Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tablet Merek Lokal Masih Diminati

Kompas.com - 03/11/2011, 17:57 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Tingkat penghasilan masyarakat yang naik membuat penjualan tablet PC lokal juga mengalami peningkatan. Kendati kualitas produk tablet lokal masih diragukan. Namun bagi pengguna yang menginginkan piranti digital mumpuni tapi dengan harga yang murah, tablet lokal bisa menjadi pilihan.

"Meski brand baru, penjualan tablet kami mengalami peningkatan 30 persen per bulan," ujar Direktur Sales Tabulet, Raymond Tanujaya selepas peluncuran Tabulet di Pameran Indocomtech Jakarta Convention Center, Kamis (3/11/2011).

Peningkatan penjualan tersebut disebabkan karena produsen tablet lokal mampu mengambil ceruk fitur yang tidak bisa ditampilkan oleh vendor ternama. Misalnya, mayoritas tablet masih berukuran 7 inch, 8,9 inci maupun 10 inci. Untuk menyasar segmen lain, kata Raymond, produk merk Tabulet mengeluarkan produk tablet berukuran 8 inci. Alasannya, belum ada vendor ternama yang membuat produk dengan ukuran layar tersebut. Selain itu, pasar pebisnis juga menyukai tablet dengan layar yang tidak terlalu kecil maupun tidak terlalu besar.

"Ini lebih kepada pengganti netbook sehingga segmen mahasiswa atau pebisnis pemula banyak yang berminat dengan produk kami," tambahnya.

Produk tablet bertajuk "Tabulet Octa" yang baru dikeluarkan selama dua minggu terakhir ini diklaim sudah terjual 2.000 unit di seluruh Indonesia. Namun, Raymond masih enggan memaparkan target penjualan Tabulet Octa ini hingga akhir tahun.

Namun khusus penjualan "Tabulet Troy" yang telah diluncurkan Mei lalu sudah terjual 10.000 unit hingga akhir Oktober lalu. Bahkan, Raymond menargetkan "Tabulet Troy" bisa terjual 12.000 unit hingga akhir tahun.

Tablet "Tabulet Octa" yang dirakit di China ini memiliki kapasitas prosesor Cortex A8 (1 Ghz) yang sudah setara dengan prosesor milik Samsung Galaxy Tab. Layar sentuh 8 inci ini mendukung lima poin multi touch, beda dengan produk lokal lain yang hanya bisa memakai dua jari.

Tablet dengan ketipisan 0,5 mm ini juga dipersenjatai dengan OS Android Gingerbread 2.3, dual kamera (VGA dan 2MP), GPS, 3G, Wifi, HDMI output, internal memory 4GB, mendukung external memory hingga 32 GB dan dapat membaca USB flash disk dan hard disk eksternal.

"Meski layarnya 8 inci, tapi terbukti 47 persen lebih lebar dari tablet ukuran 7 inci," jelasnya.

Untuk bisa membawa produk Tabulet Octa ini cukup merogoh kocek Rp 2,599 juta saja. Jika mau menambah Rp 100.000 lagi, maka akan mendapat bonus free Internet dari Telkomsel Flash selama enam bulan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com