Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
FOKUS

Munculnya Pengusaha Bisnis di Internet

Kompas.com - 17/06/2011, 07:52 WIB

KOMPAS.com - Pernah dengar Yoogho Evoucher, Bouncity, Superbestdeal.com, Sixreps, atau Project Eden? Ini adalah nama-nama situs yang diperkenalkan dalam temu komunitas #StartupLokal.

Pertemuan di arena Indonesia International Communication Expo & Conference (ICC), Jakarta, Sabtu (11/6/2011) siang, itu dihadiri sekitar 100 orang. Natali Ardianto, pendiri #StartupLokal, mengenalkan situs-situs yang sebetulnya tak baru-baru amat tersebut.

Sesuai dengan namanya, komunitas ini ditujukan untuk pemula bisnis di internet. Menurut Ollie, penulis yang juga pendiri #StartupLokal, komunitas ini untuk pendiri dan pengembang situs dan aplikasi konten, media, investor, serta mereka yang tertarik. Yang dibicarakan mulai dari keterampilan membangun komunitas, membuat rencana bisnis, hingga cara menjual situs. ”Calon investor akan lebih gampang melihat startup di komunitas ini daripada mencari sendiri,” katanya.

Bisnis di internet semakin berkembang di Indonesia. Data Salingsilang.com menyebutkan, di Indonesia ada 30 juta-36 juta pengguna dan sangat aktif. Buktinya, anggota Facebook di Indonesia terbesar kedua di dunia. Periode Januari-Maret 2011 dihasilkan 5 juta blog dan 55 juta pengguna Twitter yang membuat 95 juta kicauan (tweet).

Besarnya jumlah pengguna internet dan tingginya aktivitas menarik orang masuk ke bisnis ini.

Koprol menjadi kisah sukses bakat lokal yang diakui dunia internasional. Setahun setelah diperkenalkan Skyeight, situs jejaring sosial ini pada Mei 2010 diakuisisi Yahoo!.

Menurut Direktur Desain Yahoo! Koprol yang juga pendiri Koprol, Satya Witoelar, ketika membuat Koprol, dia tak terpikir situs itu akan dibeli pemain besar atau investor. ”Kami hanya ingin membuat produk online yang asyik banget,” ujar Satya tentang situs yang dipakai untuk mencari tempat-tempat menarik itu.

Pengguna Koprol berkembang dari 75.000 pengguna saat diakuisisi hingga kini menjadi 1,5 juta orang. Mereka juga rajin bertatap muka (offline). Satya dan timnya lalu diminta Yahoo! mengembangkan program serupa untuk pasar baru di India, Filipina, dan Brasil.

Februari lalu Yahoo! meluncurkan Koprol for Business. Layanan ini menawarkan solusi pemasaran berbasis wilayah untuk UKM agar mampu menyasar konsumen sesuai informasi lokasi.

Investor lokal juga tak kalah sigap. Situs jejaring sosial Kaskus (singkatan dari kasak-kusuk) yang didirikan Andrew Darwis (31) tahun 1999 yang kini dikelola dan dimiliki bersama sepupunya, Ken Dean Lawadinata (25), Desember lalu bermitra dengan PT Global Digital Prima Venture. Yang terakhir ini dikelola Martin Basuki Hartono, anak Robert Budi Hartono, dari grup Djarum.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com