Hacker Anonymous Luncurkan Situs "Whistleblower"

Kompas.com - 05/07/2011, 10:23 WIB
EditorTri Wahono

KOMPAS.com - Siapa tak kenal hacker berinisial Anonymous. Di dunia bawah tanah nama hacker kelompok hacker tersebut sudah dikenal dengan sepak terjangnya. Melebarkan sayap, kelompok tersebut baru-baru ini telah meluncurkan dua situs web whistleblower (peniup peluit) sejenis WikiLeaks. Tujuannya adalah untuk mengungkap informasi sensitif dari pemerintah dan perusahaan.

Kedua situs tersebut masing-masing LocalLeaks.tk yang dirancang untuk informasi yang berkaitan dengan korupsi dan kesalahan di tingkat lokal. Sementara situs HackerLeaks.tk adalah untuk data lain yang dicuri.

Situs HackerLeaks, yang diluncurkan sejak 25 Juni 2011 telah mengungkap informasi pertama berupa daftar rincian pribadi pejabat Orlando, Florida. Daftar ini berisi pendapatan para pejabat, nilai rumah, dan data-data lainnya.

"Hacker membantu para hacker untuk membocorkan bahan yang menarik," Sebut situs HackerLeaks.

Situs LocalLeaks, yang telah diluncurkan sejak bulan Januari 2011 lalu, menawarkan cara bagi orang untuk mengirimkan informasi anonim yang berhubungan dengan kebrutalan polisi, korupsi, kesalahan pemerintah, atau pelecehan di tempat kerja.

Nah, seperti apa sepak terjang Anonymous berikutnya. Apakah akan seheboh Wikileaks? Tunggu saja! (Kompasiana/Oscar Pangaribuan)



Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X