Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kompas Punya Dua Produk untuk iPad

Kompas.com - 07/07/2010, 13:20 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Pengguna iPad tidak perlu bingung dengan hadirnya dua produk Kompas untuk iPad. Saat ini, Kompas memang menyediakan dua layanan yang khusus dirancang untuk pengguna perangkat tablet buatan Apple tersebut, masing-masing Kompas ePaper dan Kompas Editors' Choice.

Masing-masing produk memiliki kelebihan yang dirancang untuk keperluan berbeda sesuai kebutuhan pembaca. Untuk saat ini, keduanya bebas diakses dan tidak dikenai biaya langganan.

"Kompas ePaper untuk iPad merupakan replikasi digital suratkabar Kompas. Tampilan dan isinya sama persis 100% seperti koran Kompas, baik konten editorial maupun konten iklan," kata Edi Taslim, Wakil Direktur Bisnis Kompas di Jakarta, Rabu (7/7/2010).

Untuk mengakses layanan ini, pengguna iPad tidak perlu menginstalasikan apapun. Cukup jalankan browser Safari yang sudah tersedia di iPad dan ketik alamat http://epaper.kompas.com. Jadi, layanan ini memang hanya bisa diakses secara online, selama pengguna terhubung ke internet.

Sistem ePaper akan mengenali perangkat iPad dan akan memberikan format ePaper yang dirancang khusus serta dioptimalkan untuk iPad. Kompas ePaper ini sebelumnya sudah bisa diakses juga lewat notebook dan PC, namun khusus untuk iPad dirancang dengan tampilan berbeda dengan memanfaatkan fitur, fungsionalitas, dan navigasi yang disediakan Apple.

Sementara Kompas Editor's Choice merupakan aplikasi native untuk yang dirancang khusus dan hanya untuk iPad. Untuk menggunakannya, pengguna iPad harus mengunduh aplikasinya dari iTunes App Store. Begitu terpasang akan muncul ikon aplikasi Kompas Editor's Choice di home screen iPad. Kemudian pengguna iPad dapat mengunduh edisi-edisi yang ada di dalam aplikasi tersebut. Hingga hari ini, sudah ada 8 edisi Kompas Editors' Choice yang bisa diunduh secara gratis..

"Sesuai namanya, Kompas Editors' Choice menyajikan rubrik pilihan editor, masing-masing rubrik Nasional, Opini, dan Piksel. Namun, isi ketiga rubrik tersebut telah dilengkapi dengan fitur interaktif dan konten multimedia seperti galeri yang berisi foto lebih banyak serta video pendukung artikel," kata Edi.

Kompas Editors' Choice diterbitkan setiah hari mulai Senin hingga Jumat, lima kali dalam seminggu. Untuk mengaksesnya, pengguna hanya perlu online selama mengunduh edisi yang diinginkan. Selanjutnya, konten tersebut telah tersimpan di iPad dan dapat dilihat kapan saja di mana saja tanpa harus tergantung sambungan internet. Setiap edisi berukuran antara 20-40 MB tergantung banyak sedikitnya konten multimedia yang menyertainya.

"Jadi, kalau ingin mendapat pengalaman baru membaca Kompas versi digital yang lebih dinamis pakailah Kompas Editor's Choice. Tapi, kalau ingin membaca Kompas edisi digital yang sama persis seperti koran, akses Kompas ePaper untuk iPad," tandas Edi.

Kehadiran dua layanan tersebut merupakan upaya Kompas untuk terus eksis dan terdepan dalam pengembangan teknologi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com