Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

350 Warga Kampung Gedong Kebanjiran

Kompas.com - 17/01/2013, 10:57 WIB
Fabian Januarius Kuwado

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Hujan deras yang menguyur Jakarta, Kamis (17/1/2013) pagi mengakibatkan sejumlah wilayah di DKI Jakarta terendam banjir.

Diantaranya adalah Kelurahan Kampung Gedong, Pasar Rebo, Jakarta Timur. Camat Pasar Rebo, Premilasari, menjelaskan, di wilayahnya, sebanyak 350 jiwa menjadi korban banjir. Sejumlah korban itu tersebar di beberapa RT dan RW yang ada di Kampung Gedong.

"Yang terendam itu RT 02 RW 02, RT 10 RT 03 RW 08, RT 10 RW 01 dan RT 04 RW 11. Total semuanya ada 350 jiwa," ujar Premi saat dihubungi Kompas.com.

Hingga pukul 10.30 WIB, menurut informasi yang diterimanya, ketinggian air di sejumlah wilayah itu bervariasi dengan kisaran 30 centimeter hingga 60 centimeter masuk ke dalam rumah warga.

Premi melanjutkan, meski banjir yang melanda Kampung Gedong tak separah daerah bantaran Sungai Ciliwung, pihaknya tetap melakukan sejumlah upaya penanggulangan korban banjir, yakni dengan mendirikan posko pengungsian.

"Kita tetap buka posko pengungsian di masing-masing RW. Bantuan makanan instan juga sudah diberikan. Khusus di RW 11, anak-anak tidak kita tempatkan di tenda, tapi di rumah warga yang berlantai dua, biar mereka main disana," ujarnya.

Agnes Komala Dewi (56), salah seorang warga RT 10 RW 08 mengatakan, air mulai masuk ke dalam rumahnya sekitar pukul 08.00 WIB. Hal itu terjadi lantaran hujan deras yang mengguyur daerahnya sejak Kamis dini hari tak kunjung reda.

"Sekarang di dalam rumah sudah sebetis, di jalanan luar selutut orang dewasa," ujarnya.

Meski demikian, Agnes mengaku sama sekali belum tersentuh bantuan pemerintah. Dirinya yang tinggal bersama suami dan dua anaknya itu juga tidak mendapat pemberitahuan tentang adanya posko pengungsi di daerahnya. Oleh sebab itu, ia sekeluarga pun bertahan dengan memasak mie instan sendiri.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com