Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kemenakertrans: Industri Kreatif Atasi Pengangguran

Kompas.com - 13/10/2012, 02:05 WIB
Kontributor Surabaya, Achmad Faizal

Penulis

SURABAYA, KOMPAS.com - Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Kemenakertrans) tidak hanya bekerja dalam pengaturan tenaga kerja, namun juga menawarkan solusi industri kreatif untuk menekan angka pengangguran.

"Sektor industri kreatif terbukti mampu mengurangi pengangguran dan meningkatkan perekonomian negara," kata Kepala Pusat Humas Kemenakertrans Suhartono di Surabaya, Jumat (12/10/2012).

Pertumbuhan ekonomian Indonesia pada 2011 kata dia mencatat angka pertumbuhan tertinggi 6,5 persen, dan salah satu faktor penting penyebab tercapainya keberhasilan tersebut peranan dan sumbangan kelompok usaha mikro dan Koperasi. Karena itu, pihaknya mengaku memiliki mitra binaan usaha dan industri kreatif di sejumlah daerah.

"Kepada pelaku usaha tersebut kami melakukan pelatihan, pengkaderan, perintisan, pendampingan, pembinaan dan pengembangan usaha untuk lebih maju," terangnya.

Lembaga usaha dan industri kreatif tersebut, mulai Sabtu (13/10/2012) akan dipamerkan di Pakuwon Trade Center Supermall Surabaya. Pameran yang rencananya akan dibuka Menakertrans Muhaimin Iskandar itu diikuti 76 stand usaha kreatif dari berbagai daerah, termasuk perwakilan pengrajin dari Desa Tutul, Kecamatan Balung, Kabupaten Jember yang berhasil menggerakkan perekonomian warga desa melalui industri kerajinan tangannya.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com