"Sutradara" Bom Buku Terobsesi Ajaran Kartosuwiryo

Kompas.com - 03/11/2011, 17:37 WIB
|
EditorAloysius Gonsaga Angi Ebo

JAKARTA, KOMPAS.com — Terdakwa dalam kasus bom buku dan Serpong, Pepi Fernando, adalah seorang anggota Negara Islam Indonesia yang aktif dalam kelompok NII wilayah Ciputat pimpinan Abdul Rosyid alias Abu Kholis. Dalam mempelajari berbagai nilai-nilai ajaran kelompok itu, Pepi banyak aktif membaca dan mencari tahu tentang pendiri NII, Sekarmadji Marijan Kartosuwiryo.

"Terdakwa aktif membaca buku-buku dan mencari informasi melalui internet sebagai referensi tentang kiprah Sekarmadji Marijan Kartosuwiryo dalam mendirikan NII," ujar Jaksa Penuntut Umum Rini Hartatie di ruang sidang Pengadilan Negeri Jakarta Barat, Kamis (3/11/2011).

Misinya dalam NII tersebut adalah melakukan pembinaan dengan cara dakwah untuk mencari umat sebanyak-banyaknya dan mendukung sepenuhnya perjuangan NII yang telah dirintis sejak lama oleh SM Kartosuwiryo. Dalam menjalankan niatnya mengikuti jejak perintis NII tersebut, Pepi alias Muhamad Romi alias Ahyar terpilih sebagai Ketua Dewan Perwakilan Ranting NII Nonteritorial Bekasi.

Ia berguru pada Ustaz Abdul Rosyid seorang Amir NII dari Sumatera dan Ustaz Wisnu, Amir NII di Bekasi. Namun, pada akhirnya ia mempelajari jihad fardhu'ain yang mengutamakan perjuangan dengan senjata dan bom. Ia meninggalkan Ustaz Wisnu yang mengajarkannya jihad fisabilillah di mana belum waktunya berjihad dengan mengangkat senjata.

"Terdakwa belajar dari buku-buku serta kaset-kaset yang bernuansa perjuangan sesama Muslim di Palestina, Irak, Pakistan, Afganistan, Chechnya, dan Aljazair hingga akhirnya terpengaruh untuk mengenal jihad fardhu'ain," kata Rini.

Ia juga mengajak anggota dalam kelompok NII besutannya, seperti Maulana Sani alias Alan, Firman, Ahmad Firdaus alias Tile, Wari, Darto, Awih, Watono alias Anton, Mugi, Syarif, dan Hendi, untuk ikut dalam jihad menggunakan senjata. Dalam mempelajari aktivitas jihadnya, Pepi tetap aktif membaca referensi tentang Kartosuwiryo dan menjalankan kelompok NII-nya agar bisa memperoleh anggota sebanyak-banyaknya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X