di ICS 2009.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com