Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Korea

Korea Selatan Sukses Luncurkan Roket Pertamanya

Kompas.com - 30/01/2013, 17:36 WIB

SEOUL, KOMPAS.com — Korea Selatan, Rabu (30/1/2013), meluncurkan roket pertamanya yang mengangkut sebuah satelit peneliti. Peluncuran ini dilakukan di tengah meningkatnya tensi di Semenanjung Korea terkait peluncuran roket Korea Utara pada bulan lalu.

Peluncuran ini adalah upaya ketiga Korea Selatan mengirim satelit ke orbit Bumi dalam empat tahun terakhir. Peluncuran sukses ini terjadi setelah dua peluncuran tahun lalu terdahulu dibatalkan karena masalah teknis.

Wahana peluncur, dinamai Naro, meluncur dari pusat angkasa luar Korea Selatan di pesisir selatan negeri itu dan sukses melakukan tahapan pemisahan sebelum mencapai orbit. Peluncuran sebelumnya menemui kegagalan hanya dalam hitungan menit.

Program peluncuran roket ini membuat sang tetangga, Korea Utara, marah. Negeri komunis itu berang karena mendapat sanksi PBB akibat meluncurkan roket, sementara Korea Selatan bisa melakukannya tanpa khawatir mendapatkan sanksi.

Uji coba peluncuran roket Korea Utara pada Desember lalu menunjukkan kemampuan negara itu memproduksi roket yang mampu menempuh jarak 10.000 km dan secara potensial mampu menghantam San Francisco, AS.

Korea Selatan memang tertinggal dibanding China dan Jepang dalam urusan teknologi angkasa luar. Selama ini Korea Selatan bergantung pada negara lain, misalnya Rusia, saat akan meluncurkan satelit ke orbit.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com