Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hacker Anonymous Luncurkan Situs "Whistleblower"

Kompas.com - 05/07/2011, 10:23 WIB

KOMPAS.com - Siapa tak kenal hacker berinisial Anonymous. Di dunia bawah tanah nama hacker kelompok hacker tersebut sudah dikenal dengan sepak terjangnya. Melebarkan sayap, kelompok tersebut baru-baru ini telah meluncurkan dua situs web whistleblower (peniup peluit) sejenis WikiLeaks. Tujuannya adalah untuk mengungkap informasi sensitif dari pemerintah dan perusahaan.

Kedua situs tersebut masing-masing LocalLeaks.tk yang dirancang untuk informasi yang berkaitan dengan korupsi dan kesalahan di tingkat lokal. Sementara situs HackerLeaks.tk adalah untuk data lain yang dicuri.

Situs HackerLeaks, yang diluncurkan sejak 25 Juni 2011 telah mengungkap informasi pertama berupa daftar rincian pribadi pejabat Orlando, Florida. Daftar ini berisi pendapatan para pejabat, nilai rumah, dan data-data lainnya.

"Hacker membantu para hacker untuk membocorkan bahan yang menarik," Sebut situs HackerLeaks.

Situs LocalLeaks, yang telah diluncurkan sejak bulan Januari 2011 lalu, menawarkan cara bagi orang untuk mengirimkan informasi anonim yang berhubungan dengan kebrutalan polisi, korupsi, kesalahan pemerintah, atau pelecehan di tempat kerja.

Nah, seperti apa sepak terjang Anonymous berikutnya. Apakah akan seheboh Wikileaks? Tunggu saja! (Kompasiana/Oscar Pangaribuan)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com