Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Telkom Bangun Backbone Serat Optik Mataram-Kupang

Kompas.com - 30/11/2009, 13:12 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - PT. Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom) secara resmi hari ini Senin (30/11) memulai pembangunan backbone "Mataram-Kupang Cable System" sepanjang 1.041 km. Mataram-Kupang Cable System ini merupakan bagian dari konfigurasi Palapa Ring.

Direktur Utama Telkom Rinaldi Firmansyah mengatakan bahwa backbone serat optik yang terintegrasi di KTI saat ini sangat mendesak. "Backbone serat optik Mataram-Kupang tersebut diharapkan menjadi solusi yang komprehensif terhadap keterbatasan kapasitas dan keterisolasian KTI dari jangkauan telekomunikasi," tegasnya dalam siaran pers yang diterima Kompas.com.

Palapa Ring sendiri merupakan megaproyek pembangunan tulang punggung (backbone) serat optik yang diinisiasi oleh Pemerintah melalui Depkomino yang terdiri dari 35.280 kilometer serat optik bawah laut (submarine cable) dan 21.708 kilometer serat optik bawah tanah (inland cable) pada 7 cincin (ring) melingkupi 33 provinsi dan 460 kabupaten. Di KTI sendiri pembangunan Palapa Ring terdiri dari submarine cable dan inland cable sepanjang 10.812 km yang menghubungkan Sulawesi, Nusa Tenggara, Maluku dan Papua.

Pembangunan serat optik Mataram- Kupang sepanjang 1.041 km itu dilakukan melalui laut dengan kapasitas sampai dengan 300 Gbps dan 6 landing point di kota Mataram, Sumbawa Besar, Raba, Waingapu dan Kupang serta 810 km melalui darat dengan 15 node di kota Mataram, Pringgabaya, Newmont, Taliwang, Sumbawa Besar, Ampang, Dompu, Raba, Labuhan Bajo, Ruteng, Bajawa, Ende, Maumere, Waingapu dan Kupang.

Selain Mataram-Kupang Cable System, TELKOM juga telah dan terus melakukan pembangungan backbone serat optik dan infrastruktur internet protocol (IP). Pembangunan yang sudah selesai dan sedang dibangun sebagai berikut:

Selesai dibangun:
- Backbone Padang – Bengkulu 914 km;
- Backbone Kalimantan – Sulawesi 5.445 km;
- IP network (IP core, tera-router dan Metro-E) dengan 921 node di 10 kota, yaitu Batam, Jakarta, Surabaya, Medan, Palembang, Pekanbaru, Semarang, Bandung, Makassar dan Banjarmasin;
- Softswitch Jakarta dengan kapasitas 172.000 satuan sambungan layanan (SSL).

Sedang dibangun:
- JaKa2LaDeMa, jaringan serat optik bawah laut sepanjang 1.665 km yang menghubungkan Jawa Timur – Denpasar – Mataram - Kalimantan – Sulawesi dengan kapasitas hingga 320 GB - pengembangan awalnya 20 GB - yang akan selesai pada pertengahan 2010;
- Satelit TELKOM-3 dengan kapasitas 42 transponder aktif - setara dengan 49 transponder @36Mhz ) - yang akan diluncurkan pertengahan 2011;
- Jaringan Serat Optik Banda Aceh – Medan (Jalur Barat) melalui Meulaboh sepanjang 780 km dengan kapasitas akhir 1,6 terabit dan kapasitas awal 70GB dengan rencana ready for service per-1 April 2010.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com