Awas, Serangan Peretas Lewat Foto Berdarah Khadafy!

Kompas.com - 21/10/2011, 23:10 WIB
Penulis M.Latief
|
EditorLatief

WASHINGTON, KOMPAS.com — Sebuah perusahaan keamanan komputer memperingatkan adanya kejahatan dunia maya yang mencoba menyusup dengan jalan mengeksploitasi foto-foto milik Agence France-Presse (AFP) berupa gambar-gambar terbunuhnya Moammar Khadafy ke dalam surat elektronik (surel) atau e-mail.

Graham Cluley, konsultan senior Sophos, sebuah perusahaan keamanan jaringan komputer yang berbasis di Inggris menuturkan, isi surel tersebut didesain untuk menyerang komputer-komputer pribadi yang menjalar melalui sistem operasi Windows.

"Para peretas telah melakukan spamming dengan serangan-serangan berupa foto tewasnya Khadafy, dan mengelabui pengguna komputer karena seolah-olah kiriman foto tersebut benar-benar berasal dari AFP dan kemudian diteruskan ke pengguna internet berikutnya," kata Cluley. 

Cluley mengatakan, serangan surel tersebut dikirimkan dengan tema "AFP Photo News" dan menawarkan "foto-foto berdarah" pada peristiwa tewasnya Khadafy. Memang, lanjut dia, AFP adalah agen berita pertama yang mendistribusikan foto tubuh berdarah Khadafy pada hari kematiannya, Kamis (20/10/2011), tetapi bukan berupa surel. 

Baca tentang


    Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X