Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
PONSEL ANDROID

iPhone dan Windows Phone Terjajah di Negeri Sendiri

Kompas.com - 01/08/2011, 16:04 WIB

KOMPAS.COM- Teknologi kadang memang tak ramah dengan rumahnya sendiri. Bukti riset dari lembaga riset Nielsen, Juni silam tentang sistem operasi ponsel di Amerika, menunjukkan bahwa justru Apple tergusur. Brand ini sudah seperti menjadi brand of nation negeri itu. Begitu halnya dengan Windows (baca Windows Phone buatan Microsoft, RED) yang bak originally product from USA, terhenyak lewat oleh agresifitas Android.

Lembaga itu menyatakan, Android telah menjadi "raja" di negeri ini. Android telah melampaui jumlah ponsel bikinan Apple yang hanya bertengger di urutan kedua sampai tengah tahun ini. Total ponsel Android dipegang rakyat Amerika sebanyak 39 persen. Sementara penggenggam iPhone hanya 28 persen. Di bawahnya, produk negeri tetangga yang berjaya, BlackBerry dengan persentase berbagi pasar sebanyak 20 persen.

Sisanya, yang 13 persen dibagi-bagi kepada ponsel Windows sebesar 9 persen. Dan yang 4 persen - ini lucu- dibagikan kepada ponsel OS macam Palm atau WebOS dan Nokia.

Satu-satunya brand Amerika yang bermain di wahana Android, Motorola, juga membuat situasi "susah bernafas di negeri sendiri" makin terasa. Pabrikan ini kalah oleh HTC yang mendunia dari Taiwan. Motorola cuma 11 persen dan diapit oleh pemain Asia lainnya, Samsung yang duduk di urutan tiga ponsel Android. Jika sudah begini, android memang benar-benar menyerang Amerika. Bersatu Android teguh.  (ANDRA/FORSEL)

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com